Mengapa mau jadi dosen?

26 September 2008 at 00:34 | Posted in Uncategorized | 158 Comments

Update  Sept 2011–
Banyak  pertanyaan tentang bagaimana cara menyiapkan diri untuk menjadi dosen.  Ini pendapat saya:

  • Sebaiknya saat kuliah mencoba menjadi asisten praktikum atau guru les.  Tidak semua orang bisa menikmati  mengajar.
  • Setelah lulus lebih baik mencoba pekerjaan lain dulu.  Jangan sampai menyesal setelah menjadi dosen karena bayarannya kurang memadai (memadai atau tidak relatif untuk setiap orang).   Saat baru lulus mungkin bayarannya tidak terlalu berbeda dengan profesi lain (khususnya bidang IT), tapi semakin lama gapnya akan semakin besar. Hitungan kasar saya, setelah 10 tahun selisih gaji antara profesi dosen vs non dosen (bidang IT)  bisa mencapai 5-10 kali lipat, alias 500% –  1000%.
  • Kalau  niatnya ingin kaya, jangan jadi dosen,  jadi pengusaha yang paling tepat.   Terus terang saya merasa terganggu dengan beberapa dosen  yang mengorbankan kuliah dan mahasiswa untuk mencari uang di luar kampus.   Boleh saja mencari tambahan di luar kampus, tapi prioritas utama haruslah tetap mengajar dan penelitian di dalam kampus.
  • Kalau sudah yakin memilih  profesi dosen,  mulailah kuliah   S2. Umumnya syarat dosen saat ini adalah minimal S2 dan bahkan untuk dosen ITB mewajibkan sedang S3.  Lebih bagus lagi jika  mengambil S2/S3 di luar negeri  karena pengalamannya akan lebih banyak.

—- end update ——-

Mengapa mau jadi dosen?

Pertanyaan ini dilontarkan oleh rekan dosen setelah dia tahu latar belakang pendidikan saya. “Ngapain kamu jadi dosen? kalau kamu kerja di industri pasti lebih makmur”, begitu ucapnya.  Memang benar juga sih,   kalau dari ukuran uang,  penghasilan  teman-teman seangkatan saya sepertinya sudah mencapai puluhan juta per bulan.

Menyesal dong? Jelas tidak :-)  Menjadi dosen bukan pilihan satu-satunya bagi saya. Sebelum saya memilih profesi dosen, beberapa hari sebelumnya saya  sudah mendapat beberapa tawaran dari teman untuk bekerja di perusahaan IT, dengan gaji yang jauh lebih tinggi tentunya. Saya juga sudah kenyang bekerja di bidang IT sebelumnya (dari tingkat 2 kuliah)

Pekerjaan menurut saya mirip seperti pasangan hidup. Setiap orang memiliki selera yang berbeda, dan harus ada trade off.  Agak lama juga ternyata untuk menemukan “selera” saya.  Saya termasuk orang yang sering gonta-ganti pekerjaan. Proyek pengembangan software pertama kali saya dapatkan saat SMA, berlanjut menjadi freelancer saat kuliah. Sempat jualan software, baik langsung maupun melalui internet.  Kemudian membuat perusahaan sendiri setelah lulus. Karena perusahaan tidak berkembang, beralih jadi karyawan.  Akhirnya menjadi dosen di tahun 2004 sampai dengan sekarang. Dari semua itu, menjadi dosen menurut saya merupakan  pekerjaan yang paling menyenangkan.

Kenapa bisa seperti itu? Setelah saya pikir-pikir, mungkin karena sifat saya yang cepat bosan. Dengan menjadi dosen, sulit untuk menjadi bosan. Mempersiapkan materi kuliah membuat saya harus terus belajar. Menghadapi mahasiswa yang selalu baru setiap semester memberikan masukan yang segar.  Melakukan penelitian memberikan kebebasan untuk melakukan apa yang kita inginkan (tanpa perlu khawatir hasilnya tidak laku).  Diluar kedua hal itu, profesi menjadi freelancer masih tetap dapat dijalankan🙂 Malah sekarang saya melibatkan mahasiswa sebagai programmer (saat ini ada 7 orang yang sedang bekerja) sehingga mirip mengelola perusahaan juga.

Kelebihan yang lain adalah fleksibilitas waktu dan tempat kerja.  Urusan kuliah tatap muka memang tidak dapat ditinggalkan (harus di dalam kelas dalam waktu tertentu). Tapi diluar itu, saya dapat bekerja dimana saja.  Penggunaan e-learning membuat saya dan mahasiswa dapat berkomunikasi tanpa perlu dibatasi ruang kelas. Kadang-kadang saya chatting dengan mahasiswa mengenai kuliah sampai jam 1 pagi (tapi kalau ada yang berani menelpon jam 12 malam, ya saya getok).  Kenikmatan seperti bisa bermain dengan anak di pagi hari, mengantar dan menjemput dia dari sekolah dan les, dan… tidur siang merupakan hal yang saya yakin jarang dimiliki orang yang bekerja di perusahaan lain🙂

Kelebihan yang lain (lagi) adalah dari sisi politik kantor. Di universitas, walaupun ada, intrik antar dosen relatif sedikit dan lunak.  Dengan jabatan fungsional, dosen suatu saat bisa menjadi ketua jurusan, bahkan rektor. Tapi di saat yang lain dapat menjadi dosen biasa lagi. Ini berbeda dengan di tempat lain yang sekali diatas akan terus naik jabatannya.

Manfaat terakhir tapi mungkin paling penting: salah satu amalan yang tetap mengalir walaupun  kita sudah wafat adalah ilmu yang bermanfaat. Ilmu yang saya berikan ke mahasiswa membuat mereka bisa bekerja dan bermanfaat bagi masyarakat dan saya yakin itu masuk kategori ilmu yang bermanfaat🙂  Salah satu hal yang paling menyenangkan adalah saat ngobrol dengan alumni dan mereka menceritakan bahwa  kuliah saya bermanfaat saat mereka kerja setelah lulus.

Ada yang berminat? :)  Ilkom UPI tahun ini membuka lowongan untuk dosen. Sayangya  mungkin pendaftarannya sudah ditutup (27 sep 08). Tapi tahun-tahun mendatang saya yakin akan terus menerima karena kami masih kekurangan dosen.

158 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. memang kehidupan itu sebuah pilihan, mana yang menguntungkan kita secara materi dan mana yang menyenangkan kita secara hati.. namun saya mau tanya nih..ya walaupun keluar dari bahasan…bagaimana menrut padangan bapak yang sudah berpengalaman di bidang IT tentang apa yang menjadi peluang untuk bidang IT khususnya di Bandung saat ini..rencananya saya dan keluarga akan membuat perusaan IT kecil-kecilan..SDMnya pun dari keluarga sendiri..

    • Buat mas Djasun. Gmn mas usaha ITnya dah jalanm? Boleh saya nyontoh? Rencana saya jg pgn buka usaha IT kecil2an. Thx.

  2. Bisa saja pak, tetapi biasanya client akan lebih banyak dari Jakarta. Jadi mungkin harus siap sering bolak balik Jkt – Bdg.

  3. wahb paaaaaaa mauu banget jadi dosen tapi sarat jadi dosen itu apa sih??????????? pleaase tolong yah pengen nih jadi dosen.

