Cara Menginstall SDK Android tanpa Internet

13 February 2011 at 21:44 | Posted in android, kuliah, Uncategorized | 65 Comments

Update Nov 2012:

Penting: sudah tersedia bundle installer Android SDK untuk Windows yang lengkap: Eclipse+ADT, platform-tools, SDK tools, platform dan system_image : http://developer.android.com/sdk/index.html   JADI LANGKAH-LANGKAH YANG DITULIS DI POSTING INI SUDAH TIDAK DIPERLUKAN LAGI. ANDA BISA MENGINSTALL SECARA OFFLINE DENGAN BUNDLE TERSEBUT. Untuk cara instalasi dengan bundle dapat dilihat di posting ini.  Sedangkan dasar-dasar membuat app Android dapat dilihat pada modul tutorial Android (ambil versi yang  paling baru) yang saya gunakan untuk memberikan praktikum  di kampus.  Modul ini berisi prosedur instalasi sampai widget, sqlite, grafik, koneksi server, pemanfaatan google map dll. Formatnya MS-Word, berlisensi creative common.  Jadi silahkan digunakan  untuk belajar,  pelatihan dst. Boleh didistribusikan, dimodifikasi dan diremix,  asal setelah dimodifikasi  doc-nya juga disebar,  nama saya tetap ada dan tidak untuk komersial.  Bagi yang belum menguasai Java, bisa mendownload  modul ini untuk dipelajari.

Update April 2012:

Pertama: posting  ini ditujukan untuk membantu pelaksanaan praktikum/pelatihan mobile computing di lab. Instalasi SDK dan  ADT di 30 komputer lab secara bersamaan menggunakan internet tentu sulit, lebih praktis  jika dilakukan offline.  Jadi jika anda hanya ingin menginstall untuk komputer pribadi,  dianjurkan menggunakan cara biasa saja (via SDK secara online) .

Update Okt 2012:
Disesuaikan dengan SDK dan ADT terakhir  (versi r20.0.3)

——–

Tidak sulit menginstall Android SDK,  tapi  perlu beberapa penyesuaikan jika memiliki koneksi internet yang terbatas atau tidak ada.  Beberapa hal saya ambil dari site ini, tapi dengan penjelasan dan tambahan Eclipse+ADT.  Saya juga masih perlu banyak belajar, jadi cmiiw :)

Berikut langkah-langkahnya, (bagi mahasiswa Ilkom UPI, saya sudah siapkan file-file  yang dibutuhkan di pengelola Lab Praktikum atau di Lab Basdat):

Catatan: Langkah 1 dan 2 dapat dilewat jika Anda telah menginstall Eclipse. Nama file  dapat berubah sesuai dengan versi masing-masing. Saya mencantumkan nama file  supaya memudahkan mahasiswa yang menjalankan instalasi dari CD/flash disk.

