Basa Basi

30 November 2007 at 23:04 | Posted in Uncategorized | 11 Comments

Saya tidak tahu asal kata basa basi, saya pikir sih dari “bahasa yang basi” hehe.

Dulu saya dapat dikatakan orang yang tidak suka berbasa basi. Langsung to the point saja, hidup terlalu pendek untuk berbasa basi. Mungkin memang tipikal engineer, khususnya software engineer yang terlalu banyak bargaul dengan komputer🙂 .

Setelah saya menjadi dosen UPI, saya lihat ada yang berbeda disini. Sesama dosen saling sapa, setiap bertemu bersalaman (walaupun hampir tiap hari ketemu). Kami sering duduk di ruang temu staf. Membaca koran, minum kopi dan bicara tentang berbagai hal. Tidak ada batasan dosen senior dan yunior, semuanya santai bergabung. Mungkin ini yang disebut basa basi? Setelah saya coba dan rasakan, ternyata basa basi ini sesuatu hal yang baik. Basa basi merupakan pelumas dalam kehidupan sosial, tanpa ini akan sering terjadi gesekan yang tidak perlu. Berbagai info menarik dan berharga juga dapat diperoleh dari berbasa basi. Bagi saya pribadi, basa basi juga dapat menjadi penyeimbangan kehidupan di depan komputer yang garing hehe.

Sama juga dengan blog ini. Sejak awal dibuat, blog ini memang lebih diperuntukan untuk saya pribadi. Saya sering membuka blog ini untuk melihat refleksi pemikiran saya mengenai sesuatu hal pada suatu waktu. Ada orang lain yang baca dan comment ya syukur, tapi tidak ada juga tidak masalah.

Awalnya beberapa komentar basa basi yang saya anggap tidak berguna saya hapus (sadis yah hehe). Tapi setelah saya membaca blog mbelgedez saya berubah pikiran. Ada hal yang menarik dari blog tersebut (selain karakternya yang tulus dan blak-blakan hehe), yaitu semua comment dibalas! Walaupun ada ratusan comment, baik yang serius, basabasi sampai comment yang mencela juga tetap dibalas. Bahkan tampaknya dia mengunjungi blog semua orang yang datang.

Sama dengan cerita di awal, mungkin apa yang dilakukan mas mbel ini bentuk basa basi. Tapi itulah sifat manusia. Basa basi membuat kita lebih manusiawi. Sekarang saya meniru apa yang dilakukan olehnya, dan rasanya memang lebih nyaman. Satu pelajaran lagi diperoleh oleh saya hehe. Belajar jadi lebih manusiawi.

11 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah..wah.. ketularan virus mblegedez nih.😀 basa basi di wp itu udah makanan wajib. Klo kata Om Cosa itu sudah jadi budaya berbalas. karakter orang yg komentar berbeda-beda. disitulah menariknya malah kadang terlihat ada seninya. Yang menyebalkan pun banyak. suka tidak suka semua ada gunanya. Salah satunya menguji kesabaran.😀
    Salam kenal.

  2. saya kok melihat kata basa basi itu malah konotasinya negatif ya? dalam artian berniat mencairkan suasana tapi cara penyampaiannya garing😀

    *just my opinion🙂

  3. @benbego,

    Setuju🙂 , tapi memang perlakuan terhadap comment merupakan hak prerogratif si pembuat blog. Jadi saya juga tetap menghormati (dan memahami) blogger yang tidak mau membalas comment hehe.

  4. Ups,…
    Ada sayah dasini…
    Jadi kegeeran, negh….

    Btw, soal komen memang sayah usahakan membalasnya.
    Bila artikelnya memang tergolong abadi, macem haramnya MLM, maka rasanya selama Blog ini ada, akan selalu terjadi komen dan diskusi. Panjang dan melelahkan. Tapi itulah resiko nge Blog, sayah mesti menjawab sapaan dan kunjungan tamu sayah, apapun kondisinya….

    Salam…

  5. Memang basa-basi itu kayaknya hanya formalitas aja, tapi itu penting karena tanpa basa-basi terkadang gak seru. Yach niatkan aja untuk menyenangkan orang.

  6. @dobelben
    Mungkin juga ya? harusnya sih lihat di kamus besar B. Indonesia hehe. Bagi saya basabasi itu adalah obrolan ringan yang tidak penting. Nggak tahu deh kalau sekarang mengalami penurunan makna.

    @Mbel
    Hehe, nggak usah ke-GR-an gitu 🙂
    Salut deh untuk Anda, semoga bisa terus seperti itu.

  7. @fikriana
    Betul, menyenangkan orang. Terutama untuk orang yang lebih tua. Dulu saya sering dicap kurang ajar gara-gara soal ini. Sekarang lebih baik, bahkan saya jadi banyak mendapat ilmu dari para senior-senior ini.

  8. Hallo mas Yudi salam kenal..main2 ke blogku ya..
    basa basi kelihatannya ga penting…tapi ternyata itu ucapan pembuka yg jitu ketika kita akan menjalin hub. silaturahmi dengan orang lain… kulonuwon gitu.. klo ga pake itu..bisa2 dianggap manusia dingin..akibatnya dicuwekin.. garing dah..

  9. @sarojini

    Salam kenal juga🙂

    Blog-nya nggak bisa dibuka tuh (jejakjini.com).

    Ya betul, tidak hanya dianggap manusia dingin. Tapi sering dicap arogan hehe.

  10. Ikutan basa basi ah🙂

  11. @dkoor,

    Diterima basa basinya hehehe


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