  4. syarat? untuk administratif IPK jangan dibawah 2.75 dan minimal S2.

  5. wah…menarik memang menjadi tenaga pendidik,,dulu waktu masih SMA pernah punya pengalaman menjadi tenaga pengajar les komputer (ceritanya keluarga pernah menyediakan kursus komputer untuk siswa sd-smp di daerah tempat tinggal saya,namun hanya beberapa bulan saja berjalan gara-gara pemasukan macet-he5 jadi curhat-) memang menyenangkan…
    di satu sisi kita harus menghadapi siswa yang cekatan dalam mengikuti les dan di sisi lain juga harus menghadapi siswa yang kurang cekatan…
    yang saya rasa, dari hal itulah kepuasan nikmatnya menjadi seorang pengajar selain yang disebutkan bapak di atas

  6. ^
    itu yang masih saya pelajari. Apa yang saya peroleh dari SMA sampai kuliah adalah kompetisi. Mahasiswa didorong survive, kalau tidak berhasil kelaut aja. Di UPI, dari rekan-rekan dosen saya baru sadar bahwa sebenarnya setiap mahasiswa punya potensi yang bisa dikembangkan, jadi harusnya dibimbing lebih baik. Cuma ya itu, masih sering terbawa gaya lama hehe.

  7. Barusan 2 minggu lalu, sy dpt 2 surat tawaran kerja utk jd Dosen dan jd Peneliti. Setelah berdiskusi dg para senior, akhirnya sy memutuskan utk menjadi dosen insya-Allah, walaupun gaji utk tawaran Peneliti itu sebetulnya 25% lbh gede.

    Knp sy milih jd dosen?

    Karena sy pengen jd Professor.. he he.

  8. ^ bagus pak, kalau semua mau masuk ke industri dan full riset. Mahasiswa kita mau diajar oleh siapa? Jangan sampai oleh golongan sisa-sisa yang niat mengajarpun tidak.

  9. Kalau ada lowongan UPI lagi dipost ya Pak. Terima kasih.

  10. Kenapa mau jadi dosen upi pak?

  11. @vina:
    Alasannya karena jurusan ilkom UPI baru berdiri. Di tempat lain tidak mungkin saya bisa membuat lab sendiri secepat di UPI. Diberi ruangan sendiri yang cukup besar dengan belasan komputer lagi🙂 (posting tentang lab saya: https://yudiwbs.wordpress.com/2008/05/12/lab_basdat_ilkom_upi/)

    Prinsipnya kebebasannya masih tinggi dan kita dapat berperan maksimal karena bentuknya belum stabil. Sama dengan mengapa kita bergabung ke perusahaan yang sedang berkembang vs perusahaan yang sudah stabil.

  12. Setelah berhasil mendeklarasikan diri menjadi Dosen, dan meraih predikat dosen terbaik beberapa bulan lalu… Sekarang kira2 apa nih program 100 hari nya Kaprodi Baru😀
    … Diantosan terobosannya pak …

  13. apa pendapat bapak dengan dosen wanita? sayapengen jadi ibu rumah tangga, tapi disuruh jadi dosen ssama bapak. banyak juga yang ngedukung saya jadi dosen. Tapi ya itu, saya pengen fokus di rumah, (kata beberapa temen sih, kalo cuma jadi ibu rumah tangga bosen). nah, menurut bapak gimana??

  14. “Pekerjaan menurut saya mirip seperti pasangan hidup”, saya setuju pak! Bagi orang yang mengenal saya, pasti paham bahwa saya adalah tipe seorang pemikir yang memiliki ambisi sekaligus memerlukan motivasi untuk berkembang (sifat yang kontras, hehe). Artinya, apa yang saya pilih pasti sudah saya pikirkan secara matang agar siap dengan segala resikonya dan lebih bisa menikmati segala kelebihannya. Keadaan sekitar sangat berpengaruh bagi saya untuk dapat mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Dan lingkungan akademisi, saya yakini bisa membuat seseorang selalu belajar.

    Mengapa ingin menjadi dosen? Pekerjaan ini bisa membuat orang menjadi awet muda,jika benar-benar dinikmati karena memungkinkan untuk berinteraksi dengan banyak orang, dengan karakter yang beragam. Kesimpulannya, ingin awet muda? Tidak juga, itu hanya sedikit dampak positif yang bisa terjadi. Prinsip saya, roda kehidupan selalu berputar. Selama saya memiliki ilmu dan itu bisa berguna bagi orang lain, saya anggap sebuah amalan karena saya juga memerlukan orang lain untuk bisa mendapatkan ilmu itu. Sedikit pengalaman, saya pernah dimintai bantuan oleh adik tingkat yang diberi tugas besar Basis Data oleh bapak sebagai dosennya. Mereka superwoman (sekelompok perempuan semua). Sebagai kakak tingkat yang sudah lulus mata kuliah tersebut saya ajarkan apa yang saya bisa. Waktu itu mereka datang lepas maghrib dan selesainya cukup larut malam. Hampir saya lupa kejadian itu, tapi beberapa kali mereka mengucapkan terima kasih kepada saya walaupun sudah lama sekali bahkan sampai saya diwisuda. Padahal hanya sedikit yang saya lakukan, tapi rasanya bahagia sekali bisa menambah saudara dengan ilmu. Sekarang saya sedang menunggu pengumuman S2, apapun hasilnya pasti Allah punya rencana terbaik untuk jalan hidup saya. (Maaf pak kepanjangan komennya, jadi curhat:-) ).

  15. Terima kasih Pak, artikelnya sangat memberi inspirasi. Kebetulan saya akan mulai bekerja sebagai dosen, dan artikel Bapak memperkuat motivasi atas pilihan saya tersebut. Banyak orang di sekeliling saya yang cukup skeptis dalam memandang pilihan menjadi dosen, mungkin karena yang dilihat hanya sisi finansialnya atau karena sebab lain. Thanks!

  16. pa,,saya pengen banget jadi dosen!!
    .saya masih SMA kelas 1,saya bingung kalau mau jadi dosen harus masuk jurusan apa…??saya minat ke MIPA,,tapi bingung ntarnya ngambil jurusan ap!!!,,tolong kasih tau ya pak…!!!
    .please,,,
    .makasih

    • Coba lihat situs jurusannya, kalau perlu datangi.

  17. mba wida saya jg tdnya pengen jd ibu RT aja sambil buka usaha dr rmh, tp krn “paksaan” mertua yg jg dosen akhirnya saya kecebur dlm dunia akademis, saya enjoy skrg saat ini saya sdg menempuh S2 saya smoga th dpan beres, so for you wida “go on”,dg kuliah ini wawasan saya jd lebih terbuka dan keinginan untuk usaha smkn kuat sbg sambilan.
    Bt P yudi, sy msh ga pede untuk ngajar mata kuliah lain gmn tips nya agar cpt msk ilmunya saya selalu mrs saya mampu walaupun otak saya agak pas2-an mknya saya mau nanya apa cara terbaik untuk secepat mgkn mempelajari mata kuliah yg akan saya ajarkan, dan apa yg hrs saya lakukan jk di tengah pengajaran saya grogi,tlg tips nya ya pak

  18. Pak,sy mw tnya
    Pa klo mw jd dsen hrus ambl ilmu mrni y?bs g low dr fkults kgruan jd dosen?
    Pa klo pngen jd dsen hrus S2?low yg S1 g bs y?
    Truz pa ja sh yg hrus sy lakuin bwt ngewujudin cita2 sy untk jd dosen?sy bru mau msuk kuliah

    • Bukan murni tidaknya, tapi yang penting linear. Jadi kalau S1 tentang ilmu A ya S2-nya juga harus sama dan tentu saja sesuai dengan bidang ilmu prodi yang hendak anda tuju. Untuk jadi dosen sekarang sudah tidak bisa lagi S1 (di PT negeri). Untuk jadi dosen IPK harus tinggi, usahakan minimal 3.00.