  1. Siapkan dan install Java SDK Nama filenya akan seperti  “jdk-7u7-windows-i586.exe”. Nama  dapat  berbeda  sesuai dengan versi JDK.
  2. Siapkan dan install Eclipse. Nama filenya seperti “eclipse-java-juno-SR1-win32.zip”.  Tidak perlu diinstall, tinggal ekstrak saja ke tempat yang diinginkan. Jalankan untuk memastikan Eclipse sudah bekerja.
  3. Siapkan dan install SDK Android Nama filenya seperti “installer_r20.0.3-windows.exe”, install dan catat lokasi installernya.
  4. Pada tahap ini biasanya kita harus menginstall Android platform via   SDK Manager melalui internet. Jika anda hanya menginstall untuk satu komputer, sangat disarankan untuk melakukan instalasi lewat internet dan loncat ke langkah 10.
  5. Buka struktur repo Android . Cari dengan ctrl-f kata “<sdk:platform>”.   Terlihat bahwa disediakan  beberapa versi platform  (kenapa tidak yang terbaru saja? jawabannya Android yang beredar dipasaran terdiri dari berbagai versi dan dapat tidak  kompatibel antara versi baru dengan yang lama). Kemudian lihat isi tag “<sdk:url>”.   Misalnya yang dipilih versi 2.2, maka ambil isi <sdk:url>android-2.2_r03-linux.zip</sdk:url>   lalu tambahkan setelah  dl-ssl.google.com/android/repository/   Sehingga URL-nya menjadi:  http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.2_r03-linux.zip  (walaupun ujungnya ada kata linux, tapi bisa digunakan untuk windows). Download file ini.  Langkah 5-6 dapat diulang untuk versi platform yang lain. Misalnya untuk ICS, maka urlnya adalah http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-16_r03.zip.
  6. Ekstrak file dari langkah 5.  Copy ke  direktori ke C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms (sesuai tempat menginstall SDK Android di langkah 3)   sehingga menjadi C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows dengan subdirektori seperti C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows\ant ,  data, images, skin dst. Nama direktori “android-2.2_r02-windows” bisa diganti dengan nama lain.
  7. Pada tahap ini anda membutuhkan direktori “platform-tools”,  “extras” dan “system-images” yang isinya saya tidak tahu harus mendownload dari mana. Cara yang saya gunakan adalah mengcopy  dari komputer yang sudah memiliki SDK lengkap (diupdate melalui internet).  
  8. Copy direktori “platform-tools”  ke C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\  sehingga menjadi C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platform-tools.  Lakukan hal yang sama untuk direktori “extras” dan “system-images”.
  9. Jalankan ulang SDK-Manager (Start –> All Program –> Android SDK Tools –> SDK Manager). Platform 2.2 harusnya sudah otomatis muncul.
  10. Sekarang kita menyiapkan Android Virtual Device (AVD).  Di panel kiri SDK manager, ada pilihan “Virtual Device”. Klik ini. Lalu lihat dibagian kanan ada tombol “New”.   Klik “new”, akan keluar dialog.  Isi nama, target, ukuran SD-Card dst.  Setelah selesai,  dialog tertutup dan akan muncul AVD tersebut. Pilih AVD ini. Lalu klik “Start” dan tunggu. Proses ini cukup lama! (saat pertama coba  sempat saya close karena curiga hang, ternyata memang lama). Silahkan bermain-main dengan AVD ini, khususnya yang belum mempunyai phone Android.
  11. Siapkan  plugin Android untuk Eclipse, yaitu ADT (bagi yang mau mendownload  scroll kebawah sedikit dibagian “Download the current ADT Plugin zip file”).  Nama filenya akan seperti “ADT-20.0.3.zip.”.  Jalankan Eclipse.  Pilih  Help –> Install New Software. Klik “Add” lalu “Archive”. Pilih  file ADT-20.0.3.zip. beri nama “Android Plugin” dan pilih hanya developer tools saja. Lalu tekan next dan ikuti petunjuk selanjutnya ikuti petunjuk selanjutnya.
  12. Masih dalam Eclipse, kita coba buat app Android pertama. Klik  File -> New -> Other (atau ctrln-N)  Pilih “Android Project”  dibagian Android.  Ikuti petunjuk selanjutnya.
  13. Jalankan project tersebut dengan tombol play (ctrl-F11). Pilih Android Application. Tunggu AVD muncul dan loading  (untuk menghemat waktu, usahakan AVD tidak ditutup selama Eclipse masih terbuka).   Jika program Anda tidak muncul klik “menu” pada AVD.
65 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah keren pak, nggak kepikiran..
    kemarin coba download lama banget heuheu..

    • Lama dan gede. Saya habis 700MB, padahal pake internet berkuota lagi hehe. Lagipula masih ada bug, kalau download documentation, nanti di eclipse akan bermasalah di code completionnya (lambat banget).

  2. [...] Bagi yang ingin mencoba, silahkan install Android SDK dan IDE nya di komputer Anda. Kami menggunakan Eclipse sebagai IDE. Bagi yang belum tahu cara menginstall Android SDK di Eclipse, silahkan kunjungi blog berikut: http://yudiwbs.wordpress.com/2011/02/13/cara-menginstall-sdk-android-tanpa-internet/ [...]

  3. Nice info…

  4. keren.. tapi.. setelah pakai cara ini, dan membuat project baru, file R.java yang seharusnya ada di /gen kok tidak digenerate oleh eclipse ya.. Saya sudah coba clean / build project, tapi R.java tidak mau muncul sama sekali. Saya stuck di sini pak, mohon bantuannya

    • Mungkin ada masalah di adtnya

      • untuk setContentView(R.layout.main);untuk variable R kok error ya?

  5. Om.. Kalo saya pakai netbeans gimana ya..??? bisa kan..??

    • Bisa, saya pernah coba. Bahkan kalau mau dengan notepad++ dan command line juga bisa. Tapi saya lihat plugin netbeans tidak sebaik ADT. Lagipula sejak Sun dibeli Oracle saya berusaha menghindari Netbeans.

  6. Kenapa ya mas, saya pake SDK 2.2 dan ADT 0.9.9 error trs. Peringatannya di SDknya. Apa karena ga cocok atau SDK saya yg filenya korup?

    • Pesan errornya apa ya?

      • Saya coba download SDK installer_r09-windows.exe, kemudian sudah saya install dan download semua. tetapi di ecplipsenya ga bisa di Preferences mas, pas di pilih C:\Program Files\Android\android-sdk-windows ga muncul apa2. sedangkan kalau saya pakai SDK yang lama, yg veri 1.6 itu bisa mas. knp ya mas?

      • sama nih kasusnya bang.,., gk mncul apa-apa pas mw setting SDK Patch nya…

  7. Sudah berhasil nih Pak, ternyata untuk versi yang baru Adb.exe bukan di folder tools lagi, tetapi pindah ke platform-tools. Saya menggunakan ADT versi terbaru ADT 10.0.1. Karena sebelumnya saya pake versi 0.9.9, jadi ga bisa.

  8. Bang..pas create AVD di SDK biar muncul Google APIs pada kolom targetnya gimana ya??
    Di tutorial yg saya baca harusnya targetnya Google APis tp di SDK saya cuma muncul Android API, saya mau buat aplikasi kyk Google maps pake Google API :)
    Mohon Bantuannya

  9. Pak sy sdh install JDK1.6.0|_25 saat install Android SDK installer_r11-windows koq ngak dikenal ya JDK-nya … environtment variabel untuk jdk jg sdh dipasang ..
    Mhn petunjuk .. Tks.Tuhan Memberkati …

    • coba start –> run, ketik cmd, enter. Lalu di command line, ketik (tanpa tanda petik) “java -version” muncul nggak?

  10. Kenapa JDK sudah di-install tapi malah JDKnya tidak ter-scan oleh si exe nya??

    • exe yang mana ya?

      • coba reinstall lagi
        JDK nya

  11. rekan2 sekalian saya mau numpang nanya nih… saya punya tablet lagi rusak untuk koneksi wifinya… tertulis kalo application settings nya ga ada respon… jadi dia kasih 2 pilihan… mau force close atau wait… saya jadi bingung kalo lewat cara ini bisakah saya perbaiki tablet saya?

    • Kalau memang bermasalah terus, direset hardware saja, TAPI SEMUA DATA AKAN HILANG.
      Biasanya ada lubang kecil di pinggir tablet yang . Tusuk lubang itu dengan jarum/peniti.

      • saya sudah coba beberapa kali tapi tetap saja ga bisa…reset data factory juga sudah tapi tetap aja ga bisa…

        pada saat wifi saya nyalakan tidak ada notification gambar sinya di atas… trus seharusnya kan dia scanning untuk dapat wifi hotspot… malah mati otomatis dianya dengan tulisan “Application Settings (in process
        com.android.settings) is not responding” disitu saya dikasih 2 pilihan… force close atau wait…. dua duanya sudah saya coba tapi tetap saja ga bisa …

      • Kalau sudah factory reset tetep gagal, jangan-jangan masalah dihardware-nya. Kalau masih garansi sebaiknya diperbaiki.

  12. mau tanya Pak…
    saya sudah coba download satu per satu sesuai dengan petunjuk di atas…
    yang saya bingung kenapa untuk sdk:version 2.1 sampai 3.2 untuk windows tidak ada… apa saya tetap download yang untuk linux dan saya extract sedangkan saya memakai OS windows 7…
    thank’s

    • Kalau dilihat atributnya sdk:archive os=”any”, dugaan saya artinya bisa digunakan oleh Win atau Linux.

      • OK thank’s infonya

  13. Bagaimana install ulang android di tablet pc china?, alnya tabletnya lemot gara2 install game besar.

    • Coba googling dengan keyword: “flash custom ROM Android” tapi ingat resikonya, tablet anda bisa jadi mati total tanpa garansi :)

  14. wahh… mantab…. bis download bsa tinggal copy/paste…

    mw tnya klo cari url SDK selain 2.2 gmn??
    cz aq mw cba download SDK 3.2 atau 4.0 kq gk bisa.

    mhon pencerahannya…

  15. terima kasih atas tutorialnya… :D sangat membantu

  16. gemana install nya…. pasal setiap saya install ada juga masalah nya…. tolong bagai mana cara install yang benar nya………….???????????
    tanks

  17. mas kok pas ku instal kluar kayak gini
    Fetching http://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Failed to fetch URL http://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml, reason: Unknown Host ://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Fetched Add-ons List successfully
    Fetching URL: http://dl-ssl.google.com/android/repository/repository-5.xml
    Failed to fetch URL http://dl-ssl.google.com/android/repository/repository-5.xml, reason: ://dl-ssl.google.com/android/repository/addons_list-1.xml
    Done loading packages.

    • Sepertinya situs dl-ssl-google sudah ditutup atau sedang error?

  18. mantap artikel’a om…
    saya dah sukses instal android’a, tapi kog berat bgt y… (lambat)
    ada solusi om?

  19. waktu saya install ADT di preference sudah bisa tapi waktu saya klik finish koq malah muncul tulisan “Installing software has encountered a problem. an error occurred while collecting item to be installed”. Padahal tadi sudah terinstal tapi koq ga bisa,, gimana solusinya ya? Mohon bantuannya,, trims,,

  20. Pak saat mengcreate virtual device baru gagal di create tulisannya seperti ini
    [2012-06-10 11:51:49 - SDK Manager] Error: null saya bingung padahal platform android sudah terinstal semua dalam SDK Manager

  21. file hasil dwnload no 5,.kq nggk bisa diekstrak ke android>platform,…bisa diberi solusiya nggk??,..thnks,..

    • Gunakan cara biasa saja, lakukan langkah 3 dengan komputer yang terkoneksi internet. Setelah beres langsung loncat ke langkah 10.

  22. pak kok ada tulisannya saat AVD “an android device that failed to load” kenapa ya pak???

    • Dari yang saya baca, path SDK tidak boleh mengandung spasi. Misalnya “program files dst…”, coba pindahkan SDK ke direktori yg tidak ada spasinya.

  23. apakah bisa menggunakan netbeans selain eclipse? kalau bisa apakah caranya sama dengan menginstall menggunakan eclipse?

  24. terimakasih artikelnya mas, lengkap kap kap… :D

  25. maturnuwun ,mas

  26. master saya instal adt tapi yang keluar malah ini untuk android sdk tools nya : mohon pencerahan

    XML verification failed for http://dl-ssl.google.com/android/repository/addon.xml.
    Line -1:-1, Error: org.xml.sax.SAXParseException; schema_reference.4: Failed to read schema document ‘null’, because 1) could not find the document; 2) the document could not be read; 3) the root element of the document is not .

  27. boleh dicoba tuh, yah itung2 biar jadi producer.. masa dr dulu mo jadi konsumer trus.. (yg bisanya cuman make.. ) he..he..

    gan, anyway itu java sdk beda ga ma java se, kal udah nginstal java se (v1.6u24) gmn??

    • Kalau tidak salah bisa, cek saja requirement versi java minimal dari android SDK

  28. terima kasih banyak informasinya mas.. sangat membantu sekali buat saya..
    tapi ada yang mau saya tanyakan mas,, kebetulan yang saya butuhkan itu Android SDK Platform 2.3,, tetapi di repositorynya tidak ada yang buat windows, hanya ada buat linux.. gimana ya mas?? sedangkan yang saya butuhkan itu yg windows.. atau mungkin file tersebut support windows juga walaupun tertulisnya linux.. terima kasih mas informasinya..

    • sptnya bisa.

  29. saya pake android versi 4.1.2. Tp kok yg muncul cuma tulisan ANDROID saja ??
    Solusinya gimana tuh ??

    • Memang bisa sangat lama, coba tunggu sampai 15 menit. Lebih dari itu berarti memang bermasalah. Hapus AVD lalu buat ulang (coba versi lain).

  30. pak saya sudah smpai pada step 11, sudah saya add and archieve ADT saya..
    tp knapa tidak dapat ditemukan oleh eclipsnya?????

    • install online saja, jangan menggunakan archive

  31. Om saya mau nih,, jadi gini saya coba iseng decompile file apk via apk multi tool dan sudah berhasil proses decompilenyaa, tapi ketika hasil decompilenya saya buka di eclipse, untuk folder src nya kosong, itu memang kosong atau hasil decompile apk via apk multi tool hanya bisa dicompile lewat apk multi tool saja??? mohon pencerahannya Om, makasih

  32. kok gak bisa ya pas developer tool aku klik next di detailnya muncul tulisan
    Cannot complete the install because one or more required items could not be found.
    Software being installed: Android Hierarchy Viewer 8.0.1.v201012062107-82219 (com.android.ide.eclipse.hierarchyviewer.feature.group 8.0.1.v201012062107-82219)
    Missing requirement: Android Hierarchy Viewer 8.0.1.v201012062107-82219 (com.android.ide.eclipse.hierarchyviewer.feature.group 8.0.1.v201012062107-82219) requires ‘org.eclipse.core.runtime 0.0.0′ but it could not be found
    solusinya gimana ya?

  33. Masih sedikit bingung.. Saya lebih faham kalo pake virtual box sama Genymotion hehehe :)
    Nice info, biar ngga faham yang penting belajar n coba2.. :)

  34. pa,sy sdh instal semuanya tapi pas di star loading aplikasinya ga mau nongol2. yg muncul tulisan android doang…..salah apanya ya? mohon penjelasan nya di
    ndra.calm@gmail.com trims.

    • Memorinya kurang? Eclipse+Emulator bisa menghabiskan memori sampai 2G. Efeknya hardisk akan menyala terus menerus dan emulator akan sangat lambat.

  35. cara hubungin android nya dengan wifi gimana ya?

  36. gan minta solusinya dong kenpa pas log in di intagram lewat android.spk kok gagal terus ya ?

  37. mas klo kea gini kenapa yah ?

    Preparing to install archives
    Downloading SDK Platform Android 2.3.3, API 10, revision 2
    URL not found: C:\Program Files\sdk\temp\android-2.3.3_r02-linux.zip (Access is denied)
    Done. Nothing was installed.

    please dong ksh solusinya :( thx yah ^^


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

