Menghargai hidup

22 September 2007 at 14:41 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Tadi pagi, saya membaca slashdot dan ada berita yang sangat menyentuh.

Artikel tersebut bercerita tentang dosen comp. science CMU yang terkena kanker pangkreas dan diramalkan hanya akan bertahan 3 – 6 bulan lagi. Perjuangannya dapat dilihat di: http://www.cs.cmu.edu/~pausch/news/index.html

Hal yang patut ditiru adalah keoptimisannya dan kegigihannya untuk berjuang sampai titik darah penghabisan. Membacanya membuat saya merasa beruntung masih diberi nikmat hidup (walaupun tidak tahu juga sampai kapan🙂 ).

Yang menarik, di situs beliau terdapat juga link mengenai manajemen waktu. Dari artikel ini terlihat beliau ini orang yang sangat terorganisir dan fokus (jauhlah dari saya hehe) . Tapi yang membuat saya tertarik adalah perbedaan kontras antara tulisan mengenai menajemen waktu ini dengan kisah perjuangannya.

Apa perbedaan kedua tulisan ini? Jawabannya: keluarga (istri dan ketiga anaknya).

Di tulisannya tentang manajemen waktu, hampir tidak pernah disebut tentang keluarga. Fokusnya adalah karir, karir dan karir (tenure, degree). Tapi di tulisan tentang perjalanannya dengan kanker, urusan karir terlihat menjadi tidak penting lagi. Keluargalah (terutama anaknya) yang menjadi hal utama di sisa hidupnya.

Dari sini ada hikmah yang saya ambil. Saya bersyukur bahwa bagi saya keluarga telah menjadi prioritas sejak awal. Saya bersyukur tidak harus menunggu sakit yang fatal sebelum menyadari hal tersebut.

Mengapa saya memilih jadi dosen? supaya saya dapat mempunyai jadwal fleksibel dan dapat kerja dirumah sehingga lebih banyak waktu dengan keluarga. Mengapa saya memilih kuliah S2 di Bandung? sama jawabannya (walaupun dari semua sisi selain keluarga, jauh lebih menguntungkan kuliah di LN).

Teringat ucapan paman Zuko di kartun Avatar: Ada dua hal yang harus kamu bisa jawab dalam hidup: “Who are you?” dan “What do you want?”.

-update 26 Juli 08-
Randy Pausch akhirnya meninggal, posting terakhir di websitenya adalah tanggal 26 Juni 08.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