  19. salut buat mas yudi yg tidak menyesal jadi dosen… kalau saya dulu senang jadi dosen, setelahnya biasa-biasa saja, sekarang tertekan. Banyak tuntutan tapi dukungannya minim…. masak hanya pingin ngajar pakai power point, laptop harus kredit………

    • Kalau ada niat dan usaha, pasti ada jalan pak🙂
      Banyak yg bilang dosen itu mesin diesel, lama panas. Biasanya dosen mulai stabil setelah mencapai usia 45-an, pengalaman sudah banyak, network sudah luas. Tapi tentu saja sulit untuk kaya raya seperti eksekutif atau pengusaha besar🙂

  20. Ass..
    Pa apakah orang yang sudah di angkat jd PNS di sebuah sekolah negeri dapat menjd dosen tetap ?

  21. terima kasih… ^^

  22. Malam Pa…mau tanya Syarat-syarat detail untuk menjadi Seorang Dosen Itu apa…. Selain IPK yang Minimal 3 dan Pendidikan Minimal S2..? Terimakasih sebelumnya pa….

  23. wah wah… akhirnya ketemu juga orang yang se visi dengan saya… thanks pak.. saat ini saya sedang mengejar cita2 saya tuk jadi dosen seperti bapak.. saya juga lagi melangkah menuju visi yang sama seperti bapak gambarkan di atas,.. trims buat brain storming nya malam ini pak.. sangat menggairahkan dan semakin menggugah minat saya…🙂

  24. like this..🙂

    pengen sih jd dosen,,tp kadang aq mikir (n bwt g enak..hehehe) jd dosen itu hrs siap jd sahabat segudang buku dunk..bnaca baca n baca😦 (ini bneren wajib ya?)
    trus blm lg bhs inggris q y payah….😥

  25. kapan ya,q jadi dosen.pengeeeen banget…

  26. Kenapa klo mau jadi dosen harus S-2 dulu…?

  27. kata teman kerja saya, jadi guru atau dosen itu mengurangi dosa juga… hehe… di kalangan masyarakat pun dihormati karena pendidikan itu punya nilai… selain itu, kalau rajin meneliti bisa dapat dana tak terduga… profesi dosen memang layak diperhitungkan….🙂

  28. Anda adalah seorang praktisi dan juga akademisi, melakukan dan juga mengajarkan. Sepertinya anda telah mematahkan pepatah inggris “those who can’t do, teach; and those who can’t teach, teach gim”

    nyambung gak sih ini?😀

  29. pengen ya jd dosen

  30. adoooo pengen banget jd dosen……tolong kasih syarat2nya donk….

  31. Saya sangat mengapresiasi pengalaman anda.
    Saya jg memiliki impian untuk menjadi dosen. sebenarnya apa saja yg hrs kita siapkan baik sec skill atau pengetahuan berkaitan dg profesi tsb?
    Mohon sharenya ya bapak…timakasih.

  32. apakah meti linier, sir? so far, in my town city there isn’t state of university. jadi apakah di universitas swasta syarat jd dosen tetap linier juga? hatur nuhun sanget sir.

    • Saya tidak tahu ya, kalau swasta sepertinya lebih fleksibel. Jadi tergantung pihak universitasnya.

  33. “Kenikmatan seperti bisa bermain dengan anak di pagi hari, mengantar dan menjemput dia dari sekolah dan les, dan… tidur siang merupakan hal yang saya yakin jarang dimiliki orang yang bekerja di perusahaan lain”..kalimat ini saya menarik buat saya. Trims pak.
    Saat ini saya sudah bekerja sebagai karyawan pada salah satu bank bumn. Tlintas saya bkeinginan menjadi dosen. Sudah terlambatkah atau belum untuk saya yang sudah berusia 30 tahun baru akan melanjutkan pendidikan S2 untuk bekal menjadi dosen?? Dulu saya S1 prodi Agribisnis. Mohon bantuan masukannya pak. Terima kasih.

    • Kalau untuk PNS, setahu saya batasnya 40thn. Juga perlu dilihat target universitasnya mana dan mau mengajar di prodi mana. Sebaiknya survey dulu, mungkin dengan kontak teman-teman lama yang sudah menjadi dosen.

  34. Saya sudah lebih kurang 25 tahun terus kerja diperusahaan swasta di bidang jasa pembinaan petani kopi persiapan sertifikasi kopi organik, Rainforest, Fairtrade dan Utz Cert. dan sekarang umur saya sudah 50 th. Oya dasar pendidikan saya S1. Bapak yth saya sepertinya pengen menjadi dosen, apa ya yang harus saya perbuat

    • Setahu saya pesyaratan dosen sekarang adalah S2 pak. Tapi dengan keahlian bapak di industri tersebut, bisa saja menjadi dosen tamu di matakuliah terkait.

  35. Hadeeewh…saya dulu pernah punya cita2 jadi dosen/pengajar, tp setelah lulus kuliah S1 saya malah dpt kesempatan bekerja di sebuah perusahaan swasta sebagai spv, sdh 5th, dan alhamdulillah sekarang posisi saya sbg manager area. Tiba2 sekarang muncul keinginan saya utk menjadi dosen, tp usia saya saat ini sdh 35th, belum lg ditambah waktu utk melanjutkan kuliah S2,,,bagaimana menurut pendapat bpk, apakah saya masih punya kesempatan utk menjadi dosen?🙂

  36. saya jg pengen jadi dosen nih … hehehe
    pengen kuliah di UPI jg rencananya… doakan saja ya pak🙂

  37. pak saya mau nanya….
    apakah sarjana pendidikan bisa menjadi dosen ?

    trima kasih🙂

    • Bisa, khususnya di LPTK. Tapi tentunya perlu selesai S2 (atau lebih bagus S3) terlebih dulu.

  38. mau nanya pak..klo nilai mata kuliah kita masih ada D, masih bisa ga jd dosen???

    • Bergantung proses penilainnya. Seleksi pertama biasanya dari IPK. Lalu saat wawancara, transkrip nilai juga dilihat, jadi tergantung nilai D-nya matakuliah apa juga.

  39. Saya mahasiswi Pak Yudi, Ilkom angkatan 2006, begitu lulus Desember tahun 2010, saya apply ke beberapa universitas dan sekolah tinggi swasta di kota saya. Alhamdulillah, Januari 2011 saya diterima menjadi dosen “terbang” di salah satu sekolah tinggi.
    Walaupun fee-nya bisa dibilang minim, alhamdulillah saya menikmati dan sekarang saya menjadi dosen di 2 tempat.

