Belajar Bahasa Inggris Online

14 November 2007 at 07:47 | Posted in e-learning | 43 Comments
Tags:

Selama ini bahasa Inggris saya acak-acakan, kebanyakan digunakan untuk membaca buku teks bahasa Inggris. Pernah banyak menggunakan Bahasa Inggris untuk email dan chatting saat berjualan shareware dan menjadi remote programmer. Tapi tetap saja cuma sampai tahap “bisa” saling komunikasi🙂 Demikian juga sewaktu mendapat tugas ke LN dari kampus.

Saya merasa bertahun-tahun bersentuhan dengan Bahasa Inggris kok tidak maju-maju sih. Akhirnya saya les privat, hanya bertahan 3 bulan. Kemudian ganti guru privat, lagi-lagi cuma bertahan 2 bulan. Mau les yang harus datang secara reguler sepertinya tidak cocok dengan gaya saya yang menyukai fleksibilitas waktu dan tempat.

Baru-baru ini saya menemukan cara yang paling pas untuk saya, yaitu belajar sendiri melalui internet. Tepatnya melalui cellphone. Bermula dari menemukan situs belajar bahasa Inggris di BBC (http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/), ternyata situs ini dapat dieksplorasi di cellphone dengan Opera Mini. Situs ini menyediakan banyak materi: conversation, grammar, quiz dan banyak lagi. Medianya juga beragam: teks, video dan audio.

Di situs BBC ini saya sekarang sedang hobi mendownload audio “Grammar Challenge” yang berformat mp3. Download, putar di cellphone, belum jelas, putar lagi (aksen orang Inggris agak sulit, biasa nonton film Amerika soalnya hehe). Sayangnya format video seperti 3gp belum ada.

Jadi sekarang kalau saya sedang menggangur dan jauh dari laptop, pasti saya membuka situs ini. Lihat-lihat transkrip conversation, mendengarkan audio, asyik. Mungkin ini yang disebut dengan mobile e-learning. Tidak hanya dibatasi waktu dan tempat, tapi juga tidak dibatasi oleh laptop/komputer🙂

Tadinya saya tidak terlalu percaya dengan feasibilitas mobile e-learning karena menurut saya memiliki keterbatasan layar yang ketat. Tapi setelah melihat dan mencoba situs BBC ini, saya pikir untuk beberapa jenis materi mobile e-learning dapat dilakukan.

Berikut beberapa situs untuk belajar bahasa Inggris lainnya (sayangnya, banyak yang tidak dapat dilihat dari cellphone dengan opera mini):

www.eslgold.com
www.1-language.com
www.ego4u.com/en/cram-up/writing (untuk menulis)
www.testmagic.com/toefl/ (TOEFL)

–update 11 Jan 08 — Untuk menambah vocab, coba baca berita koran The New York Times (menurut saya koran online paling bagus).   Jika menemukan kata yang  kita tidak mengerti, atau penasaran cara pengucapannya, double click saja kata tersebut nanti akan muncul penjelasan arti kata tersebut.

–update 4 Sep 09 — Untuk menulis, site http://translate.google.co.id/ dapat digunakan untuk menerjemahkan kalimat yang pendek dari bahasa Indonesia ke Inggris. Tentu saja terkadang  hasil terjemahannya  salah atau aneh, tapi setidaknya memberikan awal yang lumayan.

–update 23 Sep 09 —
Tips untuk menulis dalam bahasa Inggris:  http://www2.actden.com/writ_Den/

Untuk menulis juga: http://www.askoxford.com/betterwriting/

43 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah makasih ya infonya.

  2. @Biho:
    Sama-sama, wah blog kang dede ternyata juga membahas belajar bahasa Inggris ya..

  3. Aku mau coba.. pakai Cellphone apa? NOKIA 9500 bisa?
    tks ya..

  4. @brons
    Saya menggunakan SE K610i. Setahu saya asal HP tersebut sudah support Java biasanya dapat menggunakan opera mini. Untuk detilnya bisa lihat http://www.operamini.com

  5. tips yg sangat menarik nih, sekarang belajar bahasa Inggris bisa kapan saja dimana saja …… tq

  6. Kang Yudi, matur thank you banget infonya ya…. saya sudah putar2 nyari nggak dapat2………

  7. kalau mau belajar bahasa inggris, silahkan kunjungi http://ismailworld.wordpress.com atau http://ismailmidi.com

  8. Info yang bagus!! ^_^ !! Pake SE K 530 i bisa ga ya??, saya siyh sdah dwload Opera mini di HP, caranya ap lnsg buka aja BBC di Opera mini??

