Belajar Bahasa Inggris Online

Selama ini bahasa Inggris saya acak-acakan, kebanyakan digunakan untuk membaca buku teks bahasa Inggris. Pernah banyak menggunakan Bahasa Inggris untuk email dan chatting saat berjualan shareware dan menjadi remote programmer. Tapi tetap saja cuma sampai tahap “bisa” saling komunikasi 🙂 Demikian juga sewaktu mendapat tugas ke LN dari kampus.

Saya merasa bertahun-tahun bersentuhan dengan Bahasa Inggris kok tidak maju-maju sih. Akhirnya saya les privat, hanya bertahan 3 bulan. Kemudian ganti guru privat, lagi-lagi cuma bertahan 2 bulan. Mau les yang harus datang secara reguler sepertinya tidak cocok dengan gaya saya yang menyukai fleksibilitas waktu dan tempat.

Baru-baru ini saya menemukan cara yang paling pas untuk saya, yaitu belajar sendiri melalui internet. Tepatnya melalui cellphone. Bermula dari menemukan situs belajar bahasa Inggris di BBC (http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/), ternyata situs ini dapat dieksplorasi di cellphone dengan Opera Mini. Situs ini menyediakan banyak materi: conversation, grammar, quiz dan banyak lagi. Medianya juga beragam: teks, video dan audio.

Di situs BBC ini saya sekarang sedang hobi mendownload audio “Grammar Challenge” yang berformat mp3. Download, putar di cellphone, belum jelas, putar lagi (aksen orang Inggris agak sulit, biasa nonton film Amerika soalnya hehe). Sayangnya format video seperti 3gp belum ada.

Jadi sekarang kalau saya sedang menggangur dan jauh dari laptop, pasti saya membuka situs ini. Lihat-lihat transkrip conversation, mendengarkan audio, asyik. Mungkin ini yang disebut dengan mobile e-learning. Tidak hanya dibatasi waktu dan tempat, tapi juga tidak dibatasi oleh laptop/komputer 🙂

Tadinya saya tidak terlalu percaya dengan feasibilitas mobile e-learning karena menurut saya memiliki keterbatasan layar yang ketat. Tapi setelah melihat dan mencoba situs BBC ini, saya pikir untuk beberapa jenis materi mobile e-learning dapat dilakukan.

Berikut beberapa situs untuk belajar bahasa Inggris lainnya (sayangnya, banyak yang tidak dapat dilihat dari cellphone dengan opera mini):

www.eslgold.com
www.1-language.com
www.ego4u.com/en/cram-up/writing (untuk menulis)
www.testmagic.com/toefl/ (TOEFL)

–update 11 Jan 08 — Untuk menambah vocab, coba baca berita koran The New York Times (menurut saya koran online paling bagus).   Jika menemukan kata yang  kita tidak mengerti, atau penasaran cara pengucapannya, double click saja kata tersebut nanti akan muncul penjelasan arti kata tersebut.

–update 4 Sep 09 — Untuk menulis, site http://translate.google.co.id/ dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat yang pendek dari bahasa Indonesia ke Inggris. Tentu saja terkadang  hasil terjemahannya  salah atau aneh, tapi setidaknya memberikan awal yang lumayan.

–update 23 Sep 09 —
Tips untuk menulis dalam bahasa Inggris:  http://www2.actden.com/writ_Den/

Untuk menulis juga: http://www.askoxford.com/betterwriting/

Iklan

43 tanggapan untuk “Belajar Bahasa Inggris Online”

  1. Info yang bagus!! ^_^ !! Pake SE K 530 i bisa ga ya??, saya siyh sdah dwload Opera mini di HP, caranya ap lnsg buka aja BBC di Opera mini??

    Thnx atas infonya….

  2. Percuma saja bagi yang ingin posting comment tentang MLM, referral program, dll. Pasti saya moderasi dan mark sebagai spam. Hematlah bandwidth dan waktu anda.

  3. Lagi jalan-jalan nyari info belajar bahasa inggris, trus nyampe ke sini. nice article bro. Tips-nya bakal saya coba, mudah-mudahan bisa membantu pembelajar bahasa inggris gaptek seperti saya. thanks for sharing ya 😀

  4. Great idea about reading the news to build your vocabulary. As well as the NY Times, Reuters and Al Jazeera are great for reading the world news, too.

    It’s sometimes an interesting exercise to look at the English translations on antara.com and think about anything you would have translated differently.

    Wil

  5. Wah pengalamannya sama dengan aq, udah berkali kali belajar, pindah tempat, pindah guru, tapi aq lum dapet yang sreg.
    makasih info nya bakal di coba dulu.

  6. it’s very valuable i think.thank u very much for the information.
    i also an english beginner.
    and i didn’t know before that in the internet there are many sites which teach english by online.
    i’m very proud of it.
    i’ll try it to.

  7. Wah! Terimakasih atas referensinya. Saya lagi pengen sekali bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris diblog, apalagi selama ini saya juga terjun di paid review :d

    Thanks a lot!

  8. thank’s for all great valuable informations , ..though I am zero English lover I am getting started to observe english..send me courage!!!

  9. nice page..^_^
    hello..let me introduce myself..
    my name’s Dea..
    I live at Yogyakarta and I study at English Language Education Study Program..
    Let’s we learn English together and we share our English knowledge each other

  10. Saya baru aja nutup windows new york times. Jadi langsung dibuka lagi deh setelah tahu kata2 di situ bisa di-double click. Makasih infonya.

    Salam.

  11. WOW! Kisah Bapak saya pandang inspiratif. Mhn ijin ya Pak, Saya share ke fb saya dg mencantumkan url Bapak.

  12. sipp banget itu pak sharringnya.. pengalaman adalah guru yang paling berharga. Informasi yang bapak berikan juga dapat membantu banyak orang yang mungkin kesulitan mempelajari bahasa inggris padahal berminat belajar bahasa inggris ^.^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s