    Dan tahun depan saya diminta untuk mengajukan beasiswa s2 oleh kaprodi dan puket.
    Mohon doanya ya pak🙂

    Semoga ada jalan dalam segala niat baik, mumpung masih muda🙂

  40. apakah syarat jdi dosen ipk s1 juga dilihat?bagaimana kalau ipk s1 nya 2,9..trimakasih

    • kalau dosen PNS setahu saya syaratnya 2.75. Tapi sekrang sepertinya yg dilihat IPK S2 saja. Walaupun kalau terlalu kecil bisa terlihat saat wawancara.

  41. waouw membaca blogx mz yudi wibisono membuat hati saya tergugah untuk menjadi dosen sehingga dapat mencerdaskan kehidupan bangsa

  42. salam kenal pak, sy memiliki pengalaman mengajar slm 3th sbg dosen tdk tetap di 2 PTS. profesi sy sbg PNS jabatan dokter umum di puskesmas slm 4th. saat ini sy ingin beralih ke profesi mjd dosen tetap di PTS krn sy mulai menyukai mengajar. sy berniat ingin mengundurkan diri mjd PNS. mohon sarannya pak.

    • Menurut saya tergantung kondisi PTS-nya, apakah stabil? terkadang situasi di PTS bisa tidak nyaman jika ada masalah dengan yayasan pemilik PTS atau ganti kepemimpinan. Tapi kalau itu terjadi dan ibu bisa pindah ke PTS lain ya berarti tidak terlalu masalah. Faktor yang lain apakah ibu tidak ada masalah jika harus sekolah lagi? karena dosen ke depan tidak bisa tidak memang harus S3. Faktor-faktor lain perlu dipikirkan juga (keluarga/finansinal dst). Semoga membantu.

      • penilaian sy kinerja dosen lebih dihargai dibandingkan mjd pns dipuskesmas. bener ngg pak? kerjaan begitu2 aja sehari2, tdk menantang sama skl. sy bosan pak. semoga kedepannya sy bs sekolah S3. sy ingin bs overhang ke kopertis tp kendalanya S2 sy program studi manajemen konsentrasi kesehatan, dimana dikatakan tdk linier dg S1 sy kedokteran. gimana ya pak?

      • Kalau masalah dihargai saya pikir sama bu. Apalagi ada juga dosen yang kacau sehingga bukannya dihargai tapi malah dicela muridnya. Kalau masalah jenuh, memang menurut saya dosen lebih menarik karena lingkungannya juga berubah (mhs ganti, ilmu berkembang). Kalau masalah linearitas maaf saya kurang mengerti untuk bidang kedokteran/kesehatan, saran saya perlu ditanyakan ke dosen senior bidang yang relevan bu. Tapi setahu saya, yang sekarang dianggap linear itu adalah S2 dan S3, bukan S1.

  43. saya pns daerah sementara studi s3 (tugas belajar) sebentar lagi penelitian tahun depan selesai , skarang golongan Iv A sudah 4 tahun, jika ijasah s3 diperoleh bisa ngurus glongan IV B, umur 47 tahun ingin beralih jadi dosen, mohon tanggapanya, tinggal manado sulut

    • setahu saya bisa asal diijinkan pindah dari instansi asal dan ijin diterima dari univ tujuan.

      • Pagi pak,
        Syarat untuk menjadi dosen apa ya pak?
        Kelengkapan cv nya bagaimana?

        Terima kasih.

  44. Pak, saya sekarang sedang bekerja di perusahaan swasta sudah 10 tahun. Ada keinginan untuk menjadi dosen. Yang ingin saya tanyakan, dari info yang saya dapat untuk menjadi dosen pendidikan (S1, S2, S3) harus linier.
    Mohon penjelasan ‘linier’ yang d maksud?, pendidikan S1 saya Teknik Kimia, apakah S2 saya juga harus Teknik Kimia juga?atau cukup fakultasnya saja yang sama, yaitu teknik, misal S2 nya saya ambil Magister Teknik Industri. Apa bisa menjadi doaen?Karena setahu saya S2 tuk Teknik Kimia jarang PTN/PTS yg punya prodi tsb, apalagi tuk kelas karyawan.
    Mohon penjelasannya.
    Terima Kasih
    (Mohon penjelasannya via e-mail juga)

    • setahu saya linear itu yang dilihat S2 dan S3.

      • Sebenarnya klu tdk salah geh pak linear dr s1.krn sy diarahkan demikian oleh dosen saya.
        Untuk topik kenapa harus jadi dosen?menuyt saya dosen ada pekerjaan yg mulia meskipun hasilnya cukup lah buat secentong nasi.hahahahah …… saya dihafapakan 2 pilihan sulit pak disTu sisi harus mengabdi di almanater saya saat s1 (keinginan tp blm ada formasi) dan disuruh wait sampai ada lagi.di sisi lain saya sdh dipinang univ laib dan akan segera diterbitkan nidn. sementara saya sedang s3 sekarang. bagaimana menuut bapak?

      • wah kalau itu sih pertimbangannya sangat personal dan berbeda2 tergantung kondisi. Di prodi kami juga ada kasus spt itu, karena menunggu dan tidak ada formasi, satu calon dosen pindah ke univ lain tapi satunya masih bertahan. Kalau almamater sendiri tidak perlu banyak adaptasi, tapi akan jadi junior. Kalau tempat lain, apalagi baru berkembang, bisa lebih melesat karirnya.

  45. pak,
    saya s1 pendidikan teknik sipil
    ambil s2 teknik sipil murni
    kalau kyak gt, linear gk ya pk?
    Trs bisa jd dosen utk teknik sipil murni tdk ya?
    Terimakasih byk pak..

  46. Bisa tidak ya jadi dosen tapi antara S1dan S2 tidak terlalu linier. Kemudian, syarat menjadi dosen tidak
    tetap itu apa saja ya? Mohon pencerahannya

    • Tergantung syarat di universitasnya.

  47. Dear Pak…nice article…saya sudah hampir 9 thn menjalani profesi sebagai konsultan telekomunikasi …yang saya rasakan hanya ilmu ‘kosong’ dari project ke project yg lain..saya salut dengan profesi pengajar, ilmu nya akan selalu bermanfaat…semoga saya bisa mengikuti jejak bapak, beberapa tahun kedepan🙂

    • Ayo ditunggu hehe. Perguruan tinggi, khususnya prodi engineering sangat membutuhkan dosen yang punya pengalaman industri. Akan beda cara mengajar dosen yang hanya menguasai teori dengan dosen yang pernah terjun langsung.

  48. Slm knal pak ,,, stahun lg klo engk adaa hlngn, gelar s1 akn kuperoleh insyaallah. Smntara saat ini usiaku 27 tahun, ntah knp hasratQ selama kuliah koo” berubah drastis, peengen jadi dosen. Pertnyaan saya kiraa” umur saya akn mnjdi kndala nggak untuk jdi dosen. Kira” yang seumuuran saya msi berpotensi nggak untuk jdi dosen. Mksi Ɣªª pak,,

  49. Assalammualaikum, slam kenal pak,
    apakah untuk menjadi dosen pengalaman organisasi juga menjadi penentunya?

    • Tergantung univ yang menerimanya. Kalau PTN sepertinya kurang berperan, walaupun ini tergantung pewawancaranya juga.

