Internet via cellphone

17 October 2007 at 05:44 | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Mulai bulan lalu, saya pindah pindah ISP lagi. Setelah menggunakan Fren selama kurang lebih 6 bulan akhirnya saya pindah lagi ke akses internet yang disediakan Matrix. Alasannya ada dua: harga dan kehandalan. Matrix sekarang menyediakan akses internet 550 MB/bulan dengan 200 ribu rupiah. Bandingkan dengan Fren MaxSurf yang 150 ribu rupiah untuk 200MB/bulan. Dan yang paling penting kehandalan Matrix bagus sekali. Hampir tidak pernah ada masalah (99% uptime lah). Bandingkan dengan Fren yang koneksinya sering timbul tenggelam. Jangkauan Matrix juga lebih luas, saya pernah menggunakan di Palembang, Jakarta, Cilegon, bahkan Thailand (roaming).

Matrix dapat dikatakan adalah pelopor GPRS di Indonesia. Saya adalah pengguna GPRS Matrix saat masih promosi 25 ribu/bulan untuk unlimited data (hmm masa-masa indah🙂 ). Berlanjut ke 200 ribu/bulan untuk unlimited dan akhirnya terpaksa pindah karena harganya jadi gila-gilaan mahal. Syukur berkat tekanan persaingan (tampaknya dari XL), akhirnya harga turun lagi. Mudah-mudahan paket 3G-nya juga bisa turun hehe. Ayo bersaing secara sehat :-)  — update 30 Ok 07 — harga paket 3G matrix sudah turun, sekarang 1.2 GB untuk 200 ribu, rencananya mau apply bulan depan — end update —

GSM utama saya Matrix sejak lima tahun yang lalu, jadi menggunakan GPRS Matrix membuat internet dapat diakses melalui HP utama saya. Saya mulai dengan mendownload game (apa lagi hehe), lalu browsing. Karena browser yang disediakan oleh K610i kurang bagus, saya download Opera Mini, wah memang Operas lebih bagus .

Dengan opera mini, saya bisa browsing situs-situs favorit saya. Jika dilihat dari penggunaan bandwidth, browsing via HP juga lebih hemat (walaupun browsing lewat PC sudah saya matikan penggunaan gambarnya). Masalahnya cuma satu, layarnya terlalu kecil sehingga harus banyak scrolling dan membuat mata lelah.

Hal baru yang sedang saya sukai adalah flickr mobile. Sekarang saya tidak menyimpan foto di HP lagi. Saya menggunakan opera+ flickr, sehingga foto langsung di upload. Tidak perlu repot-repot lagi memindahkan foto ke PC. Foto juga dapat langsung dilihat melalui internet (http://www.flickr.com/photos/yudiwibisono). Repotnya ya kalau tidak ada koneksi internet atau jatah sudah habis hehe. Foto juga harus sering di-rotate.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalau cara setting koneksi internet dengan pc menggunakan kartu matrix gimana?

  2. Daftar dulu di Galeri Indosat. Kemudian install driver modem handphone. Nanti langsung dial ke *99***1##


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: