Contoh Multimedia Interaktif: Memahami Urutan Eksekusi Program

6 November 2007 at 12:12 | Posted in multimedia | 13 Comments

Salah satu kesalahan yang umum dari pemula yang belajar algoritma atau pemrograman adalah tidak menyadari bahwa program dieksekusi secara berurutan.

Misalnya untuk menghitung penjumlahan antara dua bilangan a dan b, pemula dapat menuliskannya seperti ini:

c=0
input a
input b
print c
c = a + b

Dapat dilihat bahwa kode diatas mengandung kesalahan pada baris 4 dan 5 (tertukar). Jadi nilai yang c yang dicetak akan selalu bernilai 0.

Saya membuat sebuah simulasi sederhana untuk membantu mahasiswa memahami aspek eksekusi sebuah program:

Anda dapat mendownloadnya di http://fpmipa.upi.edu/staff/yudi/multimedia/simulasi_pemrograman_05.swf

(Anda membutuhkan minimal Flash Player 8 )

Bagi yang berminat silahkan mengiriman permintaan melalui comment dengan email yang valid, nanti akan saya kirimkan source code Flash-nya (.fla) . Boleh digunakan, diedit atau apapun selama nama saya tetap disebutkan🙂

— update 26 Juli 08 —
Bagi yang membutuhkan source FLA-nya, dapat mendownload di: http://matematika.upi.edu/staff/yudi/simulasi_pemrograman_05.fla

Simulasi ini adalah simulasi yang pertama kali saya buat. Saya ingat waktu itu baru belajar Flash. Jadi harap maklum, masih banyak eksperimen dalam source-nya hehe.

13 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya perlu bantuan untuk membuat mmi bidang pendidikan teknik mesin

  2. Silahkan, Anda dapat menghubungi saya di yudi[di]upi.edu (ganti [di] dengan @).

    Saya bersama teman-teman di UPI sedang membuat tim untuk mengembangkan multimedia interaktif. Kami punya ahli pendidikan, software engineer (saya), programmer (mahasiswa Ilkom dan Mat) dan seniman (mahasiswa seni rupa). Semuanya sudah ada di UPI, jadi tinggal disinergikan saja.

    Jadi yang bagi yang berminat silahkan order🙂 (mode iklan on hehe)

  3. Ass.

    Oke sukses selalu dalam pengembangan Multimedianya…
    oh ya saya mohon minta donk referesni multimedia interaktif
    khusus bidang studi TIK….dgn materi internet….
    sukses terus yah semua team yang terlibat..

    wss.

  4. Makasih.

    Bagus juga idenya, nanti saya coba kumpulkan URL-nya deh.

  5. saya butuh bantuan software swf nya untuk menampilkan contoh media tsb,

  6. @ika
    maksudnya apa ya?

  7. idenya bagus, saya berkeinginan untuk mempelajarinya juga. mohon untuk mengirimkan file fla nya. terima kasih banyak!!

  8. programnya bagus banget saya pengen banget mempelajarinya. mohon kirimkan source code nya ke emailsaya. terima kasih sebelumnya. vincubby87@yahoo.co.id

  9. Saya sudah tambahkan url untuk mendownload sourcenya.

    http://matematika.upi.edu/staf/yudi/simulasi_pemrograman_05.fla

  10. boleh bagi ilmunya ya,…trims..

  11. programnya bagus banget
    saya masih pemula di pemrograman ada yang lain ga???
    kalau ada boleh donk buat belajar!!!!

  12. ape contoh contoh multimedia saye nak tahu sangat ni

  13. that good idea ……..


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

