Manfaat Air Kelapa Muda

18 September 2008 at 00:50 | Posted in Uncategorized | 64 Comments

Puasa ini saya memiliki hobi baru, yaitu membeli kelapa muda. Saya beli masih berbentuk buah, dan hanya dipotong sedikit dibagian atas (lalu ditutup lagi). Beli di sore hari dan baru dikeluarkan airnya dan dikerok dagingnya menjelang buka dan dimasukkan ke  kulkas sebentar.  Langsung diminum tanpa tambahan apapun. Wuih rasanya enak sekali. Jauh lebih enak dibandingkan beli yang sudah dikeluarkan oleh tukangnya dengan tambahan susu dan gula. Ternyata setelah saya baca, air kelapa memang harus diminum secepatnya setelah dikeluarkan dari buah.

Rasanya juga membuat badan lebih enak dan bersemangat, mirip seperti efek kopi tapi tanpa efek samping seperti berdebar dan mulut kering. Kopi bagi saya juga cuma sebentar saja efeknya, setelah itu malah lebih mengantuk. Mungkin mirip mobil yang dipaksa lalu malah ngos-ngosan. Itulah sebabnya saya biasanya hanya minum kopi disaat libur (setelah minum kopi langsung tidur siang :-) ).

Penasaran dengan efeknya, setelah cari di internet ternyata manfaat air kelapa muda banyak sekali. Berikut rangkuman dari sumber ini (tapi perlu dicek lagi ya, tidak yakin juga apakah pengarangnya netral):

  1. Mengandung nutrisi, vitamin dan terutama mineral. Cocok untuk melawan dehidrasi. Mirip seperti cairan yang banyak diiklankan tapi jauh lebih bagus karena lebih lengkap dan tanpa tambahan bahan kimia. Bahkan di dalam keadaan darurat, air kelapa muda yang steril dapat digunakan langsung sebagai cairan infus.
  2. Boleh dikatakan fat free dan tanpa kolesterol.
  3. Rendah gula tapi rasanya enak (dalam volume yang sama, kadar gulanya hanya 20% dari jus apel).
  4. Bagus untuk sistem urinari (dapat menghilangan batu ginjal) dan reproduksi (ehm).
  5. Mengurangi plak pada arteri (setidaknya pada anjing percobaan) sehingga bagus untuk jantung. Menyeimbangkan kolesterol jahat dan baik.
  6. Bagus untuk sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah (statement ini diapprove oleh FDA) dan baik untuk penderita diabet. Tapi ada paper dari peneliti Indonesia yang mengatakan bahwa tidak ada pengaruh kelapa mudah pada tekanan darah (papernya perlu riset lebih lanjut menurut saya karena diukur dalam jangka pendek dan samplenya cuma 20 orang-an).
  7. Mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker.

Dari forum ada yang mengatakan kerugian air kelapa muda adalah meningkatkan asam urat walaupun saya agak meragukan karena sumbernya anonim. Dari pengalaman saya pribadi sih tidak terasa efek pegal-pegal. Coba nanti kalau dites dalam jangka panjang ya. Kalau anda mau mencoba, jangan beli yang sudah jadi, beli yang berbentuk masih buah dan langsung diminum secepatnya setelah dibuka.

Mengingat di Indonesia mudah sekali memperoleh air kelapa muda, sangat disayangkan penelitiannya masih sedikit (atau tidak tersedia online?).

Update Mar 2012:
Bagi orang yang memiliki  masalah ginjal  disarankan untuk tidak minum air kelapa (juga yang sedang diet potassium). Air kelapa juga tidak cocok untuk diare yang membutuhkan glukosa+sodium dalam jumlah besar karena glukosa+sodium di air kelapa kurang memadai .    Sumber http://www.healthyfellow.com/278/the-truth-about-coconut-water/

64 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Soal kelapa muda abis dibuka langsung diminum rasanya ada benernya.

    Soale waktu mingsih da kampung doloo, jugak begetoo. langsung diminum sebelum wayu

  2. Dari yang saya baca sih, air kelapa itu berfermentasi kalau kena udara. Itu yang mungkin bikin rasanya cepat berubah. Tapi karena ditimpuk air gula dan susu oleh si penjual, jadi tidak terasa.

  3. tapi pak, sekarang sudah ada minuman ‘semacam’ pengganti ion tubuh, *bukan promosi* fatig*n hydro plus, jadi karena itu ya
    tapi juga yang pake susu dan air gula +es tetap enak pak, apalagi diminum di siang hari yang panas :)

  4. Tetap saja sulit mengalahkan alaminya air kelapa yang baru dikeluarkan dari buahnya :-). Lagipula air kelapa dikatakan sangat compatible dengan darah sehingga dapat digunakan untuk infus (keadaan darurat dan asal steril). Alasan lain, harganya bersaing. Empat ribu dapat satu buah (1.5 – 2 gelas). Alasan lain lagi, memajukan ekonomi masyarakat kecil hehe. Packagingnya steril dan terurai secara alami di alam. Cuma, bawanya repot, beli dua buah saja sudah berat sekali.

    • pantesan di salah satu filmnya Jackie Chan, Who am I kalo ga salah, ada salah satu adegan pemeran difilm itu di infus pake kelapa, ternyata memang ada benernya, kirain cuman film doang,,hehehe

      • film paporit saya itu..hehehe

    • ada bedanya ga manfaat air kelapa muda dari kelapa ijo ato kuning n manfaat kelapa yang udah tua?? apa sama aja semua manfaat air kelapa nya????

  5. tawar lagi tuh Pak, saya biasa beli 3rb/buah dari tukang kelapa keliling pake sepeda hehehe
    kelapa muda emank maknyosss

    • Pak, skrng saya beli harganya 5 rb. Katanya bagusan kelapa ijo yah ?

      • yup yang ijo lebih berkhasiat untuk menetralkan racun-racun yang ada dalam aliran darah, harganya standar kok rp5.000

  6. @heru:
    di restoran yang harganya 10-12 ribuan aja nggak nawar, masak sama pedagang kecil masih tega nawar sih :-).

  7. maen aja ke tempat saya, ntar metik sendiri..gratis

  8. aq hdup dipedesaan wktu itu setelah bayi lahir
    langsung disuapi daging kelapa muda hijau yg msih kemlamut dan lagi klo ada orang keracunan lgsng diminumi air kelapa hijau berarti manfaat air kelapa sangat komplek sekali.

    • yoyoy,,,,setuju,,,manfaatnya bnyhak bgt deh,,,

  9. ini berdasarkan pengalaman say,
    say seorang penderita “DM”. saat saya minum air kelapa mmg saya merasa badan saya lebih enak saat tidur.

  10. lho, gimana caranya kelapa dijadiin infus, kan kalo kelapanya dibuka, jadinya malah tercampur dengan udara luar??

  11. kata orang kampung di sulbar air kelapa diminum bermamfaat menurunkan tekanan darah.aku juga pernah dengar cerita dari temen bahwa dianggak nggak takut makanan yg berkolesterol asal sehabis makan minum air kalapa.

  12. Pancen bener (emang betul), soal manfaat air kelapa buat kesehatan nggak diragukan lagi. Aku punya adik ipar, gara-gara air kelapa,dia bisa beli sepeda motor baru, cash lagi. Maklum tiap hari dia jualan es kelapa muda. Aku sering minum air kelapa langsung dari buahnya,gratis lagi, nyam..nyammm.

  13. Enak, segar, menyehatkan, kaya manfaat lagi..

  14. Air kelapa emang berkhasiat kok, terbukti di saya. Waktu itu abis makan nasi goreng seafood, nah pas abis makan tuh muka langsung gatel dan timbul bentol-bentol deh, panic karena tengsin, iya dong masa di mall tiba-tiba berubah jadi swamp thing sih :D
    akhirnya telpon sepupu yang dokter en di sarankan cari air kelapa, abis minum itu ga’ lama semuanya ilang. Masih penasaran karena ga’ percaya alergi seafood, coba makan di rumah makan padang, ambil udang yang di bikin sate, eh ga’ berapa lama timbul dah tuh gatel dan bentol, abis itu cari air kelapa, eh ilang.
    Jadi kesimpulannya ada 2 :
    pertama air kelapa tuh eamng bagus dan kedua, saya beneran harus hati-hati makan udahg, harus yang bener2 fresh.
    o iya kalau pas alergi en ga’ ada air kelapa bisa di gantikan dengan minuman: nata de *o*o yang harganya gopek itu kok, dan ini dah saya bukitiin ke saya ^^ *bukan promosi*

  15. Saya punya penyakit yang aneh, yaitu seperti struk kecil. seluruh badan saya terasa lemas hingga gak bisa digerakkan. sampai sekarang saya dan keluarga pun tidak mengetahui nama penyakit ini. ketika diperiksa didokter, dari tiap dokter berbeda diagnosa. saya semakin binggung. ternyata untuk melawan penyakit ini cukup dengan minum air kelapa. setelah minum air kelapa, badan saya sedikit demi sedikit bisa digerakkan. mulai dari jari tangan, saya sangat bersyukur dapat menemukan obat untuk pencegahaan. tapi sampai sekarang pun saya masih terkena penyakit ini. sudah hampir 10 tahun,

    • apa anda makan dg daging klapax jg ? klo air klapax emg ud g diragukan lg khasitx…bisa mengobati stroke gt..tp saya msh ragu dg dagibg klapa mudax…apa bs meningkatkan kolestetrol y ? setau saya kelapa n santan g baek tuk penderita kolesterol tinggi..

      • Kalau kelapanya muda sekali, dagingnya sangat sedikit.

  16. kalo kt sy mah,air klapa muda teh sngt sngt baek manftnya….tp cr aj deh trus mnfaat yg laennya..

  17. saya biasa beli yang masih butiran. Lebih higienis dan murni.

    Saya biasa minum airnya saja. Karena terpecaya menghilangkan panas dalam(bersifat dingin). Sedangkan daging buah kelapa itu sendiri bersifat panas.

    Bersifat panas dan dingin itu, saya belum ketemu review yang akurat. Hanya berdasarkan pengalaman. Jika saya sakit tenggorokan, minum air kelapa muda, cepet sembuh. Tapi pas makan daging buahnya, malah makin parah.

    Ada yang punya pengalaman lain? :D

  18. berner banget tuh.kelapa hijau banyak manfaatnya .dan dapat meng hilangkan berbagai penyakit.saya mempunyai pengalaman tentang penyakit yang dulu saya pernah ku alami yaitu penyakit batuk yang bertahun-tahun tak kunjung sembuh namun ketika saya disarankan seorang yang bisa mengobati secara tradisional katanya minum air kelapa mudah dan kalau sudah di minum kelapa dandaging kelapanya di buang dan tak boleh di lihat.mungkin kehendak tuhan dang aku pun tak pernah sakit lagi.

  19. air kelapa memang segerrrrrr dan rasanya tanpa efeek samping tuh….

  20. bagi saya air kelapa muda udah menjadi kebutuhan utama, saya sangat suka berolah raga, jadi saya selalu berbekal air kelapa muda yang dicampur sama madu, khasiatnya sangat luar biasa, baisanya sehabis olah raga langsung saya minum, lelah saya hilang dan langsung segar.

  21. Emang bentul,kandungan pd air kelapa muda sngt baik utk tubuh bahkan sudah sejak jaman dulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan air klp muda,baik utk obat2an maupun sbgai minuman yg brkasiat

  22. saya bys minum air kelapa dicampur sm madu murni.capek,demam sptnya lngsng kaburr.badan trs enak.

  23. ooh, jadi begitu dibuka buah kelapanya, mendingan langsung diabisin ya airnya, tak kira bisa tahan lama (buat besok maksudnya :P) aku masukin kulkas, besoknya rasanya udah gak jelas hehe…

  24. saya tmbh lg yaaa… kl saya pa lg pas pwasa gni tubuh saya krasa lemes bgt ky kurang caiaran tubuh.stlh saya mnum air klpa muda persendian trsa keisi kmbli n tbuh jd fressss lg…
    1 lg… kencing jd lancaaaarrrrrr………. hehehehe…

  25. bos.. aku penderita panic stres.. jadi.. aku kecanduan obat2an dokter tiap hari.. apakah air kelapa muda bagus buat terapi saya,,???

    • Menurut saya air kelapa muda bukan obat ajaib, jadi tidak tepat digunakan untuk pengobatan serius tanpa konsultasi dengan ahlinya (dokter/dokter spesialis/ahli gizi).

    • bos, panic stress maksud nya gmn ? sharing yuk ke enail ku deny.sunarso@gmail.com. thanks ya

  26. klo lg sakit demam batuk dan pilek bole g makan kelapa n airny???

  27. Klo air kelapa yg udah tua sama g ya manfaatny??

  28. Air kelapa untuk reproduksi bagus ya?? agak setuju nie kaya’nya, soalnya kalo lagi datang bulan, ada temen yang nyaranin untuk minum air kelapa, pas udah dicoba emang jadi cepet keluarnya, gak dikit2, jadi tuntasss….

    • iya, kalau telat datang bulan dan sakit perut akibat PMs, minum air kelapa aja..kalau aku manjur :)

  29. aq punya pengalaman sendiri..aq sakit kepala selama 2 tahun dan kata dkter specialst syataf,aq terkena pembengkakan otak…saya ga mau minm obat kimia ters…saya ingat kl air klapa banyak manfaatnya jd saya mencoba minum air klapa ijo selama 3 bln…hasilnya…mantabbb….aq sembuhhh dan g kumat lagi…makasih ya Allah

  30. Sungguh Besar Rahmat dan Karunia Mu Ya Allah…
    Tunjukilah Hamba jalan yang Lurus… Ya Allah.. Aaminn..

  31. memang kelapa mud bagus untuk kesehatan, kita di bali sering minum air kelapa muda loh…..terutama kelapa ijo, kelapa gading ( yang warna kulitnya oranye)

  32. maaf ,
    makasih banyak infonya pak

  33. kalau air kelapa hijau keutamaan manfaatnya apa

  34. Fungsi utama air kelapa selain penghilang rasa haus dan dahaga adalah untuk pembuang racun kelas wahid..

  35. Nah, kita mo cerita pengalaman, for ngoni kawan, kita hobi berkebun , kalu so di kebun, kita karja sampe lupa makan atau malas makan sebabnya, kalu kita makan karena lapar pasti banyak tu mo makan dan efeknya pasti ta tidor karena kenyang dia pe soe pasti so nyanda ta ba kerja.. nah di kebun pa kita banyak kelapa, sebagai ganti makan nasi kita minum air kelapa muda deng makan dia pe isi tapi leng kali cuma minium dia pe air no,, dia pe hasil kita mampu kerja seharia ful,,deng nyanda perna mo saki maag,,, deng yang lebeh kage lagi kita dorang bilang jaoh lebeh muda deng tamang2 satu umur, kita sebenarnya nda percaya tu soal jauh lebeh muda, mar kalu kita perhatikan butul jo no,,kita pe umur sekarang 46 thn,, memang so tua no.. mar kalu mo lia tu muka deng postur tubuh nda beda deng umur 30 puluan,,bagitu kawan.. inileh kita nda rutin jaga minum.. apalagi sto kalu rutin pasti sto dapa lia masih remaja..hehehe…. coba jo dulu baru ngoni komentar KELAPA MUDA memang AJAIB…….

  36. woow…ibu saya juga setiap batuk-batuk selalu menyuruh saya untuk mencarikan kelapa gading muda (kelungah=yang belum ada isi),setiap hari minum ;pagi,siang and sore (3 buah). batuknya cepat sembuh tuuu…..yuuukk kejar yang namanya air kelapa,biar kita sehat semua.

  37. beberapa hari ini biduren ku kambuh lagi. sudah minum obat tetapi tetap kambuh lagi. dan yang bukin pusing adalah rasa kantuk yang sangat mengganggu.
    atas saran teman aku minum air kelapa muda, dan hasilnya luar biasa rasa gatal berkurang dan badan terasa lebih dingin.

  38. emaaaank enak tuh, apalagi siang -siang panas minum kelapa muda…wah..ck..ck.ck….

  39. Air kelapa terbukti sebagai obat yg membantu menyembuhkan penyakit saya. Saya udah 6 bulan lebih menderita sakit perut sebelah kanan. Kadang pindah ke perut kanan bawah, kadang naik ke kanan atas. Rasanya seperti di tekan,kadang perih. Perut rasanya kram. Saya ke dokter A, kata dokter A bukan gejala liver/hepatitis B tapi hanya radang usus. Kemudian saya USG ke dokter B, katanya gejala maag tapi di usus 12 jari. Obat dari dokter A udah habis tapi nggak sembuh juga. Obat maag udah habis banyak nggak sembuh juga. karena putus asa saya berhenti berobat.Pernah nyoba makan obat cacing,takutnya ada cacing,tapi ya sama nggak sembuh. Kalao malam hari rasa sakit sedikit meningkat,kadang sampai terbangun tengah malam dan menahan sakit. Pada bulan ke lima saya lantas berdoa kepada Allah terus menerus semoga diberi petunjuk obatnya. Pada bulan ke-enam, secara kebetulan saya pergi ke suatu tempat tapi nyasar. Karena nyasar saya memutuskan untuk istirahat di pinggir jalan sambil duduk minum air kelapa muda,harganya Rp.4000,-. Malam hari saya terbangun dan kaget kok perut yang biasanya kram dan sakit tiba2 enteng…Sayapun berusaha mengingat lagi apa yang saya minum/makan siang tadi. Ternyata, air kelapa. karena penasaran saya hari kedua beli air kelapa lagi. Malam hari hilang sakitnya,bahkan siang hari sudah ilang rasa ditekannya. Akhirnya saya yakin air kelapa inilah obat yang menyembuhkan penyakit saya. Hari ini hari ke 8 saya minum air kelapa,alhamdulillah udah hampir 100% udah nggak ngeluh sakit lagi… Alhamdulillah…luar biasa manfaat air kelapa ini.

    • Alhamdulillah..Allah memberi petunjuk dengan jalan yang kita tidak duga2…Amin YRA

  40. Sy memang sangat2 suka klapa muda mau airnya jg dagingnya, kl bln puasa sy gak pernah buat kolak karna setiap hr sy beli klamud untuk buka puasa, sdh 2 bln ini sy setiap hr minum air klamud karna sy gak suka minum air galon/sulingan sementara deket toko sy ada penjual klapa muda setiap hr air klamud menjadi pengganti air putih, makanya sy skrg sdg mencari2 jawaban …apakah ada efeknya kl kebanyakan minum air klamud ? kl ada yg tau tolong bantu sy ya ? sebelum sy terlanjur kecanduan air klamud

    • Air putih tidak bisa digantikan oleh air apapun. Kalau kebanyakan ginjal yang repot dong :)

  41. bagi bagi pengalaman minum air kelapa muda, saya pernah divonis dokter jantung untuk selalu minum obat biar detak jantung berirama teratur. memang betul setelah minum obat tsb detak jantung teratur. tp begitu gak minum beberapa hari kemudian detak jantung kembali berdebar tidak teratur akibatnya gelisah susah tidur.. Suatu saat saya disuruh tes kalium, tp belum sampai tes sy ke supermarket iseng iseng baca minuman yg katanya dibuat dr air kelapa, disitu tertera mengandung kalium. Oh berarti di air kelapa ada kaliumnya… besoknya sy coba minum air kepala secara teratur minimal 2 hri sekali. Masya Allah Alhamdulillah ajaib detak jantungku kembali teratur tanpa minum obat. Suatu saat sya gak sengaja libur sekitar 10 hr gak minum air kelapa, ampun deh kumat lagi … Alhamdulillah sekarang aku kecanduan air kelapa muda …

  42. saya pernah mengalami persendian kaki linu dan ngilu dan itu berlangsung lama, saya coba minum air kelapa Fatigon Hydro secara rutin setiap hari, ternyata setelah 2 atau 3 bulan minum rasa nyeri tsb hilang, saya pilih fatigon hydro karena mudah didapat, sehingga dapat diminum setiap hari, kalau air kelapa beneran belum tentu setiap hari dapat (ketemu tukang kelapa muda)

    • Rasanya parah pak, jauuh dibandingkan kelapa muda asli. Waktu itu sampai tidak habis saya minum dan terpaksa dibuang. Lagipula sepertinya ada bahan tambahan (nanti coba saya cek kalau mampir ke minimarket).

  43. Waduh pak kalo kena asam urat bagus ga yah kalo minum es kelapa…

  44. pengalaman saya minum air kelapa sangat banyak …kebetulan saya Obesitas jadi berbagaoi macam penyakit muncul, mulai dari pendengaran mendengung, kaki ngg bisa di gerakkan gara2 asam urat. dan masih banyak lagi. namun saya membaca artikel di website tentang kelebihan air kelapa ternyata sangat ampuh. alhamdulillah ..penyakit asam urat saya berkurang 80% …walau kaki saya kadang muncul ngilunya ..tapi sudah sangat jauh baikan dari pada sebelumnya. begitupun dengan pendengaran saya yang mendengung….saya sudah konsumsi air kelapa selama 8 bulan …peredaran di lancarkan …..buat yg penyakit ginjal bisa minum air kelapa .. karna mampu membuang kristal2 di ginjal sehingga kencing bisa lancar, begitupun orang yang terkena penyakit prostat, masih banyak yg ingin saya ceritakan sih tapi saya rasa dah cukup lah …..
    kelebihan air kelapa
    1. membuang toksin
    2. melancarkan peredaran darah
    3. membantu menghilangkan penyakit asam urat
    4. membantu menghilangkan penyakit Ginjal
    5. membantu menghilangkan penyakit Prostat
    6. membantu menghilangkan penyakit stroke
    7. membantu menambah sell2 darah merah akibat .kebanyakan begadang
    8. meningkatkan kekebalan tubuh…sistem Immun kita kuat.
    9. membantu melancarkan peredaran darah kita sampai ke otak
    10. menimbulakn rasa gembira cocok untuk orang yg kena stress
    11.. masih banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan kelebihan2nya

  45. Terima kasih infonya gan.
    Top banget!

  46. Makasih infonya gan. Ikut share pengalaman tentang air kelapa.
    Anak saya sudah setahun terkena alergi kulit (sekarang usianya jelang 3 tahun). Setiap digigit nyamuk, hampir bisa dipastikan jadi luka yang lama sembuh. Tidur malam gak nyenyak, hampir selalu terbangun dan garuk2 sambil nangis… sedihnya kalau ingat..
    Sudah ke dokter anak, dokter kulit, sinsee, juga ke pengobat alternatif (bukan sinsee). Dari masukan para ahli yang kami datangi tersebut, kami dapat beberapa kesimpulan.
    Dokter mengatakan, alergi anak saya diandili juga oleh faktor keturunan karena memang ada garis turunan alergi gatal dan asma dr keluarga saya. Alergi akan hilang sendiri seiring perkembangan kekebalan tubuh anak yang semakin membaik, kira-kira kelas 4 SD nanti. Anak saya diminta mengurangi protein, terutama kuning telur. Dokter kulit menyarankan untuk menggunakan baju tertutup (menutup aurot… hehe), untuk mengurangi kemungkinan digigit nyamuk. Saran ini cukup membantu.
    Dari sinsee, anak saya diminta menghindari kacang-kacangan, ikan-ikanan..
    Dari pengobat alternatif, sarannya seputar makanan juga. Jaga makanan, tidak telur, tidak ikan, tidak daging, tidak kacang tanah, tidak jeruk (anak saya memang sering saya buatkan minum dari perasan jeruk baby-sekarang berhenti), tidak buah2 yang budidayanya dengan “perlakuan” (seperti melon, semangka, apalagi buah import yang diperlakukan bisa bertahan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun katanya), kemudian menggantinya dengan sumber gizi lain.
    Meskipun setiap mengunjungi ahli kami selalu dioleh-oleh obat atau ramuan, tidak semua kami berikan pada anak saya. Biasanya saya browse dulu, untuk info obat atau untuk bahan ramuannya. Bukan karena tidak percaya pada ahli, kami hanya berhati-hati, karena obat apalagi, pasti ada efek sampingnya.

    Dari semua itu kami simpulkan, kami harus lebih menjaga makan anak saya. Makan sudah dijaga, Tapi jujur, itu tidak mudah. Makan tiap hari, menu juga perlu bervariasi. Kalau variannya dilarang, jadi sulit juga membuat variasi menu.
    Akhirnya, dari makanan2 yang di-dietkan tadi, kami bolehkan asal tidak berlebihan. Alergi berkurang, tapi tidur malam masih sering terbangun untuk garuk-garuk.

    Akhirnya saya diberi saran teman untuk memberinya air kelapa ijo (sebaiknya yang serat merah, kalau ga ada gpp katanya.. Harga di jogja 10-13 ribu/butir.). Sejak anak saya mengkonsumsi air kelapa hijau kurang lebih 100ml/hari, gatalnya jauh berkurang. Selain itu, saya juga sedia minyak tawon, begitu digigit nyamuk, langsung diminyaki, Alhamdulillah, sekarang sudah jauuh lebih baik. Bangun malam pun, hanya untuk minta minum atau ganti diapers.

  47. Baru sadar dengan sendirinya, setelah minum air kelapa badan jadi lebih enak bergerak. Sy penderita asam urat kronis, cepat kambuh/akut kalau salah makan, terakhir ada gejala akan serangan asam urat lgsg minum air kelapa, akibatnya gejala lgsg mereda dan tidak jadi kena serangan.

    Sayangnya sy baru tahu sendiri setelah terlambat 10 thn dari sejak pertama kali kena asam urat. Yah lebih baik terlambat daripada tidak tahu sama sekali.

  48. saya udah 1 bln ini minum air kelapa muda (yg dr batoknya) .. hampir setiap hari dan kadang 1 hr bisa minum 2x … nah kemariun cek asam urat … ternyata asam urat saya tinggi sekali …22 (normal 7) … kayanya bener sih bisa naikin asam urat …

    • kalau mau memastikan, coba pola makan tetap sama, lalu hentikan minum air kelapa muda. Kalau kadar asam urat turun benar dari air kelapa.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

