Review Asuransi Kendaraan Allianz

28 August 2008 at 08:56 | Posted in Uncategorized | 15 Comments

Ini bermula dari mobil saya yang menabrak trotoar dan mengalamai kerusakan lumayan parah.  Untungnya saya ikut asuransi all risk dari Allianz, jadi saya berencana untuk memanfaatkannya.

Masalahnya, saat polis Allianz datang via pos sekitar bulan Jan  08, ada kesalahan satu digit di nomor mesin yang tertulis di polis. Khawatir dengan masalah ini saya minta tolong kepada sales mobil (yang waktu itu kebetulan datang) untuk mengurus hal ini.  Sekitar sebulan kemudian saat saya kontak sales tersebut, dia mengatakan sudah diurus dan harusnya sudah dikirim via pos oleh Allianz.  Sayangnya sampai sekarang polis itu belum datang juga.

Hmm,  sepertinya harus diurus sendiri pikir saya. Ya sudah, mulai mencari telepon yang bisa dihubungi. Sialnya nomor kontak pihak Allianz yang diberikan oleh pihak bank ternyata hilang😦 , akhirnya coba mengontak nomor Allianz Bandung.. tidak diangkat. OK, ke internet, googling, oh ternyata cabang Bandung sudah pindah, telp lagi, tidak diangkat.  Ya sudah, kontak call centre Jakarta. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya saya diberikan nomor dan nama yang harus dihubungi di Bandung. Setelah saya hubungi, ternyata di database mereka nomor mesin saya masih tetap salah.  Wah apa sales itu belum mengurus ya?  Setelah bicara bahwa niat saya ingin mengajukan klaim, saya diminta untuk menelpon ke bagian klaim saja, tidak perlu menunggu nomor mesin yang salah itu diperbaiki terlebih dulu.

Sekarang kontak bagian klaim, tadinya saya diminta datang ke kantor mereka di Bandung terlebih dulu, tetapi untungnya kemudian dia mengajurkan untuk membawa saja ke langsung bengkel. Tidak perlu bawa lembar polis, cukup nomor polisnya  saja , katanya mudah-mudahan polisnya selesai diperbaiki setelah mobil selesai. Setelah saya bawa mobil ke bengkel Otto Cemerlang, ternyata semua lancar, walaupun mobil harus diinapkan selama dua minggu.

Sementara itu, sales saya mengontak lagi, katanya dia sekarang mengurus dan dia sendiri yang akan mengambil (tidak dikirim via pos). Ya saya tunggu saja deh.  — update 2 sep 08 —  Sudah diurus oleh dia dan perbaikannya diantar langsung ke rumah, nah itu baru support yang bagus :-)  —

Kesimpulannya:

  • Nomor mesin dan nomor rangka pada polis sepertinya tidak terlalu penting. Berbeda dengan di STNK.
  • Sistem klaim di Allianz  menurut saya sudah bagus, cepat dan praktis (nanti saya update setelah urusan bengkel selesai, apa saat mengambil mobil juga sepraktis seperti memasukkan mobil)
  • Seharusnya pihak Allianz memiliki mekanisme yang lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan data di polis,  atau sekalian saja disampaikan bahwa itu tidak perlu diperbaiki. Saat di telpon terasa mereka seperti bingung harus menanganinya seperti apa (tidak ada SOP-nya?). Karena mereka memiliki copy STNK, memperbaiki kesalahan nomor mesin dan rangka harusnya mudah dan dapat dilakukan via telepon oleh client.  Client memberitahu, cek copy STNK, diperbaiki di database, dicetak, kirim.

15 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. untunglah, tidak serumit asuransi lainnya. apalagi kesehatan yang daftar penyakit tidak tertanggungnya banyak banget

  2. iya, tapi pengalaman saya dengan asurasni kesehatan malah lebih simple, nanti saya buat postingnya deh.

  3. Saya barusan baca di Media Indonesia http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NDI2ODU=#. Belakangan Allianz merugi yah, aman gak yah beli asuransi jiwa di allianz ??

  4. Saya tidak tahu, AIG saja sampai harus dibailout dengan ratusan milyar dolar oleh pemerintah US (kalau tidak, jelas bankrut). Jadi kemungkinan itu menurut saya ada.

