Perpanjangan STNK 5 tahun di Samsat Bandung Barat

26 December 2012 at 12:06 | Posted in Uncategorized | 7 Comments

Akhirnya harus memperpanjang STNK 5 tahunan dan ganti plat nomor mobil yang habis 3 Jan 2013. Berdasarkan pengalaman bayar pajak tahunan di outlet Giant Pasteur yang cepat dan info dari orang-orang bahwa sekarang pengurusan di samsat sudah gampang maka saya putuskan untuk mengurus sendiri di Samsat Bandung Barat di Jalan Pajajaran.  Berikut adalah langkah-langkahnya. Relatif cepat,  tanpa pungli dan tanpa calo kok🙂    Catatan: Ini saya lakukan Des 2012, jadi di masa depan mungkin akan ada perubahan.

  1. Siapkan STNK asli, KTP asli (tentunya yang sesuai dengan STNK), BPKP, uang  dan bolpen. Fotocopy cukup BPKP saja.  Selama disana tidak perlu menunjukkan BPKP asli, tapi saya bawa untuk jaga-jaga.
  2. Datang ke samsat, masuk ke tempat parkir bagian belakang dan ambil formulir di ruangan sebelah kanan (bukan gedung utama).  Ada tulisan “Pengambilan Formulir” di loketnya.
  3. Isi formulir di meja yang disediakan. Ini gunanya membawa bolpen, katanya sih bolpen disediakan tapi saat saya disana tidak ada.
  4. Cari petugas gesek  yang menggunakan rompi merah dengan tulisan samsat di punggungnya. Jangan tertukar dengan tukang ojek yang juga berompi merah.
  5. Dia akan  gesek nomor mesin dan nomor rangka dan hasilnya ditempel di formulir. Saya menunggu apakah akan diminta “uang rokok”, ternyata tidak.  Ini bagus.
  6. Serahkan formulir+hasil gesek ke petugas yang berada di meja di sebelah loket pengambilan formulir, juga serahkan KTP & BPKP asli. Setelah diperiksa  akan ditandatangani petugas. Petugasnya bukan berada di ruangan loket, tapi di sebelahnya (di bawah tenda).
  7. Serahkan semua dokumen ke loket disebelah kirinya. Loket tersebut bertulisan “cek fisik”, petugas akan memeriksa lagi.  Saran: menurut saya langkah 6-7 ini bisa digabung saja, terasa redundan.
  8. Masuk ke gedung utama, cari loket D di sudut. Banyak yang berdiri di pintu terobos saja. Kebanyakan orang yang ada disana adalah bayar pajak tahunan. Serahkan semua dokumen di loket D ini.
  9. Duduk dan tunggu dipanggil di loket pembayaran di bagian tengah. Akan dipanggil nama dan nomor plat mobil. Ini berbeda dengan yang bayar pajak tahunan yang hanya dipanggil nomor antrian saja.
  10. Bayar dan tunggu lagi dipanggil oleh loket persis di sebelah kanan loket D.
  11. Ambil STNK +bukti pajak+KTP dan  copy STNK (warna biru) untuk mengambil plat nomor. Cek apakah sudah benar, kasus saya, tanggal masa berlaku salah sehingga harus diulang.
  12. Keluar dari gedung, jalan agak ke belakang di tempat yang bertulisan “workshop”, serahkan copy warna biru, tunggu sebentar, plat mobil diserahkan dan selesai. Total waktu yang diperlukan sekitar 1.5 jam (saya datang jam 8 pagi).

Walaupun masih agak bingung urutan prosedurnya dan tidak ada informasi untuk ini, tapi pelayanan tanpa pungli dan tanpa calo (saat saya masuk bahkan tidak ada yang menawari) patut dihargai dan sudah merupakan langkah maju.

7 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  2. wah hebat kang….saya usah 2 bln sejak akhir januari sampe skrg blm beres juga…padahal minta tlg salah satu polisi disana…he he he

  3. Hatur nuhun, informasinya, pak.

  4. Mau tanya kalo mau ganti warna buat mobil di stnk sama bpkb syarat syarat nya apa aja y.dan biaya nya berapa untuk ganti warna

  5. apakah bisa ganti plat hari sabtu?

  6. Pa gimana kan STNK saya ilang Gana saratnya

    • Agak lupa. Saya pernah hilang sekitar 8 tahun yg lalu. Urus surat kehilangan, lalu perlu sampai digesek nomor mesin (spt kalau ganti plat nomor). Waktu itu saya diurus oleh biro jasa. Sedihnya di STNK ada cap gede “DUPLIKAT”.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

