Mencoba kronologger

30 September 2007 at 14:45 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Kronologger (www.kronologger.com) adalah layanan microblogging untuk komunitas Indonesia. Microblogging sendiri menurut techtaget.com dan wikipedia adalah (terjemahan bebas): “Kegiatan mengirimkan pesan pendek (<140 huruf) dalam frekuensi tinggi, umumnya dengan cellphone, ke situs yang didedikasikan untuk ini. Situs ini kemudian mempublish pesan tersebut. Secara default pesan dapat dibaca semua orang tetapi user dapat membatasi siapa yang dapat menerima pesan dan sebaliknya, user dapat membatasi pesan siapa yang ingin dia terima”. Microblogging sendiri dirintis oleh twitter.com.

Dua hari ini saya mencoba layanan kronologger, baik melalui browser maupun melalui cellphone dengan Opera Mini. User interfacenya sudah bagus. Simple, tidak bertele-tele tapi lengkap. Saat ini anggotanya sudah 600-an, dan sepertinya sih kebanyakan sudah bekerja dan dalam rentang umur 20-30an (bukan pelajar). Wajar saja, karena yang tertarik menggunakan layanan ini biasanya adalah orang yang selalu terkoneksi dengan internet baik melalui pc maupun cellphone, dan pelajar di Indonesia tampaknya belum sampai pada level itu (mahal soalnya😦 ).

Menurut saya pribadi, layanan ini merupakan campuran antara SMS, online forum dan chatting. Bentuk pesannya mirip dengan SMS, karena dibatasi ukurannya. Mirip forum karena kita dapat membuat thread baru atau mereply posting orang lain. Sedangkan response umumnya lebih cepat dari forum tapi lebih lambat dari chatting. Panjang postingnya juga diantara forum dan chatting, tidak sepanjang forum tapi biasanya tidak sependek chatting.

Tapi kalau disebutkan merupakan bagian dari blog menurut saya sih bukan, soalnya IMO blog itu memerlukan pemikiran lebih dalam dari sekeadar pesan pendek. Tapi memang sekarang banyak juga sih blog yang isinya cuma satu baris saja. Kalau ada yang ngotot soal ini, ‘kan saya sudah bilang ini IMO🙂

Layanan kronologger yang paling menarik menurut saya adalah fasilitas pengiriman foto. Kita buat posting, ambil foto dengan cellphone lalu langsung kirimkan. Sayangnya foto dibatasi hanya 7 hari berada di server. Fasilitas ini penting karena walaupun ada alternatif penyedia jasa photoblogging, umumnya berada diluar Indonesia sehingga membuat waktu upload menjadi lebih lambat (berbeda dengan kronologger yang memang dioptimasi untuk penduduk Indonesia). –update 2 Ok 07 — : ternyata flickr.com menyediakan fasilitas upload melalui cellphone dan kecepatannya hampir sama dengan kronologger.

Menurut saya Kronologger paling tepat digunakan dengan cellphone sewaktu kita jauh dari komputer (artinya laptop saja tidak dapat digunakan, atau malas dibuka). Misalnya di dalam kereta, mobil, bis atau saat di tempat tidur. Kronologger juga merupakan social network, jadi lebih enak lagi digunakan kalau kita sudah punya lingkaran teman-teman dekat.

Masalah yang saya rasakan cuma dua, pertama tidak ada fasilitas “remember me”, jadi harus selalu login ulang kalau keluar dari browser, ini terasa menggangu kalau kita menggunakan cellphone. Kedua, saat menggunakan cellphone saya tidak dapat melihat profil user lain.

–update 2 Ok 07 —
Salah satu lagi kegunaan kronologger, hari ini tetangga saya mencari darah A+ untuk cucunya yang perdarahan selepas melahirkan. Saya posting ke kronologger dan mendapat response yang cepat dan informatif sekali. Thanks untuk semua🙂.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: