Mayat (buku “STIFF”)

30 October 2007 at 23:00 | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Judulnya serem juga🙂 Bagi yang gampang jijik atau penakut tolong jangan dibaca.

Malam ini akhirnya selesai baca buku “STIFF: Kehidupan Ganjil Mayat Manusia”, 2003, Marry Roach. Walaupun ada kerjaan, sayang untuk berhenti membaca buku ini.

Buku ini saya beli dua hari yang lalu di Gramedia Paris Van Java, tertarik karena judul dan covernya yang unik dan merupakan NY times bestseller. NY Times adalah situs berita favorit saya, integritas dan kenetralannya paling bagus (*).

Kembali ke buku🙂. Buku ini lucu, serius, terkadang mengerikan tapi yang jelas banyak memberikan pengetahuan. Buku ini bercerita tentang perlakuan mayat, mulai dari mayat yang organnya didonorkan (paling seru cerita tentang jantung yang masih berdetak 1-2 menit setelah dilepas dari tubuh, sangat lincah sampai kadang terjatuh saat dibawa dokter bedah, “[kalau jatuh] tidak apa-apa tinggal dibilas” kata dokternya..🙂 ). Kemudian mayat yang dibiarkan membusuk untuk penelitian kriminal (deskripsi tentang baunya membuat ngeri). Mayat yang jadi ujicoba tabrakan mobil. Mayat untuk sasaran peluru. Mayat untuk praktek calon dokter. Dan yang paling berkesan menurut saya pembahasan tentang kepala. Paling seru cerita tentang bagaimana percobaan yang membuktikan orang yang terpenggal guilotin masih hidup beberapa saat setelah dipenggal :

Berikut kutipannya (banyak yang saya ringkas):

“Berikut yang bisa saya catat segera setelah pemenggalan: kelopak mata dan bibir … melakukan kontraksi berirama yang tidak teratur sekitar 5 atau 6 detik .. dan berhenti. Wajahnya berangsur tenang..kelopak setengah menutup.. saat itulah saya memanggil dengan suara keras [namanya] .. kemudian saya melihat kelopak matanya perlahan mengangkat … [seperti] orang terbangun dari lamunan … pada saat itu saya tidak melihat tatapan mata kosong .. sebagaimana orang sekarat.. namun, saya melihat tatapan yang tak diragukan lagi begitu hidup .. “

Pembahasan yang lain adalah mengenai mayat dan ekologi, bagaimana kremasi menyumbang pencemaran merkuri yang cukup besar (karena tambalan gigi) dan cara lain yang lebih ramah lingkungan, salah satunya dijadikan kompos (mayat dibekukan dengan nitrogen lalu dengan ultrasonik dijadikan bubuk untuk kemudian diolah menjadi pupuk).

Sayangnya dia tidak mengulas penguburan secara Islam yang menurut saya ramah lingkungan dan sangat simple: tidak menggunakan peti, jenazah harus bersentuhan langsung dengan tanah (lebih cepat membusuk) dan makam dapat di-reuse atau di-share (sudut pandang awam, CMIIW). <update 1 Nov 07> Ini berdasarkan pengamatan saya di pemakaman Cibarunai Sarijadi. Ditempat ini walaupun tempatnya terbatas, tampaknya tidak pernah penuh. Setahu saya jika sudah beberapa tahun tidak diurus ahli waris untuk pembayaran retribusi, makam dapat di-reuse untuk orang lain. IMO, ini bagus karena tanah dikelola secara efisien dan memudahkan proses penguburan (tidak perlu mencari lokasi makam terlalu jauh).  <end update>

Tidak seperti buku populer yang lain, dapat dikatakan hampir semua isi buku ini belum pernah saya dengar atau baca. Salut untuk pengarangnya yang melakukan riset secara mendalam dan menyajikannya dengan ringan, malah sering lucu .

Tentu saja buku ini bukan untuk semua orang, boro-boro baca, istri saya begitu melihat covernya (gambar telapak kaki dengan label) langsung sebal : “Jangan diletakkan di kamar tidur Mas!”

(*) Darimana saya tahu NYtimes paling netral? Saat perang 30 hari Hisbullah-Israel, saya mengikuti beritanya via kantor berita yang mungkin tidak netral: Al Jazeera, JPost, Haaretz dan kantor berita yang harusnya netral seperti: Time, CNN, BBC, Reuters, NYTimes. Dengan cara ini dapat diketahui mana yang paling bagus dan netral liputannya.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. lucu?..
    mesti mikir 7x untuk gue membaca nya kaya’nya *serem

  2. @syndez: hehe memang lucunya beda dengan buku humor. Nggak tahu saya istilahnya (gaya ironi?), tapi yang jelas saya sering senyum sendiri.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