  50. Pak, mau tanya, kalau s1 nya bhs jepang, s2 bhs indonesia, apakah bisa jadi dosen? terimakasih,

  51. Pak,,saya S1 teknik.mau ngambil S2 pendidikan Bahasa Inggris (sekarang saya guru English SMA swasta..Krn Saya punya Diploma English luar negeri)…..Apa saya nanti bermasalah kalo jadi Dosen Bahasa Inggris? …trims mohon penjelasan

  52. Bapak ada beberapa pilihan yang saya agak bingung, mungkin bapak bisa membantu saya. Begini bapak saya saat ini berdomisili dimalang, selanjutnya saya adalah lulusan fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam (PAI) salah satu PTAIS (perguruan tinggi agama islam swasta) yang ada di ponorogo. Lalu rencana mau lanjut s2 di malang antara di pasca UIN Maulana Malik Ibrahim salah satu PTAIN (perguruan tinggi agama islam negeri) di Malang dengan akreditasi institusi kalau tidak salah “B” pada prodi magister pendidikan agama islam (PAI) yang juga akreditasi prodinya “B” dengan pilihan lainnya pasca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) salah satu PTS (perguruan tinggi swasta) dengan akreditasi institusi “A” pada prodi magister ilmu agama islam (IAI) konsentrasi pendidikan islam dengan akreditasi prodinya juga “A”. Menurut saran dan pendapat bapak pasca yang cocok dengan karier akademik dan linieritas jurusan saya, dimana? dan selanjutnya pasca yang cocok buat karier saya menjadi dosen yang mana? apa ada pengaruh antara lulusan pasca negeri dan swasta?
    atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

  53. Saya S2..tp gk minat jd dosen…mending krj di swasta aja..biar byak duit n hidup sejahtera, damai n tentram tanpa pusing kurang duit… soal ilmu yg bermanfaat bisa koq dng ngajarin anak sendiri…

    • ya silahkan.. tidak ada yang maksa kok hehehe

  54. assalamualaikum
    mas, adik saya mau jadi dosen. dosen tentang kesehatan masyarakat ada ga ya?

  55. saya mau nanya kepada bapak, saya guru honorer yang sudah selesai s2 matematika, mau menjadi dosen di daerah saya, tetapi karena saya memiliki nuptk maka universitas tsb menolak saya dengan alasan guru yang memiiki nuptk tidak bisa jadi dosen (jangan rangkap jabatn).apa benar syarat jadi dosen seperti itu?

  56. Pak, apakah benar jika ingin jadi dosen harus memiliki IPK diatas 3,5 dan lulus cepat (3,5 tahun) ? Saya ingin sekali jadi dosen. Tapi saya kesulitan untuk bisa lulus cepat karena saya terlanjur kuliah di dua kampus..

    • setahu saya tidak untuk dosen PNS, tapi kalau swasta tergantung kampusnya.

  57. boleh saya ikut bertanya, saya
    baru lulus S1 kependidikan dn
    berminat untuk mnjadi dosen,
    menurut bpk apakh sy langsung
    lanjut sekolah S2 dulu atau bisa
    coba ikut tes PNS. karena waktu
    pendftran untuk S2 rencananya
    sebelum tes PNS yg dengar2 akan
    diadakn tahun ini sekitar bulan mei
    – juni kalau tdk salah.

    • kalau dosen ya harus s2 kan?

  58. mksdnya sy apakah ikut tes pns untk guru dulu spy tdk melewatkan kesempatan tes pns tahun ini. apakah setelah mndapat sttus PNS itu kesempatan untuk kuliah di s2 untuk naik menjadi dosen todak terhalang akibat SK dlm sttus PNS. mf sy br lulus, banyak hal2 yg masih membingungkn dn sedikit orng yg bisa sy mnta pendapat dan tanya2

    • setahu saya kalau sudah jadi guru akan sulit jadi dosen. Tapi mungkin beda daerah beda aturan.

      • sepertinya sama krn jk sdh jd PNS ada kewajiban yg hrs kt penuhi di bidang tsbt melalui SK yg ada.
        trm kasih ats tmbahan wawasannya pak. sy kuliah S1 pnddikan bahasa Indonesia dn rencananya S2 linguistik. sukses selalu untk bapak

  59. wehh .. bisa dibuat contoh tuh ..:)

    thanks motivasinya , sangat memotivasi ..

  60. Assalamualaikum pak..
    Maaf mau bertanya, jd dosen itu paling sedikit gajinya perbulan berapa? Dan itu tergantung dr matakuliah yg kita ajarkan atau semua sama rata dengan dosen matakuliah yg lainnya? Hehehe maaf pertanyaan seperti itu pak, saya masih kelas 2 SMA:) ada minat untuk menjadi dosen. Dan bagusnya kalau jd dosen itu di PTS atau PTN? Responnya ya pak tolong, terimakasih:)

    • Bagus punya niat mulia, saat Anda nanti jadi dosen (sekitar 7-8 thn lagi ya), mungkin gajinya sudah beda. Sekarang belajar saja dulu sampai S2 atau S3, nanti bisa lihat-lihat sendiri kondisinya. Mudah-mudahan sudah jauh lebih baik.

  61. membaca pengalaman bapak sungguh berkesan, artikel lama namun tetap di di kenang dan menginspirasi semua orang , dari dulu saya ingin menjadi dosen, dengan tekad itu orang tua saya memberikan izin dan mempercayakan saya sekolah lagi, ke program pascasarjana, tanpa jeda waktu ,, (lulus S1 lanjut ke S2) sekarang saya baru semester 3, mohon doa pak, semoga niat saya dan jalan saya di mudahkan amin, sukses untuk bapak Yudi

    • Amin. Semoga cepat lulus ya.

  62. Sip tekat saya jadi bulat pengen jadi dosen, semoga dikabulkan Tuhan

  63. Saya dulu waktu STM ingin jadi dosen Teknologi walau ahirnya saya jadi teknisi dulu kemudian jadi programer seperti admin blog ini. Nah, skrg saya masih pengen banget jadi dosen karena saya suka dengan sains dan penelitian. Programer usaha saya dosen kerjaan saya, tapi gagal. SCIENCE IS POWER

  64. Artikel yang lama tp masih relevan kondisi skrg. Mohon masukannya Mas. Saya 13 thn kerja di perusahaan asing. Trus 2 thn lalu saya resign dan memilih jadi dosen di perguruan tinggi swasta meskipun blum dosen tetap. Umur saya skrg 42 thn. trus Pendidikan S2 saya Manajemen SDM dan saat ini sedang S3 prodi Manajmen SDM juga, insya Allah Akhir tahun 2014 selesai. Jadi yg linier S2 dan S3. Karena S1 saya Teknik. Apakah masih ada peluang jadi Dosen PNS dengan usia 42 mas. Trims

    • Saya tidak tahu batas umur minimal, tapi kalau tidak salah 35 pak.

  65. alhdllh dg artikel bapak dapat memacu semangat saya untuk mnjadi dosen, saya mahasiswa S2 UNDIP, baru smster1, S1 ma S2 saya linier, mudah2n sya nanti bisa seperti bapak, dapat mengamalkan ilmu pengetahuan yg saya miliki dan dpt meningkatan kualitas pendidikan kususnya pada PT indonesia.amin

  66. pak saya guru PNS di sebuah kota , saya sedang kuliah S3 , dan berkeinginan melimpah ke Dosen di salah satu Universitas bisakah saya melimpah jadi dosen makasih

  67. pak, kalo orang yang pernah Drop out dari kuliah pertama (read : s 1). trus kemudian orang tersebut mengulang lagi kuliah S1 nya dan melanjutkan sampai s2. apakah orang tersebut bisa menjadi dosen baik di ptn ataupun pts? thx.

