Anak, TV dan Game

25 November 2007 at 06:22 | Posted in keluarga | Leave a comment

Dari satu sisi, keberadaan TV dan game membantu orang tua “mendiamkan” anak. Tapi disisi lain, banyak riset menunjukan bahwa TV berpengaruh buruk (untuk game, ada juga efek positif). Bahkan video yang dikhususkan untuk anakpun tetap saja berpengaruh buruk. Saya pernah baca anak yang menonton “Baby Einstein” kemampuan bicaranya malah lebih rendah dibandingkan anak yang belajar langsung dari manusia.

Ada yang mengambil tindakan ekstrim dengan membuang TV dari rumah. Saya pernah mengusulkan ini kepada istri saya, toh sekarang dengan internet TV sebenarnya tidak terlalu berguna lagi. Kalau mau nonton film lebih seru ke bioskop. Dapat dimaklumi, istri saya tidak setuju hehe.

Anak saya (6 tahun) juga memiliki kecenderungan tinggi menonton TV dan main game. Akhirnya kami menerapkan kebijakan pembatasan waktu. Untuk main game, dibatasi hanya satu jam per hari. Agar penghitungan waktunya tepat, dia menggunakan stop-watch. Seperti basket saja, kalau time-out, waktu dihentikan, nanti dilanjutkan lagi.

Dia bahkan bisa mengatur sendiri waktunya, misalnya 30 menit pagi, nanti sore 30 menit lagi. Kadang-kadang juga hutang waktu, waktu besok diambil dulu sekarang (tidak boleh lebih dari besok, nanti terbelit hutang seperti kartu kredit deh hehe).

Sedangkan untuk TV, dibatasi hanya 1.5 jam. Kalau yang ini relatif lebih gampang menghitungnya. Setiap hari dia sudah memiliki acara yang dia ingin tonton (Naruto dan film kartun jam 15.00).

Efek bagusnya, sekarang anak kami lebih mengerti tentang waktu. Dia dapat memperkirakan berapa lama sih satu jam atau setengah jam. Kemudian waktu yang kosong lebih banyak dimanfaatkannya untuk membaca.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: