Web GIS Gratisan

23 August 2008 at 23:28 | Posted in Uncategorized | 8 Comments

Saya membutuhkan GIS berbasis web untuk proyek disebuah departemen. Masalahnya, proyek GIS terakhir saya adalah sewaktu saya masih mahasiswa S1 sekitar 10 tahun lalu. Waktu itu saya menggunakan Delphi + MapInfo.  Jadi jelas ingatan saya terhadap teknologi ini sudah samar-samar dan ketinggalan jaman🙂

Daripada membebani departemen tersebut dengan lisensi software yang mahal, saya mencoba mencari alternatif GIS berbasis web yang gratis dan kalau bisa open source.  Anehnya (atau sebalnya) setelah googling, kok tidak ketemu ya?  Ternyata istilah yang lebih sering digunakan sepertinya “web mapping”.

Akhirnya saya mendapat informasi yang bagus di http://www.osgeo.org/

Di situs ini dibahas beberapa alternatif web mapping open source (saya sendiri belum coba)

http://openlayers.org/
http://www.mapbender.org/ –> demonya paling cepat
http://mapserver.gis.umn.edu/
http://mapguide.osgeo.org/
http://communitymapbuilder.osgeo.org/ –> tidak dilanjutkan lagi pengembangannya
http://www.deegree.org/

Sayangnya berbadasarkan pengamatan singkat, semuanya berbasis raster dengan AJAX.  Kelemahan model ini adalah membutuhkan bandwidth besar, dan saya tidak suka Javascript.  Oleh karena itu saya sedang mempertimbangkan membuat sendiri GIS berbasis Flash.  Lagipula sistem yang akan dikembangkan tidak membutuhkan lokasi yang eksak sekali. Cukup bisa melihat propinsi -> kabupaten/kota -> kecamatan, dan titik-titik lokasi objek sudah cukup (inipun memang tidak ada koordinat buminya, hanya kira-kira). Layer juga tidak butuh terlalu banyak.  Nilai tambahnya justru di sistem informasi eksekutif yang diintegrasikan dengan GIS ini  (chart, laporan agregat).  Dengan Flash sepertinya dapat digabungkan dengan lebih halus.

Hmm.. bersambung..  (belum menentukan pilihan soalnya🙂 )

8 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalo yang PHP base and database mysql ada tidak sourcenya (untuk aplikasi GIS nya)?????

  2. @kyo, tidak tahu ya. Tapi kalaupun ada pasti modelnya berbasis gambar raster. Foto peta dipecah-pecah lalu diletakkan seperti tegel di lantai.

  3. saya lagi binggung untuk mempromosikan diri dan produk saya, saya sedang mencari situs yang menawarkan membuat web gratis, maklumlah dijaman krisis ini dana cekak sedangkan kebutuhan semakin tinggi.
    bisa donk bantu kesulitan saya, semoga dirubrik ini saya diberi informasi yang jelas dan membantu.
    terima kasih yaaaa

  4. ^
    situs yang membuat web gratis? kalau membuatkan saya pikir tidak ada, kecuali anda minta tolong teman/saudara yang mau mengerjakan itu dengan gratis.

    Kalau tempat hosting gratis, itu banyak. Sebagian ada yang menambahkan iklan di halaman web anda. Tapi menurut saya, sekarang ada hosting yang 10 ribu sebulan, jadi sangat terjangkau. Kalau menggunakan web gratisan, kurang bonafide menurut saya.

  5. saya mau buat gis untuk program skripsi, mau tanya sofeware untuk membuat gis yang free itu apa? klo bisa yang open source…
    thx ya…

  6. Gimana pak sudah ada pilihan aplikasi yg akan digunakan, dan apa yg terbaik ?

    • Akhirnya buat sendiri dengan Flash. Soalnya tidak perlu koordinat detil, sekedar memvisualisasikan chart.

  7. kalo mau coba yg basis flash, mungkin boleh melirik statplanet pak. cukup banyak yg pakai😀


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

