Geotagging Foto di Flickr

26 October 2007 at 22:56 | Posted in Uncategorized | Leave a comment
Tags: ,

Hari senin kemarin, sambil menunggu Lia saya mencoba fasilitas geotagging di Flickr. Dengan fasilitas ini, kita bisa meletakkan foto pada peta yang disediakan.

Untuk Bandung, saya lihat baru terdapat 100-an foto, itupun kebanyakan tidak detil posisinya. Saya mencoba meletakan foto-foto saya di resolusi yang paling maksimal. Dengan resolusi ini, dua foto dapat dibedakan sampai dengan 20 meter-an.

Ternyata foto-foto saya kebanyakan masuk ke dalam tiga wilayah: Sarijadi, UPI dan ITB (jalur trayek saya sebagai ‘sopir’ hehe), dengan porsi terbanyak adalah di lokasi rumah (ketahuan nih saya orang rumahan🙂 ).

Untuk melihat lokasi foto dalam peta, setelah foto di-view, dibagian kanan ada tulisan: “Taken in …. “. Untuk lokasi UPI ada tulisan “Taken in Lembang, Jawa Barat” sedangkan Sarijadi dianggap masuk ke Cimahi. Kemudian klik “map” maka petanya akan ditampilkan (zoom maksimal untuk melihat lokasi detilnya). Berikut contoh untuk UPI, Sarijadi dan ITB. <update 30 Okt 07> Peta seluruh foto saya dapat dilihat di: http://www.flickr.com/photos/yudiwibisono/map/ Beberapa foto belum akurat (yang berada di tengah Bandung), artinya baru di-geotagging secara umum saja bahwa itu diambil di Bandung <end update>

Saya pikir ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Kalau saya jadi penjual rumah, saya dapat letakkan foto rumah yang akan saya jual di peta. Kalau saya jadi manager minimarket (seperti Indomaret), saya dapat letakkan foto-foto setiap cabang di peta. Bahkan pemda kota juga bisa menggunakannya.

Tentu saja kita dapat membuat sendiri aplikasi dengan memanfaatkan API yang disediakan Yahoomap atau Googlemap, tapi menurut saya Flickr dapat dimanfaatkan untuk solusi cepat, gampang dan gratisan🙂

Sedangkan mengenai kualitas peta, foto satelit Flickr lebih tajam daripada Google walaupun resolusinya lebih rendah. Kelemahan utama geotagging flickr cuma satu: foto satelitnya tuaa sekali. Gedung FPMIPA UPI masih dalam proses pembangunan, berarti foto ini diambil sekitar tahun 2001 atau 2002. Ini lebih tua dari dari Googlemap yang diambil sekitar tahun 2004. Padahal Bandung bukan kota statis, jadi banyak tempat yang berubah atau bertambah yang belum masuk ke dalam peta.

== Update 27 Ok 2007 ==

Saya telah mengirim email ke cs-nya flickr.com. Saya memberi masukan agar mereka mengupdate foto satelit untuk kota Bandung. Jawaban tiba sekitar 5 jam kemudian (respon yang cepat, patut ditiru nih).

“Thank you for contacting Flickr Customer Care.

We are aware that there are some locations that might be reflecting an adjacent city or town, an incorrect place name, or a town name that is no longer in use. Flickr uses map data from Yahoo! which in turn is provided by third party providers (almost all online maps are sourced this way).

We are developing methods to allow you, the knowledgeable member, to be able to contribute to local adjustments. We don’t have a particular date in mind when we would be able to offer this, but please understand it is something we hope to provide in the very near future.

In the mean time we have passed the information that you have noted onto Yahoo! Maps so they can look into it. “

Mudah-mudahan saja diupdate. Capek kalau harus mengupdate sendiri petanya hehe

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

