Nostalgia: Kode masa lalu

17 September 2007 at 15:47 | Posted in Uncategorized | Leave a comment

Saat membereskan file di hardisk lama, saya menemukan kode program masa lalu saya. Tips untuk mahasiswa yang membuat program: jangan sekali-kali membuang dan menyia-nyiakan kode lama Anda. Belasan tahun kedepan, bisa jadi kenangan yang bagus.

Direktori itu berisi kode dari jaman saya SMP (tahun 90) yang masih menggunakan BASICA (interepreter BASIC milik Microsoft saat mereka masih perusahaan kecil. Ada yang bilang sebagian codenya dibuat sendiri oleh Bill G). Lalu dilanjutkan kode yang memperlihatkan peralihan saya ke Turbo Pascal saat di kelas 1 SMA. Saya memang suka membuat program, dari SMP untuk hobi sampai sekarang untuk dapur🙂

Kode berbahasa basic sempat tidak mau dibuka BASICA, baru setelah saya cari-cari dan download GWBasic akhirnya berhasil dibuka dan di-run. Tidak seperti saya bayangkan, ternyata kode-nya cukup terbaca. Ini mungkin berkat buku Jogiyanto (sekarang sudah profesor). Beliau adalah contoh salah satu pengarang yang bagus. Disaat orang lain membuat buku tipis, beliau membuat buku sampai 700-an halaman. Bahkan buku turbo pascalnya dibuat sampai dua jilid, yang masih jarang dilakukan orang sampai sekarang untuk jenis buku komputer .

Program pertama saya yang lumayan besar di tahun 90-an adalah sebuah game. Sebuah bola diletakan di kotak lalu bola itu berpindah-pindah dengan cepat. Terakhir, user harus menebak dimana bola itu berasal. Hanya terdiri dari 67 baris, berikut adalah contoh snapshot code-nya (termasuk GW-Basic)

kode basic pertama

Dari kode-kode saya yang lain, ada salah satu program dengan komentar yang lucu:

' 14 sep 91, kut siram adamnayit

kut = tuk, siram adamnayit = nama salah satu teman perempuan saya di SMPN 8 dulu (sekarang SMPN 1 Margahayu Bandung ) coba tebak siapa hehe. Mungkin sekarang anaknya sudah banyak ya🙂 Ada lagi:

'9 oktober 1991, kut eckew gnay ukulap anamayn

Beralih ke SMA, kebanyakan kodenya tidak bertanggal. Cara membuat program terlihat lebih maju sedikit hehe. Komentarnya juga berubah:

{22-3-92 tuk R D}

lalu…

{tuk --sensor-- 14-12-92 (setelah sumatif)
sampai 21-12-92 2 hari sebelum bagi rapot rengking saya berapa ya}

kemudian…

{1 jan 94  ut n.a.}

siapakah n.a?🙂 kemudian:

{14 februari 94 ut -sensor- met pake jilbab}

Beberapa harus disensor, karena pasti dikenali oleh teman SMA saya hehe. Oh ya, ranking saya waktu SMA kelas 1 yang saya ingat 25 dan yang paling parah saat kelas tiga, yaitu 47 dari 51!

Lho kok jadi ngelantur membicarakan komentar program ya hehe.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

