Notebook Byon MF31 dan W5211

23 April 2008 at 05:22 | Posted in Uncategorized | 44 Comments

Laptop pertama saya, Relion sudah berumur “lanjut” (5 tahun) dan tampaknya memang harus pensiun dengan damai🙂 Walaupun merknya tidak begitu dikenal, tapi notebook ini sangat bandel, saya sering menggunakan nonstop belasan jam sehari dan sampai sekarangpun baterenya masih dalam kondisi 75%. Dari awal saya yakin notebook ini memang bagus karena dia berani menawarkan garansi sampai 3 tahun.

Berbekal pengalaman bahwa notebook yang bagus tidak harus bermerk maka saya mulai mencari notebook yang paling optimal dari sisi dana. (sayangnya Relion sudah tidak dijual lagi). Karena notebook bagi saya bukan untuk gaming, maka prioritas utama adalah prosesor, memori, dan garansi.

Ternyata ada mahasiswa saya yang jualan notebook, lalu saat saya tanya apa merk notebook murah yang garansinya diatas satu tahun, dia menyebutkan Byon dan Asus. Dari forum online, ternyata review Byon umumnya lebih bagus dari Asus. Masalahnya cuma satu, banyak komplain dengan pihak service yaitu Astrindo. Tapi karena saya membeli lewat mahasiswa saya harusnya tidak masalah karena nanti kalau ada apa-apa tinggal lewat dia saja.

Akhirnya saya beli Byon MF31 lewat mahasiswa saya. Setelah barang diterima ada masalah sedikit yaitu cd drivernya tertukar dan ada satu dead pixel, tapi dua jam kemudian sudah ditukar dengan unit baru, barangnya dijemput dan diantar lagi🙂

Spesifikasi MF31 adalah sbb: garansi 2 tahun (service+sparepart), T7500, memori: 2 G, HD: 120 G (SATA), vga Intel 256 (shared), 14.1″, non OS dan fitur standard lain: webcam, dvd dual, wifi dst. Harga dibawah 9 juta🙂

Setelah dua minggu menggunakan, berikut review Byon MF31:

  1. Layar diatas ekspektasi saya, ternyata wide screen dan tidak terlalu memantul. Saya beli notebook ini tanpa lihat secara fisik barangnya terlebih dulu, jadi ini merupakan kejutan yang bagus.
  2. Performa bagus, apalagi dulunya saya hanya menggunakan P4 dengan memori 512.
  3. Audio juga diatas ekspektasi.
  4. Untuk main game tidak begitu bagus, sedikit ada lag, tapi tidak masalah karena memang bukan untuk main game.
  5. Tidak panas dan tidak berisik.
  6. Bentuk fisik tidak menarik, berkesan plastik sekali. Tapi ini tidak masalah bagi saya.
  7. Tombol ctrl tidak ada di ujung kiri bawah :-(  (diganti Fn).  Bagi programmer, ini terasa sekali menggangu. Akhirnya saya menggunakan keyboard tambahan kalau dirumah.
  8. Batere bagus, untuk pemakaian normal tanpa wifi bisa tahan 3.5 jam.
  9. Diluar ekspektasi juga, ternyata ada bluetooth (atau memang sekarang sudah jadi standard seperti wifi?). Jadi sekarang saya bisa internetan dengan HP tanpa perlu pasang kabel. Seperti punya wifi yang jangkauannya luaas sekali🙂

Prinsipnya saya puas dengan notebook ini, apalagi harganya juga relatif lebih murah dibandingkan dengan merk lain.

Kalau ada yang berminat membeli lewat mahasiswa saya, bisa kontak dia melalui ym dengan ym-id
“rizaupi”. Saya rekomendasikan🙂

-update 18mei08- perbaiki T750 jadi T7500, tambah beberapa spek lain —

-update 13Sep08–
Lia (istri saya)  akhirnya juga membeli laptop, soalnya sekarang sedang mengambil S3 dan harus sering presentasi di depan pembimbingnya. Lagipula desktop kami sudah tidak kuat lagi untuk pemrograman dengan Netbeans.

Spesifikasi yang kami cari sama dengan laptop saya, tetapi harus lebih kecil (12″)  karena kasihan juga kalau Lia  harus membawa-bawa laptop yang berat. Merk juga kami pilih Byon, karena harganya jauh lebih murah dengan kualitas yang sama. Setelah mencari di bhineka.com, kami pilih W5211 G/SR-3 dengan prosesor T8300  (ada juga sih W5211 dengan prosesor T5xxx).  Kontak mahasiswa saya, tetapi ternyata harus menunggu. Dia katakan bahwa jarang ada yang membeli notebook Byon dengan spesifikasi tersebut. Setelah 2 minggu, baru barangnya tersedia. Berikut fotonya (laptop Lia disebelah kiri)

Setelah mencoba laptop istri saya, komentar saya pertama sih kecil sekali layarnya🙂 (punya saya 14″). Tapi warnanya bagus.  Sedangkan bentuknya tidak menarik, kotak sekali, mengingatkan saya pada laptop tahun 90-an. Kipas juga terdengar lebih keras dan audionya lebih “cempreng”. Ya tapi memang untuk kerja sih,  jadi yang penting  kinerjanya.

Berikut spesifikasi lengkapnya untuk model W5211 G/SR-3:
Prosesor: Intel T8300/2.4 Ghz
Chipset: Intel 965GM
Graphic: Intel GMAX3100
Wireless: 3945 a/b/g
LCD: 12.1″, VVD (wide screen)
Memori: 2 Gig (ditambah 1 Gig dari standarnya)
HD: 160GB S.ATA

Tambah fingerprint, webcam, dvd writer dst. Harga juga masih dikisaran laptop saya.

Update 25 sep 08: Istri saya mengatakan notebooknya lebih lambat daripada notebook saya pada saat mengimpor database dalam jumlah besar. Mungkin karena L2 cachenya lebih kecil?

Update 13 Ok 08: Laptop istri saya ternyata punya lubang pengeluaran panas di sisi kanan (sedangkan milik saya dibelakang). Jadi kalau mouse terlalu dekat dengan laptop, jempol akan terasa tidak nyaman karena terkena udara panas. Terutama saat  bermain game.

Update 16 Jan 09: keyboard laptop saya tampaknya agak melengkung, mungkin memuai? . Satu tombol (“PgUp”) ambles, walaupun masih dapat digunakan.  Secara keseluruhan sih masih tidak ada masalah dengan keyboard.

44 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Berarti Spec nya diatas AXIOO Zetta TSJ 8612, yah….

  2. Yang punya om Mbel? kayaknya sih iya.
    T7500 kecepatannya 2.2GHZ, 4MB L2
    Tapi HD punya saya lebih kecil.

  3. byon produk mana sih maz? lokal or luar punya?
    thank’s..

  4. Byon produk lokal mas

  5. Wah hari ini abis baca artikelnya saya langsung ke webnya (http://www.byon.co.id/) Byon… eeeh malah error… pak…

  6. kalo byon M31F G/S T5750 bagus ga ? kalo buat multimedia ama desain grafis lumayan ato bagus ga?
    tolong kasi komentar ya..say mau rencana beli nih..ada yg jual baru tapi harga murah ga?
    thanx

  7. @dede, tergantung skala multimedia dan design grafisnya. Tapi kalau bukan untuk pro sih saya pikir tidak masalah.

  8. Saya berniat membeli laptop byon dan waktu googling ketemu blog mas Yudi. Bagus sekali tuh mas hasil reviewnya, jadi ikutan pengen beli deh..hehe..temen-temen saya banyak yang puas pakai byon dan akhirnya saya jadi yakin kalo byon ini emang pantas jadi leader di merk lokal.
    Saya ada ketemu juga room khusus yang membahas tentang byon di http://forum.chip.co.id/f303-byon-notebook-represented

  9. @roy, makasih infonya. Senang blog saya tidak menyesatkan hehe. Harusnya saya dapat bonus dari Byon ya?

  10. Saya juga sekarang memakai BYON sekitar 2 bulanan. Memang dari segi fashion, BYON terbilang masih kurang. Tapi dari segi kepuasan terhadap harga dan performa saya beri nilai 10 dibandingkan dengan merk lain. saya cukup puas dengan bdget yang minim (waktu itu sekitar 6jt) bisa mendapatkan Core2duo 2Hz, RAM 1GB(skrg sy upgrade ke 2GB), HDD 160GB, LAN,Modem, Wifi, Bluetooth, Cam, USB4x, VGA out, Card Reader, 14″. Dan yang paling saya ancungi jempol, BYON mampu untuk membuang panas sehingga walaupun dipakai berlama-lama tetap cool. SIP deh.

  11. @aldi:

    makasih reviewnya🙂

  12. dollar lagi naek, gw mo beli BYON jadi mikir2 dulu nih.. hiks.. kapan ya dollar turun lagi? udah gak sabar nih pengen pake BYON.

  13. Wah kayanya saya juga tertarik sama BYON, klo g salah BYON itu produk lokal tapi dibawah astrindo(asus) bener ga pak?
    saya bermaksud untuk membeli BYON T5750 dengan spesifikasi
    sebagai berikut.
    Notebook BYON M31F G/S – T5750
    * C2D-2.0GHz / 2MB L2 Cache
    * DDR2-1GB
    * HD-160GB
    * DVD-SuperMulti
    * LAN/Modem/WiFi
    * Camera 2.0 MP
    * Bluetooth
    * Reader
    * LCD 14.1″ Wide Screen
    untuk programmer dan grafis seperti java dan 3dmax apa harus ditambah specnya?

  14. ^ memang lokal dan dipegang astrindo.

    Untuk programmer yang jelas harus dijadikan 2 Gigs memory-nya.

  15. untuk forent :
    untuk programmer mungkin spek tersebut tidak bermasalah..namun untuk 3ds max mmmm mending cari yang vga-nya sudah pake ati/nvidia… kerasa bangget saat modellingnya kalau bukan dari 2 chipset tersebut… pengalaman saya saat menggunakan laptop Acer punya temen yang onboardnya intel GMA kurang enak… saat memutar model suka rada ngelag…tampilan model 3d-nya juga sperti tak pakai anti aliasing.. apalagi kalau anda sudah maen high-poly modelling…

    sbg referensi, onboard ati x-200 sudah lumayan bagus untuk modelling n game (waktu itu saya nyoba nfs most wanted di laptop tmen saya hasilnya bagus hampir bisa dikatakan setara dengan vga desktop agp ati 9250 128mb 32bit)

    review laptopnya bagus…wah… tadinya saya kurang yakin sama produk lokal (gara2 tmen punya axioo yg hrgany skt 5jt bru 1bulan dpake udah ada deadpixel, dvdcombo+webcamnya brmasalah)…
    skarangmah mulai yakin..pantes byon berani ngasih harga sedikit lebih tinggi dari axioo

  16. Terimakasih untuk yudi hardimulya🙂🙂. Sarannya bagus sekali.
    Mau tanya lagi, klo BYON sudah pernah dicoba nonstop belum(mungkin 1 atau 2hari)?

  17. sehari nonstop sudah.
    Saat ini laptop saya dapat dikatakan nyala belasan jam sehari🙂

  18. Umm.. Om, emg sih byon ak dah baca reviewna.. Banyak yang puas,
    Tapi bagaimana garansinya katanya sering bermasalah..
    Lappie byon yang sudah jadi pertimbangan saya adalah m31f, w5211, dan s1371(kalau tdk salah).. Nah dari spek ketiganya hampir sama..
    Cuma beda layar 14, 12, 13.3 (bagusnya berapa inch ya?)..
    webcam+fingerprint, dan w5211 batrenya 4cell duank tahan berapa jam ya?
    Nah dari ketiga laptop tsb, mana yg punya most value..
    Berbeda seri dan sedikit spesifikasi apa ada perbedaan dalam performa dan lainnya?
    Untuk game apa bisa diganti vga? Nyampe berapa ya..
    Apa byon itu APU(awet, performa OK, update) hehe..
    Saya mahasiswa yg ingin memperdalam keterampilan2 komputer dan sedikit maniak game,
    Apa byon bgus untuk itu..
    Saya sedang bimbang memilih laptop diantara ketiganya..
    Kalau dibawa dg naik motor atau bus berjam2 apa tidak apa2?
    Maklum sering mudik,
    Hehe

  19. Oiah yg saya utamakan awet,
    Sekitar 4tahunan kalo bs,
    Awet gk?

  20. mas yud bagaimana penjelasan tentang LCD vvd milik byon?baru pertama kali ni saya jumpai istilah gitu ndalam display laptop.biasanya kan wxga tft bla bla bla..oiah untuk suara gimana?ngebass gag?trus saya juga baru liat ada embel embel kamera 2.0mp cmos..apa itu kamera yg seperti pada umumnya ada di laptop?lebih bagus atau sebaliknya?hehe maap mas nanyak mulu…saya tunggu yak mas balesannya…:-)

  21. @ yudiwbs
    kok laptopnya bisa tahan belasan jam sehari?
    apa tipsnya? gimana cara ngerawat batere laptop atau cara merawat laptop?

  22. ^
    Jangan digunakan di lingkungan berdebu, lubang panas jangan dihalangi (misalnya jangan gunakan di atas selimut). Kalaupun kotor lubang panas harus disedot dengan penyedot debu.

    Supaya batere laptop awet, saya selalu gunakan colokan listrik, tapi sebelum tidur laptop dihibernate dan colokan dicabut. Efeknya batere awet, tapi jeleknya adaptor yang biasanya harus ganti hehe.

    @didott: tentang vvd, sorry nggak ngerti🙂, kamera di laptop dengan 2.0 megapixel menurut saya sudah cukup.

    • vvd = vibrant visual display, klo layar mati bisa dipake cermin (meski pantulannya gak sejelas cermin biasa, kecuali jika mau pasang antigores yang mantul)

  23. Mas pertanyaanq qo gag djawab?

  24. ^
    Karena tidak tahu jawabannya dan terlalu banyak pertanyaannya🙂 Saya bukan sales byon hehe.

  25. pa yudi, mau tanya lagi. Kalo laptop sering hidup lebih dari 24 jam kenapa-kenapa ga yah?tapi baterenya dicabut. Sy sering menggunakannya lebih dari puluhan jam, apa tidak papa laptop dipakai seperti PC?

  26. ^ menurut saya tidak apa-apa.

    Notebook itu umumnya tidak digunakan lagi bukan karena rusak, tetapi karena teknologinya sudah ketinggalan jaman sehingga tidak dapat digunakan untuk software baru. Jadi sebelum itu terjadi, lebih baik notebook dipakai habis-habisan. Misalnya notebook saya yang lama, kalau dihitung-hitung menghasilkan hampir 10 kali lipat nilainya sebelum pensiun. Jadi kalaupun sekarang dibuang ke tempat sampah sebenarnya saya masih untung besar (tentu saja notebook itu tidak saya buang🙂 Sekarang dibungkus plastik untuk backup program lama).

    Kesimpulannya, jangan terlalu berpikir tentang kerusakan laptop, manfaatkan semaksimal mungkin saja🙂

    • Bisa gak bapak buat review laptop relion lama bapak? Trims.

      • hehe.. sudah masuk gudang sekarang dan saya sudah lupa.

  27. pak,
    byon M31F, juga merupakan laptop pertama saya
    dan Q rasa dia teman terbaik saya..
    walaupun sering saya bawa kemana-mana malah pernah sampai saya ajak camp ma temen2 & sempat pula ketumpahan kopi… tp alhamdulillah sampai sekarang baik-baik saja..
    tuk garansi yang saya rasa byon lebih baek dari pada yang laen, karena waktu saya garansi(saya garansi di surabaya karena bli pun di surabaya) saya bisa liat waktu laptop saya diotak atik dan petugasnya pun nerangin ngenai penyakit yang diderita ma laptop saya..jadi tau gimana cara ngerawatnya..:)

  28. asss….hai teman2 lebih baek beli byon fiturnya bagus banggat menerima wifi jarak jauh,,,di banding dngan laptop notbook yang lain jadoo haaa….. saya br pake 1 bulan tapi puas karena kelebihan menerimah wafi jarak jauh…..BYON ini menerimah TP-link jarak jauh sekitar 5-25meter lah….
    masalah nya saya pake BYON intel atom N270 tapi mantap bangat……beli adja BYON

  29. Iya nih, jadi ga nyesel. Soalnya habis pesen Byon juga. Yg M7451 G/M T3400. Kalo melihat pengalaman yg udah make Byon mudahan aja punya saya ntar juga awet. Tapi kok blum ada yg review seri seperti punya saya ya ?
    Apa sih keluhannya ?

  30. pak aku mau beli byon yg budged 5jt, dapat tipe apa ya yg agak bgs, aku masih awam sekali soal laptop, kata temen2ku jangan bli byon entar nyesel. posisi di gresik

  31. tks,.. mr. atas review nya jadi makin ada gambaran tuk laptop yang satu ini B.Y.O.N

  32. Byon saya, tipe M31F G/S tiba-tiba LCD nya ngeblank putih dan muncul garis-garis hitam dibagian bawah dan sedikit ke tengah.

    Ada yang pernah alami hal ini dan mungkin tahu solusinya gak ya?

  33. layarku baek baek ajah hehe😀.. ohy aku pakek byon W9121 tapi cara aktifin cameranya gw gk tau. gmna caranya yah??

    • untuk w9121 untuk kamera instal software AMcap, utk M31F LCD white screen biasanya kerusakan ada d lcd coba cek dg vga outnya klo masih WS brarti LCDny,BYON M7451 model ini sangat bandel dg chipset intel blm banyak keluhan utk seri ini,thx fo sharing:)

  34. PAK nanyak d mana aja ada pasilitas buat laptop BYON ni?

  35. Saya pernah beli notebook byon baru tp tipenya lupa aq, baru pakai 3 hari udah eror mau nyalain lama banget terus gak bisa d nyalain itu problemnya apa sich? terus smpi skrg aq ganti merek lain

  36. Byon ane M8340-41 kamerax tidak aktif (nyala) software sudah terinstal tapi gak mau juga _ pada di device managerx udah benar _ pake win7 ver 32 mohon pencerahannya

  37. saya mau tanya product mana sih byon
    \

    • Perusahaan lokal. Sekarang sudah tidak memproduksi lagi.

  38. Tanya mengenai:
    1. memory Ram pada Byon W5211 G/SR T8300, memory dah 2Gb?? dan spesifikasi DRAM frequency berapa kakak?? CL, tRCD, tRP, tRAS??
    2. kartu grafis, bukannya kartu grafis intel GMA3100 yg chipset 965 family?? ukuran 256MB?

  39. Permisih pak.. ijin tanya apakah bapak ada driver Byon W5211 untuk windows XP ?? karena saya agak kesusahan untuk mencari driver. sedangkan produsennya sendiri sudah tutup dan web untuk download driver juga sudah hilang. (dknee29@gmail.com)


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

