Memberikan Pelatihan Machine Learning & NLP

Dalam 4 bulan terakhir ini kami (saya dan istri) memberikan pelatihan machine learning untuk calon data analisis PT Pos dan NLP+Deep learning untuk sebuah perusahaan software.  Saya suka karena hal ini menjadi kesempatan untuk berdiskusi dengan pihak industri tentang apa yang mereka perlukan dari lulusan, dan bisa digunakan untuk memperbaiki proses pendidikan di kampus.

Di kampus saya mengajar kuliah pilihan datamining dan NLP sedangkan Lia mengajar machine learning, jadi dari sisi materi sebenarnya tidak terlalu masalah. Masalah utama adalah bagaimana memadatkan materi yang belasan SKS menjadi hanya beberapa hari saja.

Selection_181

Berdasarkan evaluasi saat pelatihan, menurut saya bentuk pelatihan ideal untuk machine learning  adalah:

  • Perlu profil rinci peserta pelatihan. Latar belakang peserta akan sangat berpengaruh, misalnya banyak calon data analis latar belakangnya adalah dari prodi Matematika atau Statistika.
  • Secara rinci perlu dibuat dan disepakati kompetensi yang ingin didapat, seperti “Peserta memahami X”, “Peserta dapat melakukan Y” dst.  Perlu disesuakan dengan jumlah jam pelatihan. Jangan terlalu memaksakan terlalu banyak materi jika waktunya terbatas.
  • Proporsi teori dan praktek sekitar 40:60 atau 50:50.  Mengapa teori mendapat porsi yang cukup besar? karena  saat ini sudah banyak tutorial dan lib untuk machine learning tetapi tanpa pembahasan konsep yang cukup, misalnya seputar rancangan eksperimen, evaluasi model.
  • Pretest – Posttest. Mengukur sejauh mana peningkatkan pengetahuan peserta.
  • Tugas berbentuk kasus yang dikerjakan berkelompok. Idealnya minimal ada dua sesi pelatihan dengan waktu yang terpisah sekitar 1-2 minggu. Di akhir sesi  ada   PR berbentuk analisis kasus yang setelah diolah harus dipresentasikan pada sesi berikutnya.
  • Evaluasi berbentuk ujian teori dan praktek dalam bentuk kasus.

Memang tahapan seperti test dan presentasi akan memerlukan waktu lama,  padahal seringkali  pelatihan  dirancang memberikan materi sebanyak-banyaknya dalam  waktu sesingkat-singkatnya. Tapi menurut saya kalau mau hasil optimal memang perlu  waktu yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s