    • nggak pernah ditanya tentang drop out, selama punya ijazah s1 dan s2 kan nggak masalah.

  68. Pak saya sekarang mahasiswa S2 pendidikan ekonomi di Unesa surabaya, saya belum bekerja dan hanya menjadi guru les privat anak SD.. Saya bingung pak, saya dari prodi pendidikan ekonomi ( ekonomi koperasi) namun di setiap informasi yg sy dapat di internet untuk wilayah sidoarjo surabaya peluang utk jd dosen pendidikan ekonomi itu sangat kecil, kebanyakan peluang yg ada adalah pendidikan akuntansi dan manajemen

    • Cari di daerah lain?

  69. Reblogged this on indyindri and commented:
    Saya juga ingin saran dari bapak mengenai menjadi dosen, saya lulusan S1 pendidikan, lulus kuliah saya bekerja di perusahaan swasta, kmudian saya berhenti dan saat ini saya kuliah lg jenjang S1 kembali sebut saja fakultas hukum, rencananya dgn latar belakang saya S1 pendidikan, saya akan mengabdi menjadi Guru, tapi lama2 saya tertarik menjadi dosen. Apa saya bisa menjadi dosen ?
    Lalu menjadi dosen apa ?
    Sedangkang saya kuliah ambil S1 lg, jujur saya senang belajar pak, dan saya jg ingin ilmu saya ini bermanfaat.
    Untuk bisa jadi dosen, saya harus bagaimana ya pak ?
    Terimakasih….. (Indri, 25th)

    • menurut saya harus disesuaikan dengan S1-nya. Bagusnya cari S2 yang linear dengan S1.

  70. Pak, nice article!
    Bagaimana kalau lulusan PTS di s1 dengan ipk yg memadai dan s2 nya PTN. Apakah kira2 bisa jd dosen PNs pak? Terimakasih banyak😀

    • bisa, dosen PNS tidak mewajibkan asal S1 dan S2-nya harus dari PTN.

      • wah, terima kasih banyak pak reply nya. Hanya dengar rumor ni pak, kalau perekrutan dosen PNS kan di PTN yang dituju, right? mmm… di tahap wawancara itu nanti ada yg mmprioritaskan lulusan alumni seperti itukah pak. # semoga ability nya yang dilihat😀

      • Ya benar. Memang saat wawancara alumni sendiri kemungkinan besar diprioritaskan. Tapi proses perekrutan PNS dosen sekarang lebih terpusat. Universitas hanya memberikan skor, keputusan dari kementrian di Jkt. Pastikan skor TPA, bhs Inggris, TKD harus tinggi.

  71. Slm knl pak , bleh Bagi pengalam bpk , awal jadi dosen dr segi ilmu nya, krn sy jg baru memulai jd dosen muda dg umur sy yang 22 tahun n skrg udh 24 mash mngajar bberpa kelas saja , tp merasa masih sgt miskin ilmu , n mmbuat sy sdikit tdk pede apa lg kl mengajar mahasswa yg jauh lbh tua dan ilmu pngalaman nya jauh lbh bnyk dr saya yg masih memulai, n sy jg skrg lg kuliah s3 tp ttap msh skdit ilmu,, gmn tips agar mnjdi dsen yg pede n dpt bnyk ilmu untuk diajar, trims

    • ya tidak ada cara lain selain belajar. Bisa dengan banyak baca, atau banyak diskusi dengan orang lain yg kompeten.

  72. setelah saya baca blog bapak , saya jadi semakin yakin dengan niat dan tujuan saya, disamping jadi dosen keinginan orang tua saya , dosen juga cita-cita saya, pada saat saya duduk bangku SD , guru adalah cita-cita saya, SMP dan SMA juga masih bercita-cita menjadi guru , tapi pada saat saya kuliah S1, saya mencoba kerja prt time , mulai jadi guru privat dan bimbel , sampai jadi kasir di pusat perbelanjaan, pelajaran dan pengalaman itu membuat saya sedikit merasa bosan, sampai pada saat dosen pembimbng skripsi saya memotivasi saya, satu pesan dr dosen pembimbing saya , “jika ingin memjadi tenaga pendidik , mulai dari guru atau dosen , berikan layanan, waktu dan kemampuan terbaik kamu, lakukan dengan ikhlas dan ENJOY ” . dan sekarang saya semangkin yakin dengan keinginan orang tua dan jg cita-cita sy menjadi dosen . sekarang saya baru lulus S1 dan insyaallah bulan juni ini akan melanjutkan S2, terima kasih atas blognya pak ” SUKSES selalu pak ” ^_^”

  73. Assalamualaikum pak…mohon sekali saran dan balasannya, karena saya mahasiswa semeter akhir (8), saat” terakhir menentukan tujuan. Saya mahasiswa teknik. IPK saya tidak bermasalah, tapi kalo mata kuliah hitung”an saya memang kurang menguasai.
    Saya sebenernya pengen jadi dosen, jadi mau lanjut S2. Saya senang sekali belajar maka menjadi dosen adalah peluang satu-satunya. Jadi masalahnya ada pada kemampuan. Terus terang saya belum pernah membuat penelitian dan seperti yg saya bilang tadi, mata kuliah hitung”an saya bisa dibilang agak kurang menguasai (mgkn bisa dikatakan kurang sekali)
    Tapi emang dalam lubuk hati saya, saya pengen belajar dan itu menjadi dosen.
    Apakah bisa saya diterima menjadi dosen? Apakah ada syaratnya? Apakah bisa dengan kemampuan saya yang tidak pernah mengajar dan meniliti menjadi dosen?
    Tapi saya pengen banget jadi dosen…
    Terima kasih, semoga ilmu yang bapak berikan bisa bermanfaat dan sebagai tabungan di akhirat nanti.

    • Lebih baik coba kerja di industri dulu 1 sd 3 tahun sebelum meneruskan ke S2.

  74. Assmlkm pak. maaf saya mau tanya. saya lulusan dr S1 T.Informatika dr slh satu PTN. Nmun setelah lulus, saya terjun ke dunia bisnis dan proyek yang tidak berhubungan dengan dunia informatika. Bahkan saat ini saya ada rencana untuk mengambil S2 di magister manajemen di sebuah PTN untuk menambah ilmu dan pengalaman saya didunia bisnis.
    namun disisi lain, saya memiliki niat untuk menjadi dosen, karena murni niat tulus ingin berbagi ilmu dan mengabdi untuk dunia pendidikan (tidak peduli seberapa besar gajinya).
    pertanyaan saya, apakah dgn latar belakang seperti itu saya bisa menjadi seorang dosen pak? dan menurut bapak, setelah saya mengambil magister manajemen, apakah saya nanti harus mengajar di bidang IT, ataukah di bidang bisnis/manajemen?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas saran dan masukkannya.

    • Tergantung syarat penerimaan di perguruan tingginya. Contoh di ilkom upi, yg diminta adalah s2 if atau s2 ilkom.

      • selamat pagi pak,
        saya berniat jadi dosen dan ingin melanjutkan studi s2. tapi bingung memilih antara MM (akr. A) atau pascasarjana manajemen (akr.B), menurut bapak saya bagusnya ambil yang mana ya? terima kasih atas jawabannya pak..

  75. Pa saya mau nanya. S1 saya Pend. Bahasa Daerah, kalau S2nya ngambil Linguistik, bisa jadi dosen ga Pa?
    Mohon bantuannya. Terimksih

  76. Assalamualaikum wr.wb, Bapak Yudi
    Saat ini saya calon dosen, karena saya senang sekali mengajar, belajar dan berbagi ilmu.
    Tidak lama lagi saya akan ada wawancara untuk calon dosen teknik mesin di slah satu univeristas swasta di jakarta. Biasanya pertanyaan apa saja yg diajukan untuk calon dosen?
    terimakasih

    • Sangat bergantung dengan universitasnya dan karakter jurusannya. Menurut saya seperti wawancara kerja yang lain, jawab saja yang jujur, sehingga kalaupun tidak diterima berarti univ tsb memang tidak sesuai dengan kita.

  77. assalamualaikum.bapak saya bercita2 jd dosen saat s1 lulus nanti.kebetulan saya ingin skli kuliah sllu sampai s3 dan sy berupaya ingin jd professor.namun…tb2 ad yg menawarkan saya utk lerja di skolah swaata jd guru honorer.sementara sblm saya lulus.apa saya masih bisa jd dosen? trims.saya sangat butuh jawabanny

    • Syarat dosen sekarang itu S2, jadi jika anda saat kerja tidak bisa bareng dengan kuliah S2 ya tidak akan bisa jadi dosen.

  78. nice sharing…

  79. Terimakasih sharenya , saya pns sudah selesai s3 , berencana ingin pindah ke univ. Cuman masih bingung aja

  80. Dear Pak Yudi, Yth,

    Saya pernah jadi dosen dulu 10 tahun yang lalu, dan sekarang ingin aktif lagi mengajar serta sekolah.
    Kendalanya adalah saya ternyata sudah punya NIDN/NUP yang untuk pindah home base ternyata cukup membingungkan.

    Mohon sarannya apakah saya perlu memindahkan home base ke salah satu univ di Bogor sesuai domisili saya, atau tetap saja di univ yang lama walaupun lokasinya jauh krn di Jakarta.

    Apa keuntungannya kalau kita punya NUP atau NIDN pak ?

    Thanks.

    • Perlu tanya ke bagian administrasinya. Tapi menurut saya lebih baik diurus pindah homebased. NIDN sangat penting, semua urusan ke dikti sekarang mewajibkan NIDN.

  81. Salam Pak.. saya sudah jadi dosen sejak 3 tahun yg lalu dan dapat NIDN udah 5 bulan, S1 saya akuntansi S2 saya Manajemen SDM, bila ingin melanjutkan ke S3 apakah sebaiknya ngambil akuntansi atau manajemen? agar linear.
    Makasih pak..

    • wah bukan bidang saya menajemen. Lebih baik tanya bagian adminstrasi universitas atau dosen manajemen/akutansi.

  82. Assalamualaikum wr wb.. Bismillah ..
    sebelumnya saya sangat terkesan dengan postingan bapak.. ada beberapa pertanyaan pak yang saya butuhkan pendapat dari bapak..

    saya dari s1 prodi teknik telekomunikasi begitu juga s2 saya. saya memang niat menjadi dosen agar saya bisa belajar terus.. sekarang banyak PTS yang membuka jurusan sistem informasi atau informatika, meskipun kedua prodi tersebut juga mengajarkan dasar2 mata kuliah seperti yang telah diajarakn di prodi saya telkom.

    apakah pak untuk menjadi tenaga kerja edukatif (dosen tetap) harus linier maksudnya diusahakan cari prodi telkom jugakah pak? atau bisa juga dengan mengajar jur. teknik informatika ? mengingat untuk perjalanan karir ke depan pak, (dosen harus linier?)

    hal ini berkaitan dengan saya pak, saya masih ingin mengjar tapi sayngnya cpns dibuka baru tahun depan, saya ingin mencari pengalaman terjun langsung mengajar ke PTS (peluang smntara ini di PTS dengan jur T. Informatika) dengan kondisi yang telah saya paparkan di atas..

    terimaksh sebelumnya
    warmest salam

    • Bagusnya masuk ke jurusan yang sama dengan S1. Karena S1 yang menjadi dasar. Kalaupun di luar telkom, sepertinya lebih nyambung ke elektro dibandingkan informatika.

      • Selamat sore pak,
        Mohon maaf saya mau tanya saya sudah umur 30 tahun , sejak lulus SMA saya tidak terketuk untuk kuliah tapi setelah masuk dunia kerja di salah satu perusahaan dengan kuliah cepat untuk kenaikan jabatan & gaji juga skarang saya kuliah, apakah saya telat dengan umur saya yg sudah 30 thun untuk bercita cita menjadi dosen?? saya senag melihat cara dosen mengajar setelah saya kuliah,,mohon pencerahanya
        Terimakasih pak

      • Kalau untuk dosen PNS memang ada batasan waktu (coba dicek aturannya), tapi kalau untuk swasta kan bebas, yang penting sudah beres S2.

  83. Pak kayaknya sya jg tertarik dengan menjadi dosen, banyak tawaran dr PT diluar jayapura tp sya tolak pak dengan gaji yg cukup menggiurkan, tp sya lebih mementingkan untuk lanjud S2 ku dgn bisnis kecil”an untuk bisa mengajar di sebuah univ yg sdah ditawarkan,, menurut bapak bagaimana keputusan saya apakah baik untuk kedepannya atau bagaimana pak?

    • Keputusan seperti ini adalah keputusan besar yang hanya anda sendiri yang bisa menjawab. Setiap orang punya prioritas dan kondisi berbeda-beda.

      • bekerja di industri hospitality pernah…industri manufaktur pernah. gaji gede emang…tapi jiwa kosong. tak terasa hampir 12 tahun jadi guru… semua jenjang baik sd smp sma smk sudah terlewati…serifikat pendidik, nuptk dan nrg sudah ada. ada sesuatu yg kurang menantang diri di pendidikan dasar dan menengah. sudah bulat tekad tahun akademik 2016/2017 study lanjut pendidikan bahasa inggris pps unnes. jam terbang tinggi pengalaman mengajar di jenjang dikdas dan dikmen membuat mata dan hati terbuka bulat tekad S2 harus tercapai. S1 dulu Sastra Inggris terus lanjut akta 4 trus dapet panggilan kemendiknas buat plpg bahasa inggrid guru dalam jabatan di yogya. pingin berbagi ilmu yang bermanfaat. keinginan mengajar di akademi / sekolah tinggi pariwisata menjadi impian. jangan galau jadi pendidik… cari ilmu dan tantang diri kita jadi dosen. amin tuhan maha mendengar.

  84. sekedar berbagi….buat yg udah mengajar…punya nuptk…punya nrg….klo mo jadi dosen asal udah s2 … sebaiknya serumpun jurusannya….pergurun tinggi akan meminta kita untuk memilih jadi guru ato dosen. klo jadi dosen maka konsekuensi nuptk dan nrg yg melekat dalam jabatan guru harus di korbankan agar tidak dobel tunjangan. sebagai gantinya jika kita mantab jadi dosen pastilah pihak kampus yang menampung kita bakal urusin nidn. maju terus dan terus semangat…pts usia gak masalah…asal jam terbang tinggi searah dunia pendidikan dan kompetensi kita unggul…yakin lah hidup tetap akan hidup.

