Diskusi dengan alumni matematika

4 December 2007 at 03:52 | Posted in kuliah | 2 Comments
Tags:

— artikel ini merupakan pindahan dari blog saya yang lama —

Beberapa hari yang lalu saya berdiskusi (e-mail dan ym) dengan seorang alumni Matematika non-dik yang dulu pernah ikut kuliah Basisdata saya. Saat ini dia bekerja sebagai senior programmer dan analis di sebuah perusahaan IT di Jakarta.

Saya tanyakan apa kekurangan saya waktu mengajar Matakuliah Basisdata di Matematika. Dia menjawab, karena waktu itu kami menggunakan Access, kami tidak belajar arsitektur n-tier. Kemudian kami juga tidak belajar trigger dan beberapa fitur advanced yang tidak ada di Access. Masalahnya, dia berkata bahwa perusahaan-perusahaan sekarang umumnya menggunakan Postgre atau Oracle.

Tapi ada berita baik juga, SQL yang saya ajarkan ternyata berguna🙂.

Pemikiran saya memberikan Access ke mahasiswa matematika adalah karena Access merupakan RDBMS (Relational Database Management System) yang paling mudah dipelajari dan tersedia dimana-mana (bersamaan dengan Office). Fitur-fitur dasar juga tersedia seperti referential integrity, SQL, VBA, walaupun jelas memang tidak dapat dibandingkan dengan Oracle hehe.

Ini berbeda dengan mahasiswa Ilkom yang walaupun saat kuliah basisdata mendapat Access tetapi dilanjutkan dengan Oracle+MySQL di kuliah Sistem Basisdata. Matematika juga lebih ditekankan kepada praktek (70% praktek), sedangkan Ilkom lebih ke arah perancangan database.

Tetapi dengan feedback dari alumni ini, tampaknya tahun depan saya akan mencoba memperkenalkan Oracle kepada mahasiswa Matematika. Cuma harus dipikirkan waktunya karena cuma tersedia 3 sks.

Saya pikir masukan dari alumni sangat berharga bagi dosen. Mereka bisa memberi informasi yang akurat mengenai apa yang terjadi di “dunia nyata”. Tanpa ini, apa yang diajarkan dosen dapat “tidak nyambung” dengan apa yang diharapkan industri. Universitas akhirnya hanya menjadi menara gading yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar dengan lulusan yang tidak terserap.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Masukan saya untuk pembelajaran komputer bagi anak MIPA atau Teknik non komputer:
    – Arsitektur Komputer PC, dasar saja (tidak sampai elektronika digital), sasaran: memahami komponen komputer dan cara kerja dan mampu melakukan pemecahan masalah P/K sederhana secara mandiri.
    – Penggunaan Sistem Operasi, MS Windows, tidak perlu Linux, sasaran: mampu melakukan pemecahan masalah P/L secara mandiri.
    – Pemrograman: menggunakan python di platform MS Windows.
    – Basisdata: menggunakan OpenOffice Base dan MySQL di platform MS Windows.

  2. Makasih masukkannya.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