  5. Pengalam saya dengan Allianz gak sama. Pada waktu ngeklaim memang gampang tapi waktu mobil dimasukin ke bengkel itu yang lamanya minta ampun. Dari janji seminggu bisa sebulan di bengkel (Yuspeed Surabaya). Dan nggak semua yang diklaim dikerjakan. Alasan bengkel nggak ada SPK-lah. Sebel nggak sih! Mesti adu urat saraf dengan pihak asuransi baru dikerjakan. Itupun hasilnya nggak bagus-bagus amat, standard malah belang! Dari bengkel cuma bisa bilang : kemampuan cuma segitu aja! Sudah gitu klaim nggak pernah sampai tuntas selesai contoh : ban nggak langsung diganti, alasan lagi kosong. Payah Allianz!

  6. ^
    Kalau masalah lama memang sama, jadi molor 3 minggu🙂 Sampai AC mobil jadi bau.

    Kalau saya malah yang dikerjakan kebanyakan, bemper depan dan belakang ikut dikerjakan (memang ada bekas baret2). Jadi masuk dua kejadian deh.

    Hasil pengerjaan di Otto Cemerlang, untuk bemper dan pintu bagus, benar-benar seperti baru. Tapi untuk bagian bawah pintu, karena dikerjan manual dengan cat semprot tangan memang tidak terlalu rapi.

  7. Dear all,

    Aku ada niat untuk mengasuransikan beberapa unit kendaraan industri di perisahaan tempat aku bekerja, dan untuk saat ini kami sudah sangat dekat untuk deal dengan pihak Allianz namun ada sedikit kabar yang kurang mengenakan bahwa Allianz beberapa tahun belakangan asuransinya kurang sehat secara keuangan, jujur saja aku cukup kaget, memang aku bukan dari background orang yang paham dunia asuransi tetapi setau aku Allianz merupakan asuransi yang cukup besar dan bonafit, so aku mohon pencerahan dari teman teman sekalian ya, thx in advance

  8. menurut saya allianz juga aga payah…apa mgkn karena alianz sby yg kurang bonafit ya?aku juga klaim mobil ke allianz, masa bayar OR nya itu menurut material yg ditabrak bukan kejadiannya..pdhl asuransi seharusnya kan byr OR nya menurut kejadian kan?tau ah allianz..pokoknya habis setaun aku pindah garda oto aja…

  9. menurut saya allianz juga amat parah,buktinya sampai sekarang mobil sodaraku sdh 3 bulansejak kejadian kecelakaan sampai sekarang belum ada spk untuk pengerjaannya,padahal mobil tsbsudah ada di bengkel,

  10. http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/12854
    KOMPAS.com
    Surat Pembaca
    Garda Oto
    Mutu Bengkel Garda Oto Buruk
    Jumat, 19 Maret 2010 | 11:42 WIB

    Mobil saya F141****yang ada baret karena terserempet motor kami klaim ke bengkel pusat Garda Oto di TB Simatupang, hasil pengerjaan sangat mengecewakan. Dari spk yang berkaitan dengan pengerjaan 5 panel, ternyata dikerjakan dengan sistem sambungan/cat tidak per panel. Hanya tambal sulam, bekas bagian yang didempul berbekas seperti pulau dan bagian roof yang tidak diklaim terkena seprotan cat

    Setelah dikomplain, mobil dijemput untuk dikerjakan ulang tetapi bagian yang dicomplain tetap tidak dikerjakan, tetap sistem sambungan. Bahkan pada pengerjaan pintu, list kaca pintu tidak dilepas, sehingga terkesan pengerjaan asal.

    Pertanyaan saya:

    1. Bagaimana Garda Oto mempertahankan diri sebagai asuransi terbaik jika mutu pengerjaan di bengkel pusat saja kurang baik?

    2. Saat membeli secara kredit asuransi default adalah Garda Oto , apakah jika mutu bengkel buruk tidak bisa dibatalkan saja? Ganti asuransi lain yang rata-rata lebih baik (walau alat-alat bengkel di Garda Oto pusat sangat lengkap dan canggih)?

    3. Saya mengajukan komplain kedua dan diminta untuk membawa mobil ke kantor pusat lagi. Padahal pada awal klaim saya suah mengeluarkan biaya besar untuk taksi pulang dan sewa mobil saat ambil mobil tersebut. Jika komplain tidak kunjung selesai karena mutu yang buruk apakah saya harus setiap saat bolak balik ke Garda Oto, sehingga terkesan saya harus berjuang keras mendapatkan hak saya untuk mobil dikerjakan dengan baik?