  85. Pak saya saya mau tanya saya sedang mengambil S2 dengan prodi ilmu komputer dengan konsentrasi sistem informasi,,saya S1 lulusan teknik informatika, apakah itu linier,, saya berniat menjadi dosen, tapi saya sadar saya bukan orang yang pintar yg saya punya cuma niat dan semangat menjadi dosen,apakah dosen itu harus benar benar orang yang pintar,,

    • Ilkom dan informatika linear kok. Tidak harus pintar, tapi jangan sampai jadi dosen karena tidak ada pilihan profesi lain (jadi profesi buangan).

  86. Bapak Yudi,

    saya ingin berdiskusi dan saya telah mengirim e-mail kepada alamat e-mail yang tercantukm di profile Bapak.

    Terima kasih banyak.

    • ok sudah saya reply.

  87. Assalamualaikum pak yudi,…saya pernah jadi asisten dosen bidan informatika, ditempat kuliah saya dulu, walaupun sebentar…saya lulusan mgt informatika jaman dulu, Sarjan muda, kemudian bekerja di sebuah lembaga logistik pangan nasional menjadi programmer komputer, sambil melanjutkan kuliah S1 di swasta (manajemen keuangan), mutasi kerja ke bandung, melanjutkan kuliah S2 Magister Akuntansi di Unpad, alhamdulillah lulus dengan kehormatan walaupun sambil bekerja dan mengurus keluarga, sejak th 2013 saya mutasi kerja ke Jakarta / kantor pusat dan menduduki posisi jenjang 2, sepanjang karir kerja saya lebih banyak dibidang IT, saat inipun sebagai kepala bidang insfrastruktur / dukungan Teknologi, walaupun pernah ditempatkan di bidang operasional perusahaan dan akuntansi selama beberapa tahun saja.
    beberapa tahun lagi saya akan pensiun, namun ingin tetap mempunyai kegiatan dan ingin melanjutkan cita-cita awal saya, menjadi dosen.., bisakah saya melamar menajdi dosen? dosen tidak tetap barangkali ? mohon infonya, terima kasih.

    Wass,

    • Bagus sekali sebenarnya orang dari industri mau kembali ke kampus. Tapi biasanya yg dilihat adalah ijazah S2 dan ada batasan umur, walaupun mungkin ada beberapa kampus yang lebih fleksibel. Saya pikir dicoba saja.

  88. memang setahu saya dosen itu harus s2 untuk saat ini…. tapi ada yang bilang lulusan s1 bisa jadi dosen untuk mahasiswa d3.. apakah benar pa? oiya saya juga sdh lulus kuliah profesi dan sedang menjalani s2 tp masih semester 3… apakah bisa mengajar jadi dosen pa?

  89. Saya s1 Adm. Niaga/Bisnis , saya sedang bekerja di dunia perbankan bagian lending. Saya berniat jadi dosen, dan sedang menunggu bulan juni 2016 ini masuk Pascasarjana jurusan manajemen IPB. meurut bapak, apakah saya bisa menjadi dosen dengan jurusan saya berbeda s1 dengan s2 ? Jurusan Manajemen apa yang tepat buat saya? Mohon pencerahannya pak. Terimakasih…

  90. pak, saya sudah s2 di itb, tapi ipk saya hanya 3.00, apakah itu sulit untuk menjadi dosen?

  91. Pak saya bru klas 3 sma pengen kuliah pendidkn kimia trus stelah s1 sambil ngajar jdi guru sambil s2 bisa gak y jdi dosen??

    • Yang penting adalah masuk ke program studi yang paling anda minati dan kalau bisa program studi dari universitas terbaik. Setelah itu lihat-lihat dulu.

      • Assalamualaikum,, Pak sy mau nanya apakah benar ada aturan bahwa lulusan S.2 swasta tidak bisa mngajar di PTN Pak..?? terima kasih sebelumnya Pak..

      • tidak ada, tapi memang biasanya mereka memprioritaskan lulusannya sendiri.

  92. Betul-betul memotivasi artike bapa ini, saya jadi tertarik. Saya berasal dari jurusan teknologi pendidikan upi pak tapi ingin menjadi dosen jurusan lain seperti ilkom yg disiplin ilmunya saya kira ada kemiripan. Jika jurusan saya lebih ke basic tik nya belum terlalu rinci pembahasan tik nya sedangkan ilkom yg saya tau secara umum lebih rinci pembahasan tik nya. Jadi yg saya tanyakan, apakah saya dapat menjadi dosen di jurusan lain selain jurusan saya? Dan langkah apa yg dapat saya tempuh untuk menjadi dosen yg sukses?
    Terimakasih sebelumnya

    • Seingat saya kalau sekarang linearitas antara S1-S2 memang jadi syarat pendaftaran.

  93. Pak saya sedang kuliah s2 akuntansi. Cita-cita menjadi dosen akuntansi karena dari SMA saya pernah membuka les anak SD di rumah. Saya senang mengajar, selain ilmu ekonomi saya juga suka filsafat dan sastra. s1 saya juga akuntansi jadi saya linier. saat ini masih bekerja sebagai kepala produksi di salah satu perusahaan swasta di jakarta. kira-kira pak, masih adakah universitas yang menerima lowongan dosen tidak tetap. Saya mau mengajar bukan untuk cari uang, tapi selingan untuk hobby. disamping untuk menambah ilmu, melahap pengetahuan baru, interaksi sosial dengan mahasiswa, saya punya cita-cita ingin sekolah s3. Lumayan kan di keluarga saya blm ada yang sekolah s3. hehehe.

    • Bagus itu, kalau menurut saya asal sudah lulus S2 harusnya ada univ yg mau (khususnya univ swasta).

    • pak aan….S2 Akuntansi dari manakah?
      bisa minta contact person nya. trims

  94. trims atas sharingnya,berguna sekali.karena saya sedang mempersiapkan untuk jd dosen.bisa minta emailnya dengan nge reply email sy: maulanareza282@gmail.com terima kasih

    • Di page “tentang blog ini” ada info email saya.

  95. Saya usia 30 tahun, selama ini kerjanya nomaden, kadang jadi wirausaha, kadang jadi kepala admin, kadang jadi staff biasa. Saya lulusan S1 pak, IPK juga pas – pasan. Apakah bisa menjadi dosen Pak? Terima kasih informasinya Pak.

  96. Hello Mas, Saya Herlinda. Baca artikel mas menarik perhatian saya karena saya tertarik menjadi dosen. saya bekerja di Dubai UAE saat ini dibagian Sumber Daya Manusia (Human resources) tapi saya memiliki keinginan jika sudah kembali ke indonesia ingin menjadi dosen. bisa bagi bagi sarannya mas, makasih.

    • Minimal S2 (lebih bagus S3), dan S1-S2 linear.

  97. Mau tanya, syarat menjadi dosen kan S2? Tapi kalau saya ingin daftar PNS setelah lulus S1 itu bagaimana? Kan ada kategori CPNS Guru dan CPNS Dosen. Kalau saya memilih CPNS guru ada kemungkinan masih bisa menjadi dosen atau tidak? Terima kasih

    • Setahu saya tidak bisa. Kalaupun bisa, pasti ribet, harus pindah instansi antar dua kementerian.


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

