Apartemen Dago Suites

Saya menulis posting ini karena ternyata sangat sedikit materi di internet tentang apartemen Dago Suites, jadi semoga artikel ini bisa membantu, terutama bagi tipe orang yang yang hobi googling habis-habisan mencari informasi sebelum membeli sesuatu 🙂 Ini akan jadi posting yang panjang karena terus diupdate. Silakan skip kalau tidak menyukai tipe posting seperti ini hehe.

Sebenarnya rencana untuk membeli apartemen dekat ITB sudah ada sejak anak diterima kuliah di ITB. Ditambah ibunya yang kerja di ITB, Bandung yang semakin macet sehingga jalur Sarijadi > ITB > UPI > ITB > Sarijadi jadi semakin menghabiskan waktu dan tenaga. Apartemen bisa menjadi tempat kos anak, dan “markas” saya dan istri saat menunggu jam macet lewat.

Akibat pandemi, rencana tersebut ditunda dan akhirnya baru bisa terlaksana bulan September 2022. Apartemen yang berada dekat ITB hanya dua: Dago Suites dan Beverly Dago. Keduanya berada di Jalan Sangkuriang (Cisitu) dan berjarak sekitar 750m dari gerbang utara ITB, jadi hanya sekitar 20 menit berjalan kaki santai.

Kelebihan lain apartemen ini adalah berada di Jalan Sangkuriang yang relatif sepi dibandingkan jalan Cisitu. Jadi tidak perlu khawatir macet tidak bisa keluar dari apartmen dan suasananya lebih sepi terutama di malam hari.

Kedua apartemen ini dikembangkan oleh pengembang yang sama yaitu Istana Group. Perbedaan utama dari dua apartemen ini adalah semua unit di Beverly Dago bertipe studio sedangkan Dago Suites, selain studio juga ada tipe 1BR sampai 3BR. Bahkan kalau dilihat dari rencana awal, sepertinya Dago Suites ini dirancang tidak memiliki tipe studio (itu sebabnya namanya berakhiran Suites?).

Zoom Beverly Dago & Dago Suites

Dapat dilihat pada foto di atas, tidak ada informasi lalulintas di Google Map untuk jalan Sangkuriang (karena terlalu sepi) dan Beverly lebih ramai dibandingkan Dago Suites (berwarna kuning).

Lobi Beverly lebih kecil dan sederhana dibandingkan Dago Suites. Tempat parkir, lift Dago Suites juga lebih lebar dan lebih banyak. Harga unit Studio Dago Suites relatif lebih mahal dibandingkan Beverly. Saya lihat unit di Beverly lebih banyak disewakan harian seperti di AirBnB. Mungkin ini yang membuat Beverly relatif lebih ramai. Kami memilih Dago Suites karena lebih cocok dengan suasananya.

Lobi Dago Suites
Koridor Dago Suites

Untuk selanjutnya saya hanya akan membahas Dago Suites, karena kami mendatangi Beverly hanya sebentar saat survey beberapa unit.

Di Dago Suites, tersedia dua set lift (4 & 2 lift per set), total 6 lift(?) + 1 lift service. Hanya satu set yang dapat mengakses GF dari tempat parkir B1-B3, yaitu set lift yang berada di sisi barat. Lift service tidak bisa digunakan oleh penghuni. Khusus untuk lantai 1 dan 2 tersedia tangga langsung ke GF. Kartu akses perlu untuk tiap lantai.

Akses tangga ke GF dari lt 1 dan 2

Fasilitas umum yang disediakan adalah ruang bersama, parkir, kolam renang dan gym.

Ruang bersama (di foto tangga di atas, ruangan yang memiliki sofa) dapat digunakan dengan cara dipesan terlebih dulu. Cocok untuk belajar bersama dan dapat memuat belasan orang. Gym dan kolam renang belum saya coba.

Gym

Untuk parkir, bayarannya per jam, tanpa batas maksimal (hati-hati untuk yang parkir lama). Ada voucher 10rb/hari (saya belum tahu syaratnya). Untuk penghuni bisa membeli akses parkir 100rb/bulan, dan bisa langsung isi sekaligus beberapa bulan. Saya suka dengan tempat parkir dekat tiang yang relatif lega (di beberapa tempat lain yang saya pernah datangi, umumnya jarak tiang ke mobil sempit). Dari diskusi dengan petugas, jarang tempat parkir penuh. Jadi tidak perlu khawatir dengan kasus parkir paralel. Mungkin ini karena penghuni Dago Suites kebanyakan mahasiswa yang tidak memerlukan kendaraan dan unit yang disewakan harian relatif lebih sedikit.

Tinggalkan komentar