Masalah di Nokia Messaging

1 July 2010 at 22:30 | Posted in Uncategorized | 5 Comments

Saya menggunakan nokia messaging (NM) untuk mengakses email saya.  Sebelumnya saya menggunakan Emoze, tapi beberapa bug membuat saya pindah ke NM.   Tidak ada masalah dengan NM   ini sampai beberapa hari lalu.

Petaka ini dimulai saat saya mencoba menambah mailbox milik istri di HP saya, sebelum diinstall di HP-nya (tipe HP kami identik, E72).  Sebelumnya saya sudah mempunyai dua mailbox (gmail dan ovi).  Mailbox istri saya dapat diinstall tanpa masalah.   Kemudian, beberapa saat kemudian  istri saya menginstall mailbox tersebut di HP-nya, juga tanpa masalah.  Lalu berapa menit kemudian mulai timbul keanehan di HP saya,  saya tidak dapat mengakses email!  NM selalu menanyakan password untuk ketiga mailbox saya.  Saat saya belum selesai memasukan password untuk satu mailbox,  keluar permintaan password  untuk mailbox berikutnya,  demikian berputar untuk ketiga mailbox saya.  Sedangkan istri saya tidak mengalami masalah.

OK,  ini mungkin karena mailbox kami bentrok. Langkah logis berikutnya adalah menghapus mailbox istri yang ada di HP saya. Saat saya mau menghapus, muncul pesan bahwa mailbox harus terkoneksi sebelum bisa dihapus! Argh, justru saya mau hapus karena itu! Mailbox yang lain juga mengalami nasib sama.

Setelah googling,  ternyata ada yang mengalami masalah yang sama. Solusinya adalah masuk ke situs NM (email.nokia.com),  lalu hapus mailbox dari situs tersebut.  Hebatnya saya tidak bisa login!  Ada pesan bahwa  account tidak terdaftar atau password salah.  Sempat berpikir bahwa password saya salah. Cari-cari fasilitas reset password. Tidak ada.  Setelah googling lagi, ternyata password yang digunakan sesuai dengan password email, berarti memang bukan karena password yang salah.

Menyerah, akhirnya saya kontak nokia cust care. Lumayan cepat direply,  dia tampaknya bingung antara account mailbox dan account NM.  Dia katakan tidak bisa ada dua account NM di dua HP berbeda.  Tidak heran sih, memang lumayan membingungkan.  Setahu saya: satu account NM bisa digunakan sampai dengan 10 account mailbox.  Account NM ini adalah account mailbox pertama yang didaftarkan.  Karena mailbox istri saya ini bukan mailbox pertama baik di HP saya maupun HP istri, jadi bukan ini masalahnya. cmiiw.

Saya balas, dan pada email kedua tampaknya dia mulai paham. Katanya laporan saya akan dieskalasi.  Dua hari kemudian saya mendapat email yang menyatakan bahwa tidak ada account NM  sesuai email saya, dan kalau mau menghapus ketiga mailbox  saya yang menggantung maka saya harus melakukan hard reset dengan datang ke nokia centre terdekat!   Wew, hanya untuk menghapus mailbox?

Saya tidak menyalahkan pihak cust care Nokia. Bukan salah mereka dan mereka sudah lumayan bagus memberikan layanan. Yang saya tidak mengerti menapa perusahaan sebesar Nokia tidak bisa memberikan sistem email yang lebih layak?  Apa susahnya membuat pengguna dapat menghapus dan menambah mailbox dengan mudah?   Tidak heran kalau Nokia kalah bersaing di  segmen smartphone.

Saat ini saya biarkan saja mailbox itu (dengan sebal)  dan kembali ke Emoze…  sambil mulai melirik Android😉

Posting menarik  mengenai Symbian/Nokia yang mengkonfirmasi masalah di dalam Nokia: http://www.symbian-guru.com/welcome/2010/07/symbian-guru-com-is-over.html

– update Agt 2010
E72 semakin menyebalkan,  koneksi internet sering macet,  harus direstart supaya jalan lagi.  Kamera sering hang saat akan digunakan.  Mau upgrade OS khawatir dengan review di internet (katanya malah ada bug baru). Tampaknya ini HP pertama saya yang harus pensiun sebelum waktunya.

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya jg mengalami hal yg sama, mas.
    saya buat dua mailbox yahoo dan gmail. awalnya tidak ada masalah, sampe saya sadar, knp email dari yahoo masuk ke mailbox gmail. setelah saya coba utak-atik bagian account setting, yang ada sekarang saya tidak bisa melakukan sync, setiap kali ingin melakukan sync dia selalu minta password. seperti yang dialami mas yudi.
    dan sekarang saya jg tidak me-remove mailbox tersebut.

  2. Sama saya juga mas.Ini malah kejadian yg kedua.Yg pertama, nokia akhirnya mereset NMS saya. Setelah jalan, saya coba lagi, jalan. Tapi, skr tidak bisa lagi. Saya bahkan tidak bisa masuk ke NMS sama sekali. Karena, kalau masuk harus paken akun di NMS. Saya selalu diminta verifikasi password akun NMS. Setelah dimasukan (dan itu password saya), jawabannya selalu sama: Log in gagal. Coba lagi nanti!

  3. Saya pernah mengalami hal yang sama
    Hanya saja saya mengalaminya di Nokia E71
    Saya pikir tak terlampau jauh berbeda
    solusinya cukup sederhana
    Langkah ini menggunakan menu dlm bhs inggris

    0. Jika mau hapus dulu account email yang bermasalah dengan mengakses email.nokia.com dari komputer.
    1. Uninstall aplikasi nokia mail di HP dengan mengakses menu Installation, kemudian [App.Mgr]
    2. Install ulang Nokia Messaging (email) dengan mengakses email.nokia.com dari HP
    3. Nokia akan meminta untuk mengisikan user name dan password. Tinggal diisikan, maka semua account email akan dipulihkan seperti sedia kala.

    Sehingga HP tak perlu di reset

    • Makasih, menarik nih, tapi setelah saya coba:
      Langkah 0, tidak bisa
      Langkah 1 –> nah, ini nama aplikasinya apa ya? soalnya di HP saya tidak ada tulisan semacam “Ovi Mail” atau “Nokia Messaging”.

  4. kalau di e71 mungkin memang ada menu install/uninstall karena sepertinya pada e71, NM seolah2 merupakan aplikasi terpisah. sedangkan pada e72 aplikasi NM seolah2 merupakan bagian dari system/OS (seperti menu sms, dsb).
    btw, saya juga ada pertanyaan nih, gimana ya caranya copy-paste text email di NM?
    thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: