Peradaban Amerika

Satu hal yang saya lakukan pertama saat mulai menggunakan internet di tahun 96-an adalah membaca koran-koran online Amerika.  Saya kagum dengan demokrasinya (waktu itu di Indonesia Orba masih berkuasa),  kebebasan berpendapat,  kualitas pendidikan,  kualitas pemimpinnya (bandingkan dengan presiden, kabinet dan DPR Indonesia di masa itu),  toleransi,  ekonomi, teknologi  dan  militer (sebagai polisi dunia).  Tentu ada kelemahan seperti standard-ganda untuk negara-negara tertentu yang tetap berlaku dari dulu sampai sekarang.

Saat diskusi dengan bapak saya (alm), yang membandingkan kejayaan peradaban Islam dengan kejayaan Amerika,  beliau berkata:   ” Peradaban Islam butuh ratusan tahun untuk mencapai kejayaan, dan ratusan tahun lagi untuk perlahan-lahan mundur.  Amerika paling baru 100 tahun,  sejarah masih panjang ..”

Kembali ke masa sekarang,  beberapa bulan ini berita koran-koran tersebut penuh dengan berita negatif tentang Amerika yang terburuk sepanjang ingatan saya.  Dan itu mencakup semua sisi: pendidikan, ekonomi, toleransi (kasus mesjid di NY) dan  politik. Sangat menarik mengikutinya.

Menurut saya, mundurnya peradaban Islam disebabkan dua hal: turunnya  kualitas pendidikan dan ketertutupan terhadap budaya lain.  Dua hal ini sering diabaikan karena pengaruhnya berlangsung lambat sekali (puluhan tahun) dan tidak terlihat.  Dua hal ini saya lihat di Amerika sekarang setidaknya melalui berita-berita.   Apakah ini pertanda kemunduran peradaban Amerika?  Waktu yang akan menjawab.

Iklan

3 tanggapan untuk “Peradaban Amerika”

  1. wuah,,memang benar pak. manusia itu kan aset masa kini dan masa depan ya,pak. niy makanya ilmu agama jadi penting karena manusia harus diisi mentalnya dulu sebelum membangunnya menjadi manusia yang lebih pintar.

    inpiratif!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s