SumatraPDF

22 October 2007 at 12:04 | Posted in Uncategorized | 5 Comments

Saat membaca salah satu artikel Slashdot, saya melihat link ke software PDF Reader: sumatraPDF. Hal yang membuat saya tertarik tentu karena namanya mengandung “sumatra”, jangan-jangan dibuat orang Indonesia. Sayangnya bukan, pembuatnya adalah Krzysztof Kowalczyk.

Setelah saya lihat translationnya (sudah diterjemahkan dalam 17 bahasa), ternyata bahasa Indonesia belum ada. Wah, namanya mengandung sumatra kok belum ada yang mentranslate ke bahasa Indonesia ya. Bahasa Malaysia saja ada (hiks.. keduluan). Akhirnya saya coba translate, cuma butuh waktu 30 menitan, lalu kirim ke  Krzysztof. Hari ini dapat balasan bahwa Bahasa Indonesia sudah masuk, memang belum masuk ke executable-nya, tapi sudah ditambahkan di source code: http://sumatrapdf.googlecode.com/svn/trunk/src/strings.txt

SumatraPDF ini ukurannya kecil sekali (800KB), setelah ada versi bahasa Indonesianya, saya pikir ini bagus untuk pengguna e-learning di FPMIPA UPI. Soalnya banyak dosen yang mengupload materi dalam bentuk PDF. Mahasiswa lebih baik mendownload sumatraPDF ini dibandingkan Acrobat Reader yang ukurannya besar sekali, waktu loadingnya lama, dan sering ngotot minta autoupdate.

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kalau saya mah pake foxitReader, karena ga usah diinstal. jadi bisa di bawa di flashdisk … juga ada yang versi linuxnya, walaupun tampilannya masih sangat sederhana dibanding versi windows.

  2. SumatraPDF ini lebih kecil dari Foxit dan juga tidak perlu diinstall. Tapi foxit mungkin masih lebih stabil dari SumatraPDF (saya juga pake foxit).

  3. Wah keduluan.

    Istri saya sudah menerjemahkan sekitar 3 bulan lalu, dah dikirim ke Krzysztof Kowalczyk nggak dapet balesan sama sekali, bahkan sudah dikirim 2x (nggak bounce, nggak masuk folder spam).

    Saya juga sudah memastikan terjemahannya benar, dan bisa dicompile.

    Oh well…

  4. Tambahan dikit (biar gak heran kenapa saya mengcompile): saya compile sumatrapdf dengan terjemahan istri saya karena ada asersi dalam program yang akan ditrigger jika ada terjemahan yang terlewat. Dan tentunya supaya bisa dilihat apakah kata2nya enak ketika dipakai.

  5. @yohaness, bukan keduluan, sebenarnya Anda yang duluan🙂
    Sayang juga ya.

    Mungkin masalah account email-nya? atau isi emailnya? Saya menggunakan domain @upi.edu untuk email, mungkin ini berpengaruh? Krzysztiof ini memang tidak langsung menjawab, saya mendapat reply setelah 4 hari.

    Saya juga tidak mencoba mengcompile sendiri.


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

