Tips mengemudi

8 October 2007 at 23:50 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Banyak yang bilang mengemudi di jalanan Indonesia menyebalkan. Sebenarnya sangat mengasyikan, tingkat ketidakpastiannya sangat tinggi. Setiap pergi, jangan lupa berdoa dulu karena memang hanya Allah yang tahu apa yang akan kita hadapi di jalan🙂. Mulai dari kemacetan mendadak, motor yang mepet dari kiri-kanan, angkot yang berhenti lalu jalan lagi tanpa terduga, razia polisi, mobil dari arah berlawanan yang menyalip mendadak dan terakhir tapi bukan yang tidak penting: pohon tumbang.

Ini bukan kritikan terhadap kondisi lalulintas kita lho, ehm.. ya mungkin memang lebih baik kalau diperbaiki, tapi prinsip saya semua harus dinikmati. Apa jadinya kalau kita pergi semuanya bisa diprediksi, waktu sampai tujuan dapat ditebak sampai detik? Bosan mungkin hehe. Sekarang saat saya ke kampus biasanya kondisi tubuh dalam kondisi siaga karena pompaan adrenalin saat mengemudi, dijamin bebas ngantuk dan siap tempur🙂

Kembali ke judul, berikut beberapa tips mengemudi. Mungkin ada beberapa diantaranya yang berlaku spesifik untuk Bandung. Disclaimer: tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi karena tulisan ini🙂

  1. Sering bermain game FPS (First Person Shooter), seperti Counter Strike (CS). Game ini terbukti melatih reflek dan memperluas sudut pandang (bisa melihat sekaligus ke kanan dan ke kiri melalui sudut mata) .
  2. Berpikir seperti angkot, saat didepan kita ada angkot dan ditepi jalan banyak calon penumpang, kita harus dapat memprediksi bahwa angkot ini akan berhenti mendadak (syukur kalau minggir sih).
  3. Membaca jalur angkot yang ada di kaca belakang angkot. Misalnya saat kita baca ini angkot jalur X, berarti angkot ini dibelokan depan belok kiri. Ini penting karena posisi angkot biasanya tidak dapat diprediksi (mau belok kiri, ambil kanan dan sebaliknya). Banyak yang lampu sign-nya juga mati, atau malah error (belok kiri, sign kanan dan sebaliknya).
  4. Saat ada razia, harus pasang muka cool. Muka terlalu santai, terlalu tegang atau malah cengengesan dapat berbahaya. Jangan melalukan aksi mendadak seperti mencari HP, merogoh-rogoh apapun. Bukan apa-apa, surat saya sih lengkap, cuma buang waktu saja kalau distop.
  5. Terakhir, tapi yang terpenting. Jangan lupa berdoa. Sehati-hatinya menyetir, tetap saja ada faktor X. Misalnya mobil yang tertimpa pohon kemarin (di Tamansari), atau kasus Taufik Savalas yang di jalur yang benar tapi ditabrak mobil arah berlawanan. Atau sepeda yang tiba-tiba jatuh di depan mobil (pengalaman pribadi).

Silahkan tambahkan tips lain kalau ada hehe.

Update 13 Jan 08: Link ini bagus untuk orang yang baru belajar mengemudi.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: