Fasilitas Ilkom UPI

27 September 2007 at 14:50 | Posted in Uncategorized | 2 Comments

Baru saja membaca blog dosen saya, Pak Rinaldi mengenai ultah IF-ITB yang ke-25. Selamat ultah untuk IF Pak🙂

Asyik melihat foto-foto gedung lama IF yang sempat kami (angkatan 94) tempati selama 2 tahun. Terbayang suasana ospek di sekitar gedung itu, kami dibawa tengah malam, digojlok sampai jam 3-an, dan diberi tugas pula untuk besok paginya 🙂 . Saya ingat waktu itu sampai ngiler melihat rumput di halaman gedung itu. Bukan untuk dimakan, tapi untuk dijadikan kasur hehe. Soalnya ngantuk berat sih. Sekarang semuanya sudah rata dengan tanah. Memang menurut saya kondisi gedung lama lumayan parah dari sisi kelembaban dan cahaya.

Menariknya, saya jadi teringat kondisi ilkom UPI sekarang. Dalam usianya yang masih bayi ( 3 tahun) ternyata ada beberapa kemiripan kisah ilkom UPI dengan cerita Pak Rinaldi mengenai IF-ITB di masa muda.

Dari sisi gedung, kita sebenarnya menggunakan gedung FPMIPA yang (IMHO) lebih bagus dari gedung labtek IV. Tapi perlu diingat bahwa gedung ini dibangun saat Ilkom belum ada dan memang asalnya hanya diperuntukkan untuk mat, kim, bi dan fis. Sehingga terasa kadang-kadang kita “nebeng” di gedung ini. Jumlah ruangan yang terbatas juga membuat kita kesulitan membuat lab baru, walaupun komputernya sudah ada. Beberapa kuliah juga akhirnya terpaksa dilakukan di gedung lain yang fasilitasnya lebih terbatas.

Dari sisi kisah mahasiswanya mirip. Di usianya yang muda, Ilkom langsung menyodok menjadi favorit pilihan mahasiswa baru yang akan masuk UPI.

Sedangkan dari sisi perkuliahan, menurut saya masalahnya mirip juga. Masih banyak dosen yang sekolah, kurikulum belum stabil dan jumlah mahasiswa yang tidak sebanding dengan fasilitas.

IF-ITB membutuhkan waktu 14 tahun untuk mendapatkan gedung milik sendiri. Semoga saja kita dapat lebih cepat dari itu 🙂

— update 2 Sep 08 —
Mulai dari tahaun 2008 ini, Ilkom UPI mendapat hampir semua ruangan pada gedung perpustakaan lantai 4.  Itu berarti belasan ruangan untuk kuliah dan Lab. Walaupun ruangannya belum sempurna (suara antar kelas masih sering tembus, kebersihan kurang),  tapi sudah lebih baik dari tahun sebelumnya. Ada isu kami akan dibuatkan gedung baru hmmm (kapan yah?)🙂

–update Feb 09 —
Akhirnya Ilkom pindah ke gedung FPMIPA-C,  gedung dua lantai dan direnovasi untuk kebutuhan Ilmu Komputer.   Saat ini terdapat 8 lab komputer dan tujuh ruang kelas.  Akhirnya setelah 5 tahun, kami memiliki gedung sendiri.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Perlu gebrakan Yud kalau mau maju. Kamu kan pelopor di situ, jadi nanti ikut mewarnai perkembangan ilkom UPI ke depan. Pelopor biasanya selalu dikenang, meskipun itu bukan tujuan.

  2. @Pak Rinaldi,
    Terimakasih pak, saya harap juga begitu. Memang berat dan masih jauh perjalanannya🙂 Tapi anggap saja sebagai tantangan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: