Aplikasi Android untuk Memonitor Lalulintas Bandung berdasarkan Tweet

26 April 2012 at 09:04 | Posted in android, text processing, twitter | 12 Comments

Sebelum  pergi ke luar rumah, biasanya saya memeriksa kondisi lalulintas Bandung dengan dua cara:  melihat web cam di bandung247.com dan mencari tweet dengan keyword #lalinbdg.  Sayangnya webcam di bandung247   masih terbatas,   belum ada webcam untuk Jalan Setiabudhi, Tamansari, Siliwangi, Sukajadi dan Cihampelas yang merupakan jalur utama saya pulang-pergi ke kampus.

Untuk twitter sendiri, hashtag #lalinbdg telah menjadi standard defacto bagi  pengguna twitter yang ingin melaporkan kondisi lalulintas.  Informasi terupdate sangat cepat.  Jika ada kemacetan, kecelakaan dan banjir,  maka hampir secara  real time akan  muncul.

Tetapi  mencari informasi menggunakan twitter-client atau melalui web twitter.com tidak menyenangkan. Banyak terjadi duplikasi, yang  disebabkan oleh  account seperti infobdg, bandungtraffic, dan pengguna yang meretweet.    Lalu jika membuka situs twitter.com  di smartphone,  fungsi search justru ada di bagian paling bawah.   Sedangkan jika menggunakan  twitter client, banyak fitur-fitur yang  sebenarnya saya tidak perlukan. Saya hanya butuh search saja, bukan melihat timeline, post dsb.

Solusinya saya buat app android yang khusus untuk menampilkan tweet seputar informasi lalulintas Bandung melalui hashtag #lalinbdg.  Kelebihan aplikasi ini adalah: pengurangan duplikasi, sangat simple karena hanya punya satu fungsi:search, dan ada rangkuman sehingga informasi lebih mudah dilihat saat di kendaraan. Berikut adalah contoh snapshotnya.

Jika ada yang berminat (Android 2.2 keatas), silahkan download di: https://play.google.com/store/apps/details?id=edu.upi.cs

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mas Yudi, kalau mau belajar akses twitter dari Android App seperti ini infonya dimana ya ? Nuhun

  2. Keren pak.🙂

    Btw, sedikit curcol.😀
    Saya sudah lama minat di Social Networks Analysis atau apalah namnya.😀 Sempet ada rencananya pengen buat TA di ranah ini. Namun saya merasa terlalu antimainstream, masih jarang dosen saya mendalami Social Networks Analysis, jadi merasa terlalu nyleneh.😀 Setelah mampir baca-baca blog bapak. Saya jadi semangat kembali dan Insyallah akan akan mengambil TA tentang ini. Keep inspire ya pak ^^ terima kasih

    Salam,
    Gilang Romadhon Aprianto – gizipp.com

    • Dulu skripsi saya tentang UML, tahun 98. Padahal UML sendiri baru ada standardnya tahun 96/97. Boro-boro dosen, resources hanya didapat dari internet dan itupun masih terbatas. Resikonya: bisa dapat nilai jelek dan dibantai di sidang karena dosen penguji tidak mengerti🙂

  3. permisi mas, kebetulan akhir” ini saya sependapat dgn mas soal judul artikel ini.. saya ingin membuat skripsi ttg ini di kota Malang yg sudah mulai macet, awalnya saya pikir ini memang agak nyleneh tpi seakan ada pendongkrak stlh tau akan artikel ini.. klo boleh tau algoritma apa mas yg mas pakai?

    • tidak algoritma tertentu, hanya heuristik saja (buanyak if-then).

  4. mgkn kah topik ini dapat saya jadikan skripsi? *mohon pencerahanya

    • terlalu sederhana kalau persis seperti ini. Perlu tambahan fitur seperti visualiasi, integrasi dengan google map, navigasi dst, baru mungkin layak.

  5. Pak, skripsi saya mau buat pemetaan tweet brdsrkan geolocation ke gmaps di android, kira2 ada buku panduan belajar yg lebih kompleks pak?tks

    • geotag di posting tweet kurang akurat, level yang bisa digunakan hanya setingkat kota. Di tutorial Android yg saya buat ada pembahasan tentang menambahkan objek ke google map android (download di yuliadi.com/ilkom)

  6. pak, saya mau modul androidnya lagi donk, di upload di mana yaa ;D


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