    Thnx atas infonya….

  9. betul, langsung dibuka saja.

  10. Percuma saja bagi yang ingin posting comment tentang MLM, referral program, dll. Pasti saya moderasi dan mark sebagai spam. Hematlah bandwidth dan waktu anda.

  11. Mator suwon om Yudi, lagi butuh belajar bahasa inggris

  12. Lagi jalan-jalan nyari info belajar bahasa inggris, trus nyampe ke sini. nice article bro. Tips-nya bakal saya coba, mudah-mudahan bisa membantu pembelajar bahasa inggris gaptek seperti saya. thanks for sharing ya😀

  13. Great idea about reading the news to build your vocabulary. As well as the NY Times, Reuters and Al Jazeera are great for reading the world news, too.

    It’s sometimes an interesting exercise to look at the English translations on antara.com and think about anything you would have translated differently.

    Wil

  14. thankiu infomanya fren

  15. thanks mas

  16. Tolong infonya, blog yg menggunakan bhs inggris, terimakasih….

  17. Wah pengalamannya sama dengan aq, udah berkali kali belajar, pindah tempat, pindah guru, tapi aq lum dapet yang sreg.
    makasih info nya bakal di coba dulu.

  18. Ok mantap

  19. bagus sekali infonya…terimakasih….

  20. wahh…makasih banyak atas sharing info nya….sangat berguna sekali…..

  21. Tq banget mas.. moga saya bisa nambah kemampuan dlm english ini..

  22. thx atas infonya.
    bermanfaat skali…

  23. Thx bgt infonya

  24. Yang bahasa pengantarnya bahasa Indonesia juga sudah ada mas. Saya buat blog khusus untuk itu.

  25. it’s very valuable i think.thank u very much for the information.
    i also an english beginner.
    and i didn’t know before that in the internet there are many sites which teach english by online.
    i’m very proud of it.
    i’ll try it to.

  26. Wah! Terimakasih atas referensinya. Saya lagi pengen sekali bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris diblog, apalagi selama ini saya juga terjun di paid review :d

    Thanks a lot!

  27. thank’s for all great valuable informations , ..though I am zero English lover I am getting started to observe english..send me courage!!!

  28. nice page..^_^
    hello..let me introduce myself..
    my name’s Dea..
    I live at Yogyakarta and I study at English Language Education Study Program..
    Let’s we learn English together and we share our English knowledge each other

  29. mantap, yang paling enak buat belajar yang mana yah? yg BBC?

  30. tips yang bagus sangat bermanfaat … makasih informasinya kang …

  31. thank for your information
    if you want to know my profile

  32. Wah, info yang bagus..

  33. Wah, nitip link ya sobat..
    http://raditeenglish.blogspot.com

  34. nice info…
    would you please visit my newest blog?
    I create it to improve my English…

  35. Saya baru aja nutup windows new york times. Jadi langsung dibuka lagi deh setelah tahu kata2 di situ bisa di-double click. Makasih infonya.

    Salam.

  36. Wah mau coba tu Mas. Selama ini saya seringnya juga praktik listening dengan nonton film hollywood. Perasaan aksen orang inggris juga lebih sulit dari orang amerika. Lam kenal Mas…!!

  37. Thanks so much. I’ ll try it.
    I hope, I can get good score for my TOEFL

  38. thx ya bro..
    so blessing..

  39. like it…
    jangan lupa kunjungi blog q ya….

    http://gudang-jaya.blogspot.com/

    ada posting cara mudah menghafal tenses, mengubah aktif menjadi pasif, and many more….

  40. thank for the information
    salam kenal pak

  41. Makasih banyak Bro,,

  42. WOW! Kisah Bapak saya pandang inspiratif. Mhn ijin ya Pak, Saya share ke fb saya dg mencantumkan url Bapak.

  43. sipp banget itu pak sharringnya.. pengalaman adalah guru yang paling berharga. Informasi yang bapak berikan juga dapat membantu banyak orang yang mungkin kesulitan mempelajari bahasa inggris padahal berminat belajar bahasa inggris ^.^


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