    4. Saat diajukam pengerjaan ulang di bengkel langganan saya yang mutu pengerjaannya saya akui baik, ternyata ada persyaratan bahwa jika ada selisih biaya maka itu menjadi tanggungan saya. Wah artinya biaya perbaikan di Garda Oto sangat rendah/ kecil, sehingga saya harus menanggung selisihnya, tidak ada bengkel rekanan yang bagus yang mau melayani Garda Oto

    5. Mohon Garda Oto memperhatikan mutu pengerjaan bengkel, jangan membuat pemilik mobil repot dengan mengantarkan mobil. Dan mutu pengerjaan yang buruk sehinga harus berulang kali komplain. Biaya ke bengkel rekanan mohon dinaikkan sehingga nama Garda Oto di bengkel rekanan bisa baik. Perlu diketahui bahwa bengkel rekanan di tangerang menurut kantor garda di ITC BSD hanya ada 1 di Tangerang

    6. Akhirnya, kapan mobil saya bisa kembali seperti semula dengan mutu cat baik? Barusan saya terima telepon dari bengkel langganan saya bahwa mereka tidak mau terima operan dari bengkel asuransi lain.

    Melalui surat terbuka ini saya minta pengembalian premi yang telah dibayarkan Rp 10 juta lebih yang hanya berujung kekecewaan atas nama besar Garda Oto.

    Citra Raya,Tangerang
    Dibaca 2048 Kali
    http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/12854

    • Baiknya pilih asuransi yg bengkel rekanannya adalah bengkel resmi mobil anda. Kebetulan saya pake aca. Gampang2 aja tuh proses klaimnya, paling diminta kartu identitas, copy polis, trus isi formulir. Beres deh

  11. Kebetulan saya adalah salah satu claim di salah satu asuransi lokal.

    Sebenarnya memang proses salah input nomor sering terjadi (namanya juga manusia) tetapi saat klaim maka biasanya akan dikeluarkan yang disebut endorsement ato pengubahan data pada polis asuransi.

    yang perlu dicatat adalah kejadian dilihat dari berapa kali sentuhan pada mobil dalam hubungan waktu.

    own risk 150 rb yang dibayarkan pihak tertanggung (org yg mengasuransikan mobil) tidak pernah sebanding dengan biaya perbaikan bengkel yang rata-rata costnya 4-10 juta.

    Mengenai bengkel, memang dibutuhkan KOMUNIKASI dari client kepada asuransi bila bengkel tidak memuaskan. Contohnya kayaknya bengkel di surabaya yang disebutkan atas bengkel tersebut memang sudah dikenal suka memakai salvage asuransi yang tidak diambil sebagai sparepart dan memakai cat kualitas rendah yang akhirnya membuat client tidak puas dan menyalahkan asuransi.

    Seandainya KOMUNIKASI ini berjalan maka pihak asuransi akan memberi teguran secara INTERNAL kepada bengkel tersebut karena bagaimana pun yang client adalah pihak tertanggung dan bengkel HANYA rekan saja.

    ASURANSI SELALU MEMBAYAR FULL PANEL UNTUK MENCEGAH BELANG-BELANG. APABILA BENGKEL TERSEBUT HANYA MENGECAT SEDIKIT MAKA HAL ITU BERARTI PENIPUAN/PENCURIAN!!!!!!!!!

    PASTIKAN SELALU MASUK !!!!! DI BENGKEL AUTHORIZED dan BUKAN DI BENGKEL YANG TAK JELAS SEPERTI BENGKEL DI SURABAYA TERSEBUT.

  12. minta recomenya donk untuk asuransi2 yang pakai bengkel resmi.

  13. Selamet Siang saya mau berbagi informasi ke semua orang hati hati dalam memilih asuransi , mobil saya Kijang Innova B 1480 UKZ di tabrak oleh BMW yang di asuransikan di Allianz. Sudah di survey dan saya kontak ke bengkel anugrahsentosa bahwa spare part belum datang dari asuransi Allianz sudah 1 minggu lebih belum jelas, saya tanya ke asuransi Allianz juga belum di acc katanya kurang dokumen padahal dokumen sudah di kirim tapi claim belum jelas. sampai kapan saya menunggu karena posisi saya dari sisi TPL. Saya jadi Bingung. kira kira kapan ya masalah ini dapat terselesaikan. mudah mudahan ini berguna bagi semua orang baik yang punya asuransi. Pilih asuransi yang lebih credibel & bonafit.

  14. selama ini saya belum pernah coba asuransi mobil Allianz. namun kata teman saya lumayan bagus karena istrinya bekerja di asuransi tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: