Diskusi via internet

4 March 2008 at 04:55 | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Beberapa hari terakhir sedang hangat dibicarakan masalah komentar yang membuat kesal beberapa blogger (tidak mau memberikan link ah, nanti dikira cari traffic) Ada yang ngambek dengan menutup blog-nya atau malah menggelar perang.

Sebenarnya kasus komentar panas sudah lama dikenal, terutama di milis dan forum. Istilah flame war, trolliing sudah ada sejak lama.

Ada tiga pengalaman saya yang berkesan seputar hal ini.

Pertama di milis angkatan sekitar tahun 98-99. Saya memberikan tips yang memang terlalu sederhana sehingga diejek beberapa teman. Saya membalas dengan marah sampai akhirnya mereka minta maaf. Tapi setelah semua reda, saya jadi malu sendiri, kok bisa sampai kelepasan seperti itu. Kalau dilihat lagi memang tips dari saya kebangetan sederhananya, dan mereka hanya mengejek biasa saja, hanya guyon sesama teman.

Kedua di milis alumni tahun 03-04. Ada debat yang bagi saya membosankan dan akhirnya saya mengirimkan email yang sadis. Berbulan-bulan milis jadi sepi karena itu. Ini termasuk email saya yang saya sesali, harusnya saya tidak perlu mengirim email seperti itu.

Ketiga, saya pernah memberikan komentar di blog seseorang, ini komentar saya:

Mainan berbentuk pistol dan sebagainya belum tentu memicu agresivitas mas🙂 Sejak jaman dulu juga mainan seperti ini sudah ada. IMO, orang tua dan lingkungan (tv, sekolah) yang lebih berperan.

dan ini jawaban dari pemilik blog:

maaf, untuk hal ini kita berbeda pendapat. kita punya argumentasi yang berbeda. silakan anda percayai argumentasi anda, dan saya akan tetap percaya dengan argumentasi saya sendiri. saya tidak memaksakan argumentasi saya kepada anda dan saya harap tidak ada orang yang memaksakan argumentasinya kepada saya. peace… 🙂

Wah kok saya dianggap memaksa argumentasi? Entahlah, mungkin ada kalimat saya yang dianggap memaksa. Saya tidak perpanjang dan saya tidak pernah lagi lihat blognya. Susahnya banyak blogger yang kalau mengritik pihak lain (biasanya pemerintah) bisa tajam tapi kalau dikritik balik gampang tersinggung. Dari pengalaman ini saya jadi jauh lebih berhati-hati memberi komentar di blog orang lain, kecuali seperti blog mbah Mbel yang bisa bebas hehe. IMHO bagi blogger yang sering terganggu dengan komentar orang: di off saja fasilitas comment, atau gunakan fungsi moderasi atau sekalian dibuat private saja posting blog-nya.

Dari tiga pengalaman itu ada hal-hal yang sekarang saya terapkan (baik di milis, forum atau blog) :

  • Jangan menulis dalam kondisi marah, kesal atau lelah. Jika ada respon negatif, jari jangan langsung ke keyboard untuk membalas. Biasanya saya meredakan diri dulu, nonton tv sambil tidur-tiduran atau main dengan anak saya.
  • Lebih hati-hati lagi menulis, kalau berbeda pendapat jangan lupa tambahkan emoticon, “IMHO”, “no offense”, “sekedar usul”, “maaf” dst, untuk memperhalus tulisan. Sebelum dikirim kemudian dibaca berulang-ulang dulu. Kalau yang dituju masih ngambek juga? ya lihat aturan pertama. Biasanya tidak perlu diteruskan, jangan terpancing flame war. Buang-buang waktu dan tentu saja memalukan. Ingat, sekali tulisan kita dipublish di internet, sulit untuk menariknya kembali. Apalagi kalau menggunakan identitas asli seperti saya🙂

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. sy stuju tuh ama jauh-jauh dgn flamewar…kadang cuma gara-gara bertanya : “ada apa yah kok berantem”…bisa-bisa kita dituduh antek atau mau ngadu domba…huhu sakit jg kena fitnah

  2. Memang sensitivitas orang beda-beda🙂

    Ya harus hati-hati saja berbicara, eh menulis.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

