Diskusi dengan alumni IF

6 December 2007 at 02:25 | Posted in kuliah | Leave a comment

Kali ini saya berdiskusi dengan alumni IF-ITB angkatan 2000-an. Tahun lalu kami sempat kerja bareng dalam riset yang dipimpin oleh dosen pembimbing thesis saya.

Sekarang dia bekerja disebuah perusahaan telekomunikasi besar di Jakarta. Sebelum saya menjadi dosen, tahun 2001 saya pernah beberapa kali datang ke gedung perusahaan ini di Jakarta untuk mengerjakan sebuah proyek (saya sebagai vendor). Yang saya ingat, interior gedungnya bagus sekali. Memang masih berbentuk cubicle yang terbuka, tapi terasa luas dan tertata rapih. Ruang manajernya, walaupun terpisah tapi satu sisinya dari kaca semua sehingga makin terkesan terbuka. Waktu itu sempat berpikir “Asyik juga kerja disini ya :-)”

OK, kembali ke topik. Seperti biasa, yang saya tanyakan adalah ilmu database apa yang paling diperlukan di tempat kerjanya. Dia berkata yang penting diantaranya: database clustering , optimasi query, PL/SQL (mereka menggunakan Oracle). Optimasi penting karena aplikasi mereka kebanyakan real time dengan jumlah transaksi yang besar.

Waktu saya tanyakan mengenai sisi perancangan database seperti diagram E-R dan normalisasi, dia katakan itu dikerjakan vendor. Jadi tetap penting juga diajarkan di kuliah (iyalah, bisa juga ‘kan lulusan ilkom jadi vendor -) ).

Dari sisi development tools, mereka menggunakan Java, tepatnya J2EE. Tapi kadang-kadang menggunakan PHP juga untuk reporting.

Tapi dia mengingatkan jangan terlalu fokus pada tools yang terlalu spesifik sampai lupa ke sisi teoritis, karena nanti ilmunya malah jadi terlalu spesifik. Dia berkata anak ITB yang kerja di perusahaan itu, biasanya saat awal kalah dari sisi skill, tapi kemudian cepat belajar. Jurus “cepat belajar dan belajar cepat” memang saya pikir jurus terpenting yang harus dimiliki lulusan Ilkom.

Saya pikir kuliah Basisdata + Sistem Basisdata sudah lumayan mencakup semua, kecuali untuk db clustering karena nanti akan dibahas di kuliah basisdata terdistribusi.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

