Membuat video tutorial praktikum

Saya sudah pernah menggabungkan video ke dalam elearning  sekitar 2006 (era sebelum Youtube). Saya juga sudah upload video di Youtube sejak 2010. Masalahnya saya pribadi tidak terlalu suka dengan media video untuk belajar, saya lebih suka membaca. Itu sebabnya sampai sekarang saya lebih banyak membuat modul tutorial dalam bentuk tulisan.

Beberapa semester terakhir, mahasiswa sering  mengeluh tidak diajari secara detil. Mereka ingin belajar seperti dalam kursus, tahap demi tahap bersama-sama.  Membayangkannya saja  saya langsung malas hehe. Solusinya adalah dengan membuat video tutorial dan upload ke Youtube. Buat satu sekali, bisa digunakan seterusnya.

Untuk screen recorder, saya menggunakan OBS Studio. Bagus fiturnya, dan bisa digabung misalnya dengan stream dari kamera (kapan-kapan nanti beli kamera-nya).  Untuk mic, saya menggunakan headset punya Furqon yang biasa digunakan dia untuk main game 🙂  Tidak terlalu banyak masalah, asal latihan dulu. Hati-hati dengan volume suara, umumnya terlalu kecil. Tambahkan filter gain di OBS untuk memperbesar volume.

Untuk video editor, saya mencoba OpenShot (terlalu sederhana), VSDC (previewnya tidak enak) dan akhirnya Shotcut. Saya paling cocok dengan Shotcut, walaupun perlu waktu belajar agak lama.

Setelah dua hari utak-atik (untuk video berdurasi hanya 15 menit), akhirnya bisa upload tutorial pertama saya tentang pengantar Android Studio. Nanti materi lainnya menyusul.

Playlist tutorial Android yang saya buat:  https://www.youtube.com/playlist?list=PLUh6vS-rrmzRG5FFQeaog46kjs4zxtCWX

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s