Pergeseran Topik: Quantitative Trading

Lebih dari setahun tidak menulis di blog ini 🙂

Bagi yang mencari lanjutan posting sebelumnya tentang pemrosesan teks dengan Keras dapat melihatnya di: https://docs.google.com/document/d/1SQkzjjBdjCNO7cexAAy9s0tGvTsKf1WUJiPrkKPLI-4/edit?usp=sharing

Saya tidak akan melanjutkan lagi posting tersebut.

Saya berkecimpung di bidang NLP sejak membuat paper pertama tahun 2005, pindah ke deep learning tahun 2013. Topik S2 dan S3 saya juga mengenai NLP. Cukup banyak yang saya dapat, baik dari sisi riset maupun proyek-proyek. Tapi ada beberapa hal yang membuat saya tertarik pindah ke bidang baru:

  1. Perkembangan NLP sangat cepat, baik dari sisi riset maupun tools. Saat ini umum terjadi begitu paper di-publish, librarynya muncul di hari yang sama. Tidak perlu repot lagi membuat program, bahkan pretrained model juga sudah ada. Pemula saat ini semakin mudah masuk ke bidang NLP.
  2. Muncul berbagai perusahaan di Indonesia yang fokus pada bidang pemrosesan teks.

Saya sebagai engineer lebih tertarik untuk membuat produk. Tapi saya juga ingin produk yang bisa membiayai sendiri produksi sampai risetnya, bukan sekedar hobi. Oleh karena sejak dua tahun yang lalu saya mulai mencari-cari bidang baru yang relatif belum banyak digarap dan punya potensi besar.

Bidang tersebut adalah seputar investasi saham, khususnya penggunaan algoritma dan machine learning untuk membeli dan menjual saham (quantitative trading). Dengan hanya sekitar 2 juta investor dari 200 juta penduduk, pasar bursa yang belum matang, SDM yang masih terbatas potensi quant trading ini masih terbuka.

Dalam 2 tahun terakhir ini saya mulai coba-coba berinvestasi saham sambil mempelajari domain bisnisnya. Saat ini saya mulai dalam tahap mengumpulkan data dan membaca berbagai buku. Perjalanannya masih panjang, tapi pasti menarik 🙂 Blog dan Twitter saya juga mungkin akan bergeser mengikuti. Tetapi berbeda dengan NLP, saya tidak mengajar matakuliah terkait ini, jadi akan lebih sedikit (atau akan tidak ada) modul tutorial yang saya buat. Data, teknik, fitur yang digunakan pada quantitative trading juga seringkali menjadi rahasia perusahaan sehingga tidak mudah dibagi. Jadi mungkin blog ini akan kembali ke masa sepi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s