Cara Menginstall SDK Android tanpa Internet

Update Nov 2012:

Penting: sudah tersedia bundle installer Android SDK untuk Windows yang lengkap: Eclipse+ADT, platform-tools, SDK tools, platform dan system_image : http://developer.android.com/sdk/index.html   JADI LANGKAH-LANGKAH YANG DITULIS DI POSTING INI SUDAH TIDAK DIPERLUKAN LAGI. ANDA BISA MENGINSTALL SECARA OFFLINE DENGAN BUNDLE TERSEBUT. Dasar-dasar membuat app Android dapat dilihat pada modul tutorial android Android  yang saya gunakan untuk memberikan praktikum  di kampus.  Modul ini berisi prosedur instalasi sampai widget, sqlite, grafik, koneksi server, pemanfaatan google map dll. Lisensinya creative common,  jadi silahkan digunakan  untuk belajar,  pelatihan dst. Boleh didistribusikan, dimodifikasi dan diremix,  asal setelah dimodifikasi  doc-nya juga disebar,  nama saya tetap ada dan tidak untuk komersial.  Bagi yang belum menguasai Java, bisa mendownload  modul java untuk dipelajari.

Update April 2012:

Pertama: posting  ini ditujukan untuk membantu pelaksanaan praktikum/pelatihan mobile computing di lab. Instalasi SDK dan  ADT di 30 komputer lab secara bersamaan menggunakan internet tentu sulit, lebih praktis  jika dilakukan offline.  Jadi jika anda hanya ingin menginstall untuk komputer pribadi,  dianjurkan menggunakan cara biasa saja (via SDK secara online) .

Update Okt 2012:
Disesuaikan dengan SDK dan ADT terakhir  (versi r20.0.3)

——–

Tidak sulit menginstall Android SDK,  tapi  perlu beberapa penyesuaikan jika memiliki koneksi internet yang terbatas atau tidak ada.  Beberapa hal saya ambil dari site ini, tapi dengan penjelasan dan tambahan Eclipse+ADT.  Saya juga masih perlu banyak belajar, jadi cmiiw 🙂

Berikut langkah-langkahnya, (bagi mahasiswa Ilkom UPI, saya sudah siapkan file-file  yang dibutuhkan di pengelola Lab Praktikum atau di Lab Basdat):

Catatan: Langkah 1 dan 2 dapat dilewat jika Anda telah menginstall Eclipse. Nama file  dapat berubah sesuai dengan versi masing-masing. Saya mencantumkan nama file  supaya memudahkan mahasiswa yang menjalankan instalasi dari CD/flash disk.

  1. Siapkan dan install Java SDK Nama filenya akan seperti  “jdk-7u7-windows-i586.exe”. Nama  dapat  berbeda  sesuai dengan versi JDK.
  2. Siapkan dan install Eclipse. Nama filenya seperti “eclipse-java-juno-SR1-win32.zip”.  Tidak perlu diinstall, tinggal ekstrak saja ke tempat yang diinginkan. Jalankan untuk memastikan Eclipse sudah bekerja.
  3. Siapkan dan install SDK Android Nama filenya seperti “installer_r20.0.3-windows.exe”, install dan catat lokasi installernya.
  4. Pada tahap ini biasanya kita harus menginstall Android platform via   SDK Manager melalui internet. Jika anda hanya menginstall untuk satu komputer, sangat disarankan untuk melakukan instalasi lewat internet dan loncat ke langkah 10.
  5. Buka struktur repo Android . Cari dengan ctrl-f kata “<sdk:platform>”.   Terlihat bahwa disediakan  beberapa versi platform  (kenapa tidak yang terbaru saja? jawabannya Android yang beredar dipasaran terdiri dari berbagai versi dan dapat tidak  kompatibel antara versi baru dengan yang lama). Kemudian lihat isi tag “<sdk:url>”.   Misalnya yang dipilih versi 2.2, maka ambil isi <sdk:url>android-2.2_r03-linux.zip</sdk:url>   lalu tambahkan setelah  dl-ssl.google.com/android/repository/   Sehingga URL-nya menjadi:  http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.2_r03-linux.zip  (walaupun ujungnya ada kata linux, tapi bisa digunakan untuk windows). Download file ini.  Langkah 5-6 dapat diulang untuk versi platform yang lain. Misalnya untuk ICS, maka urlnya adalah http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-16_r03.zip.
  6. Ekstrak file dari langkah 5.  Copy ke  direktori ke C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms (sesuai tempat menginstall SDK Android di langkah 3)   sehingga menjadi C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows dengan subdirektori seperti C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows\ant ,  data, images, skin dst. Nama direktori “android-2.2_r02-windows” bisa diganti dengan nama lain.
  7. Pada tahap ini anda membutuhkan direktori “platform-tools”,  “extras” dan “system-images” yang isinya saya tidak tahu harus mendownload dari mana. Cara yang saya gunakan adalah mengcopy  dari komputer yang sudah memiliki SDK lengkap (diupdate melalui internet).  
  8. Copy direktori “platform-tools”  ke C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\  sehingga menjadi C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platform-tools.  Lakukan hal yang sama untuk direktori “extras” dan “system-images”.
  9. Jalankan ulang SDK-Manager (Start –> All Program –> Android SDK Tools –> SDK Manager). Platform 2.2 harusnya sudah otomatis muncul.
  10. Sekarang kita menyiapkan Android Virtual Device (AVD).  Di panel kiri SDK manager, ada pilihan “Virtual Device”. Klik ini. Lalu lihat dibagian kanan ada tombol “New”.   Klik “new”, akan keluar dialog.  Isi nama, target, ukuran SD-Card dst.  Setelah selesai,  dialog tertutup dan akan muncul AVD tersebut. Pilih AVD ini. Lalu klik “Start” dan tunggu. Proses ini cukup lama! (saat pertama coba  sempat saya close karena curiga hang, ternyata memang lama). Silahkan bermain-main dengan AVD ini, khususnya yang belum mempunyai phone Android.
  11. Siapkan  plugin Android untuk Eclipse, yaitu ADT (bagi yang mau mendownload  scroll kebawah sedikit dibagian “Download the current ADT Plugin zip file”).  Nama filenya akan seperti “ADT-20.0.3.zip.”.  Jalankan Eclipse.  Pilih  Help –> Install New Software. Klik “Add” lalu “Archive”. Pilih  file ADT-20.0.3.zip. beri nama “Android Plugin” dan pilih hanya developer tools saja. Lalu tekan next dan ikuti petunjuk selanjutnya ikuti petunjuk selanjutnya.
  12. Masih dalam Eclipse, kita coba buat app Android pertama. Klik  File -> New -> Other (atau ctrln-N)  Pilih “Android Project”  dibagian Android.  Ikuti petunjuk selanjutnya.
  13. Jalankan project tersebut dengan tombol play (ctrl-F11). Pilih Android Application. Tunggu AVD muncul dan loading  (untuk menghemat waktu, usahakan AVD tidak ditutup selama Eclipse masih terbuka).   Jika program Anda tidak muncul klik “menu” pada AVD.
Iklan

