Lab. Basisdata Ilkom UPI

12 May 2008 at 23:38 | Posted in kuliah | 14 Comments

Setelah setahun cuma memiliki nama, dosen dan asisten, alhamdullilah akhirnya hari ini kami punya ruangan beserta komputer🙂

Kami memperoleh ruangan seluas 4×6 meter di gedung perpustakaan Lantai 4 dan komputer baru sebanyak tiga buah. Lab ini memang bukan untuk praktikum kuliah, melainkan tempat riset dan tempat asisten+dosen basisdata “bermarkas” (kesannya perang nih). Jumlah komputer memang sedang diusahakan ditambah lagi. –update 23 sep 08 — sekarang sudah 5 komputer, dan akan ditambah menjadi 10 di semester ini –

Kemungkinan saya akan lebih banyak duduk disini dibandingkan ruangan lama saya di gedung FPMIPA. Soalnya internetnya lebih cepat sih🙂 Ditambah lagi di ruangan ini saya hanya sendiri beserta para asisten kuliah, jadi lebih bebas.

Hari ini kami berbenah ruangan, kursi dipindahkan (dulunya ruangan ini bekas ruang kuliah), lantai disedot dan dipel, komputer dipasang. Setelah itu makan-makan sambil diskusi mengenai apa yang akan kita lakukan ke depan. Tentu saja masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dari lab ini, nanti pelan-pelan akan kita lengkapi.

Ket foto:

Baru ada meja untuk saya dan tiga komputer.
lab basdat

Para asisten sibuk menyiapkan komputer.
lab basdat

Belum punya meja rapat, jadi manfaatkan saja yang ada. Enam meja komputer kecil digabung, jadilah meja besar darurat🙂
meja darurat

— update 9 Nov 08 —
Lab ternyata harus pindah ke gedung FPOK lama (sekarang disebut gedung Ilkom). Walaupun awalnya segan, tapi ternyata setelah saya lihat, saya langsung tertarik dengan potensi gedung ini.  Berbeda dengan perpustakaan lantai 4, semua ruangan di gedung ini punya akses ke luar (cahaya+udara). Ilkom juga secara eksklusif mendapat seluruh gedung ini,  kita diberi kebebasan untuk mengelola gedung ini walaupun kadang-kadang masih digunakan oleh pihak fakultas.  Sisi positif lain, ruangan cukup banyak, hanya dua lantai (tidak tergantung lift), parkir relatif luas, dan banyak pohon di depan gedung. Yang harus dilakukan adalah mengecat, memperbaiki wc dan beberapa bagian dari lantai yang pecah-pecah.

Saat ini kami sudah mendapat ruangan dan 6 komputer baru. Perpindahan ke lab baru tinggal menunggu pemasangan teralis dan perbaikan instalasi listrik. Foto dibawah adalah foto lab basdat di lokasi baru. Lebih nyaman ( jendela ke luar) dan lebih luas :-)  Akses internet untuk sementara (sebelum ada koneksi internet dari UPI) akan menggunakan Broom IM2.  Ternyata ada sinyal HSDPA di UPI sehingga kecepatannya cukup baik.

Kami juga telah menerima empat asisten baru dari angkatan 2006,  selamat bergabung🙂

Update 31 Jan 08: Lab di tempat baru sudah full operasional

sisi kiri lab (dari pintu masuk)

sisi kiri lab (dari pintu masuk)

Meja kerja saya sekarang, termasuk ada kasur udara untuk tidur siang sebentar🙂

meja kerja saya

update Mar 2010:
Setelah direnovasi, jumlah PC lab dikurangi menjadi 6  (diberikan ke lab umum), dan ditambah meja rapat. Ada dua dosen baru di lab ini, Pak Jajang dan Bu Rani.

Lab Basdat Ilkom UPI Feb 2010

14 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. alhamdulillah udah dapet lab di perpus…

    tapi,,,
    sayang ya…
    udah dapet tempat yang cukup layak di perpus, kita malah dipindah ke FPOK lama…

    sebagai keluarga ilkom, turut sedih…

    jadi nanti 2007 praktikum basdat dmn pa?

  2. Yang dipindah ruang kelas aja kok. Lab sih tetap (mudah-mudahan), kalau dipindah juga, mungkin kita demo saja🙂

    Praktikum basdat akan menggunakan lab umum, lab basdat kan komputernya sedikit.

  3. Jadi kira” lab ilkom smuanya ada berapa pa’ yang buat praktek anak” ilkom?
    ada ACnya ga pa’?hehehehe….

  4. Lumayan banyak juga, ini seingat saya ya, soalnya saya tidak memberika praktikum sendiri. Di gedung FPMIPA ada dua lab besar. Setahu saya itu sudah menggunakan AC. Sedangkan di perpustakaan ada beberapa lab sedang dan kecil. Jumlah pastinya nanti saya tanyakan dulu.

    Saya pikir ini cukup bagus untuk prodi yang baru 3 tahun berdiri.

  5. lab di FPMIPA ga jadi di pindah ya Pa’?
    tapi saya dengar” katanya mau dipindah….

  6. Lab di FPMIPA seharusnya sih tidak (dan memang tidak ada kabar untuk itu). Mungkin pindah setelah kita punya gedung sendiri ya🙂

  7. ow gitu…
    syukur deeh..

    oya pa,,
    untuk tugas yg database rumah sakit itu,,
    sama administrasi keuangannya juga?
    termasuk pasien yang masih hutang, dll, dengan sistem perhitungannya juga?

    kira2 untuk bahan wawancara ke rumah sakit,
    informasi yang dibuthkan apa saja ya?

    biar tergambar…

    nuhun…

  8. ooo…..

    maksudnya gedung FPOK lama yah pa’??
    wew…..hehehe….
    tapi kalau gedung FPOK lama di renov penuh sih gak apa”…jadi bagus kan…

  9. @dee: tentang tugas dibahas di elearning saja ya, agar yang lain juga tahu. Tapi jawabannya iya, sistem keuangan juga masuk. Tidak sampai ke akutansi yang rumit sih.

    Wawancara ke rumah sakit? pertama bagusnya cari orang yang kenal dulu, bagusnya bagian administrasi lalu ya tanyakan aliran informasinya.

    @aby: rencananya memang mau dibersihkan dulu. Dari sisi ruang kuliah, kelemahan ruangan di perpus adalah dindingnya yang tipis sehingga suara luar masuk. Sehingga pindah ke FPOK mudah-mudahan saja jadi lebih bagus. Kalau lab, males pindahan lagi, lagipula internetnya tetap akan lebih cepat di perpus (nebeng upinet).

  10. ow gitu..

    siip deeh pa…

  11. wah mantep, computernya. pake LCD lagi …

  12. ^
    Bukannya sekarang semua sudah menggunakan LCD? lebih hemat listrik, lebih sedikit panas.

  13. Perjalanan panjang menuju GIK …😀

  14. Jangan lupa sistem operasi linux dan seperankat aplikasi2 open source disertakan juga di setiap komputer tersebut pak😀

    Penting untuk pendidikan, riset, dan kemandirian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: