Pelatihan E-Learning untuk Dosen Biologi

Tadi pagi dilangsungkan pelatihan E-learning (Moodle) untuk dosen Biologi. Sebelumnya untuk Fisika sudah dilakukan beberapa bulan yang lalu oleh Pak Waslan. Walaupun terasa capek karena bermodel workshop, tetapi senang sekali rasanya.

Sebenarnya waktu saya pertama kali menginstall e-learning di matematika.upi.edu tahun 2004, itu dilakukan untuk memanfaatkan hosting di upi.edu yang disediakan untuk jurusan (saya ingat waktu itu baru jadi dosen dan ikut dalam pelatihan pembuatan website jurusan). Daripada space-nya menganggur lebih baik dimanfaatkan (untuk coba-coba hehe), lagipula menurut saya seharusnya UPI harus paling maju untuk urusan ini.

IMO, sisi teknis e-learning sebenarnya tidak terlalu berperan, yang lebih penting justru dari sisi ilmu pendidikannya. Bagaimana bentuk materi di e-learning supaya lebih efektif? Bagaimana cara mengukur efektivitasnya? Apa instrumennya? Orang pendidikanlah yang paling kompeten melakukan itu. Kemudian bersama orang Ilkom, orang pendidikan dapat membuat teknik baru yang dapat diintegrasikan dengan Moodle. Contohnya adaptif test dimana butir soal dapat berubah tergantung dengan jawaban siswa sebelumnya (mungkin yang ini sih sudah dibuat 😉 Jadi potensi risetnya masih banyak sekali. Belum lagi log aktivitas mahasiswa yang sangat detil dan besar (1000-an transaksi per hari) dapat dimanfaatkan untuk datamining.

Kembali ke e-learning FPMIPA. E-learning ini dimulai oleh satu dosen (saya sendiri hehe) dan satu matakuliah di 2004. Tahun 2005, sayangnya hanya dapat bertambah menjadi dua dosen 🙂 . Tahun 2006 mulai diadopsi oleh Fakultas (fpmipa.upi.edu/kuliah), tapi masih tetap lambat, hanya bertambah menjadi 5 dosen dengan kira-kira 10 matakuliah. Tahun 2007 terjadi peningkatan yang signifikan. Sekarang sudah ada sekitar 67 matakuliah online dengan sekitar 30-an dosen. Tentu saja dengan tingkat yang berbeda-beda, ada yang hanya mengupload materi, ada juga yang sampai menggunakan forum diskusi, quiz, upload tugas dsb. Mudah-mudahan tahun ini menjadi tipping point 😉

Itulah yang membuat saya senang dengan pelatihan atau workshop e-learning. Bagi saya setiap tambahan satu dosen yang menggunakan e-learning merupakan satu langkah maju dan harus diperjuangkan. Kalau untuk mahasiswa sih tidak perlu terlalu bersusah-payah, beri saja tugas yang harus dikerjakan melalui e-learning, pasti bergabung hehe.

Saya pikir ini proyek bisa menjadi studi kasus. Mungkin bisa diaplikasikan pada sistem yang lain. Karakteristiknya:

  • Mulai dari bottom-up ( level jurusan -> fakultas -> UPI? 😉 .
  • Jangka panjang. Bukan lari sprint tapi lebih ke arah lari marathon.
  • Incremental, pelan-pelan tapi jalan terus. Bukan model big-bang yang dimulai dengan ledakan lalu menghilang.
  • Murah meriah. Memanfaatkan fasilitas yang ada (server upi.edu, FOSS, lab di FPMIPA, sdm internal dll). Biaya untuk start sangat rendah, setelah ada hasil dana umumnya akan datang sendiri.

Bagi civitas UPI, khususnya FPMIPA ayo dorong penggunaan e-learning 😉 Kalau perlu dengan demo hehe (becanda).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s