68 tanggapan untuk “Cara Menginstall SDK Android tanpa Internet”

    1. Lama dan gede. Saya habis 700MB, padahal pake internet berkuota lagi hehe. Lagipula masih ada bug, kalau download documentation, nanti di eclipse akan bermasalah di code completionnya (lambat banget).

  1. keren.. tapi.. setelah pakai cara ini, dan membuat project baru, file R.java yang seharusnya ada di /gen kok tidak digenerate oleh eclipse ya.. Saya sudah coba clean / build project, tapi R.java tidak mau muncul sama sekali. Saya stuck di sini pak, mohon bantuannya

    1. Bisa, saya pernah coba. Bahkan kalau mau dengan notepad++ dan command line juga bisa. Tapi saya lihat plugin netbeans tidak sebaik ADT. Lagipula sejak Sun dibeli Oracle saya berusaha menghindari Netbeans.

      1. Saya coba download SDK installer_r09-windows.exe, kemudian sudah saya install dan download semua. tetapi di ecplipsenya ga bisa di Preferences mas, pas di pilih C:\Program Files\Android\android-sdk-windows ga muncul apa2. sedangkan kalau saya pakai SDK yang lama, yg veri 1.6 itu bisa mas. knp ya mas?

  2. Sudah berhasil nih Pak, ternyata untuk versi yang baru Adb.exe bukan di folder tools lagi, tetapi pindah ke platform-tools. Saya menggunakan ADT versi terbaru ADT 10.0.1. Karena sebelumnya saya pake versi 0.9.9, jadi ga bisa.

  3. Bang..pas create AVD di SDK biar muncul Google APIs pada kolom targetnya gimana ya??
    Di tutorial yg saya baca harusnya targetnya Google APis tp di SDK saya cuma muncul Android API, saya mau buat aplikasi kyk Google maps pake Google API 🙂
    Mohon Bantuannya

  4. Pak sy sdh install JDK1.6.0|_25 saat install Android SDK installer_r11-windows koq ngak dikenal ya JDK-nya … environtment variabel untuk jdk jg sdh dipasang ..
    Mhn petunjuk .. Tks.Tuhan Memberkati …

      1. masalah saya sama pak….JDK saya tidak dikenali…padahal versi nya yg paling baru…1.7..mohon pencerahannya pak…
        thanx

  5. rekan2 sekalian saya mau numpang nanya nih… saya punya tablet lagi rusak untuk koneksi wifinya… tertulis kalo application settings nya ga ada respon… jadi dia kasih 2 pilihan… mau force close atau wait… saya jadi bingung kalo lewat cara ini bisakah saya perbaiki tablet saya?

    1. Kalau memang bermasalah terus, direset hardware saja, TAPI SEMUA DATA AKAN HILANG.
      Biasanya ada lubang kecil di pinggir tablet yang . Tusuk lubang itu dengan jarum/peniti.

      1. saya sudah coba beberapa kali tapi tetap saja ga bisa…reset data factory juga sudah tapi tetap aja ga bisa…

        pada saat wifi saya nyalakan tidak ada notification gambar sinya di atas… trus seharusnya kan dia scanning untuk dapat wifi hotspot… malah mati otomatis dianya dengan tulisan “Application Settings (in process
        com.android.settings) is not responding” disitu saya dikasih 2 pilihan… force close atau wait…. dua duanya sudah saya coba tapi tetap saja ga bisa …

  6. mau tanya Pak…
    saya sudah coba download satu per satu sesuai dengan petunjuk di atas…
    yang saya bingung kenapa untuk sdk:version 2.1 sampai 3.2 untuk windows tidak ada… apa saya tetap download yang untuk linux dan saya extract sedangkan saya memakai OS windows 7…
    thank’s

  7. gemana install nya…. pasal setiap saya install ada juga masalah nya…. tolong bagai mana cara install yang benar nya………….???????????
    tanks

  8. mas kok pas ku instal kluar kayak gini
    Fetching http://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Failed to fetch URL http://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml, reason: Unknown Host ://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Fetched Add-ons List successfully
    Fetching URL: http://dl-ssl.google.com/android/repository/repository-5.xml
    Failed to fetch URL http://dl-ssl.google.com/android/repository/repository-5.xml, reason: ://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Done loading packages.

  9. waktu saya install ADT di preference sudah bisa tapi waktu saya klik finish koq malah muncul tulisan “Installing software has encountered a problem. an error occurred while collecting item to be installed”. Padahal tadi sudah terinstal tapi koq ga bisa,, gimana solusinya ya? Mohon bantuannya,, trims,,

  10. Pak saat mengcreate virtual device baru gagal di create tulisannya seperti ini
    [2012-06-10 11:51:49 – SDK Manager] Error: null saya bingung padahal platform android sudah terinstal semua dalam SDK Manager

  11. file hasil dwnload no 5,.kq nggk bisa diekstrak ke android>platform,…bisa diberi solusiya nggk??,..thnks,..

    1. Dari yang saya baca, path SDK tidak boleh mengandung spasi. Misalnya “program files dst…”, coba pindahkan SDK ke direktori yg tidak ada spasinya.

  12. apakah bisa menggunakan netbeans selain eclipse? kalau bisa apakah caranya sama dengan menginstall menggunakan eclipse?

  13. boleh dicoba tuh, yah itung2 biar jadi producer.. masa dr dulu mo jadi konsumer trus.. (yg bisanya cuman make.. ) he..he..

    gan, anyway itu java sdk beda ga ma java se, kal udah nginstal java se (v1.6u24) gmn??

  14. terima kasih banyak informasinya mas.. sangat membantu sekali buat saya..
    tapi ada yang mau saya tanyakan mas,, kebetulan yang saya butuhkan itu Android SDK Platform 2.3,, tetapi di repositorynya tidak ada yang buat windows, hanya ada buat linux.. gimana ya mas?? sedangkan yang saya butuhkan itu yg windows.. atau mungkin file tersebut support windows juga walaupun tertulisnya linux.. terima kasih mas informasinya..

  15. pak saya sudah smpai pada step 11, sudah saya add and archieve ADT saya..
    tp knapa tidak dapat ditemukan oleh eclipsnya?????

  16. Om saya mau nih,, jadi gini saya coba iseng decompile file apk via apk multi tool dan sudah berhasil proses decompilenyaa, tapi ketika hasil decompilenya saya buka di eclipse, untuk folder src nya kosong, itu memang kosong atau hasil decompile apk via apk multi tool hanya bisa dicompile lewat apk multi tool saja??? mohon pencerahannya Om, makasih

  17. kok gak bisa ya pas developer tool aku klik next di detailnya muncul tulisan
    Cannot complete the install because one or more required items could not be found.
    Software being installed: Android Hierarchy Viewer 8.0.1.v201012062107-82219 (com.android.ide.eclipse.hierarchyviewer.feature.group 8.0.1.v201012062107-82219)
    Missing requirement: Android Hierarchy Viewer 8.0.1.v201012062107-82219 (com.android.ide.eclipse.hierarchyviewer.feature.group 8.0.1.v201012062107-82219) requires ‘org.eclipse.core.runtime 0.0.0’ but it could not be found
    solusinya gimana ya?

  18. mas klo kea gini kenapa yah ?

    Preparing to install archives
    Downloading SDK Platform Android 2.3.3, API 10, revision 2
    URL not found: C:\Program Files\sdk\temp\android-2.3.3_r02-linux.zip (Access is denied)
    Done. Nothing was installed.

    please dong ksh solusinya 😦 thx yah ^^

  19. mas kenapa ya ko di source setContentView(R.layout.main)- nya salah terus ya ? solusi untuk membetulkannya bagaimana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s