Motivasi Membuat Blog

26 September 2007 at 15:29 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Akhir-akhir ini banyak orang menulis artikel seputar blog. Mulai dari cara memilih tema, membuat posting, teknik supaya mendapat banyak kunjungan dan banyak tips yang lain. Saya pikir sih semua sah-sah saja, setiap orang punya motivasi sendiri dalam membuat blog.

Menurut pendapat pribadi saya, prinsip pertama membuat blog adalah ketulusan. Tidak perlu repot-repot memikirkan apakah blog kita dibaca orang, dikomentari orang. Tidak perlu berpikir bagaimana teknik supaya pagerank-nya tinggi, dll. Pokoknya buat tulisan yang sesuai dengan selera kita saja, apa adanya.

Walaupun demikian, lebih bagus lagi jika isi blog dibuat tidak asal-asalan. Blog melatih kita berpikir sistematis dan menguraikannya dalam kata-kata, terlepas apapun isi pikiran itu. Cara yang paling bagus adalah dengan melihat-lihat blog orang lain. Ada blog yang menarik bagi kita, ada juga yang entah kenapa membuat sebal (walaupun blog itu terkenal, pageranknya tinggi, banyak dikomentari). Jadikan kedua jenis blog itu sebagai inspirasi.

Motivasi saya membuat blog adalah membuat dokumentasi mengenai apa yang saya pikirkan dalam waktu tertentu. Kenapa tidak dilakukan secara private saja kalau begitu? Karena saya pikir ada beberapa hal yang mungkin bermanfaat bagi orang lain. Karena ini blog saya, ya jadi lebih bebas menulisnya. Dulu saya sering menulis di milis atau forum, tapi dipikir-pikir mungkin ada orang yang tidak sejalan dengan pikiran saya, dan kasihan mereka harus “terpaksa” membaca. Dengan blog, tidak ada lagi paksaan. Sama seperti kenapa saya tidak menggunakan daftar hadir di kuliah hehe. Tidak suka atau tidak mau kuliah ya tidak perlu ikut kuliah🙂 , asal berani tanggung resikonya.

Tentu saja ada batasan juga jika membuat blog dengan nama asli (apalagi dengan domain upi.edu). Harus hati-hati karena orang dapat mengutip blog ini. Mungkin sedikit yang membaca blog saya, tapi kalau misalnya dikutip oleh koran bisa repot juga.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

