Review Asuransi Kesehatan Bumida

31 August 2008 at 09:33 | Posted in Uncategorized | 9 Comments

Istri saya ikut asuransi kesehatan Bumida Bumiputra yang diberikan oleh ITB.  Seperti halnya asuransi lain, kalau bisa sih jangan sampai harus menggunakan fasilitas ini. Tapi tahun 2007, istri saya harus masuk rumah sakit untuk sebuah operasi.

Sebelum masuk rumah sakit saya menelepon pihak asuransi untuk mengetahui mekanisme klaimnya . Saya kemudian diminta untuk menelpon agen yang khusus memegang ITB.  Ternyata ada dua cara, bayar sendiri baru kemudian mengajukan klaim, atau meminta jaminan (istilah mereka jaminan dari provider) sehingga tidak perlu keluar biaya di depan (jika ada kekurangan dibayar kemudian). Tentu saja saya memilih yang terakhir, daripada repot minta klaim.

Kami memilih rumah sakit Boromeus, ternyata administrasinya sangat mudah. Tinggal tunjukkan kartu asuransi dan beres. Obat, test, perawatan semuanya tinggal pakai, tidak perlu pengurusan administrasi lagi. Saya hanya perlu dua kali ke PMI untuk mengambil darah karena persediaan di RS habis, itupun tidak keluar biaya.  Saat keluar juga demikian, tinggal lapor dan langsung bisa keluar.  Jadi kami tidak keluar biaya sepeserpun.

Setelah istri saya keluar dari RS saya kontak pihak asuransi untuk menanyakan apakah ada biaya yang perlu saya bayar, karena saya tahu memang ada batasan dari jumlah pertanggungan.  Pihak asuransi mengatakan bahwa hal tersebut sedang dihitung dan nanti akan dikabari. Sekitar 3 bulan kemudian,  baru ada tagihan beserta rincian.  Ternyata 85%  dibayar oleh pihak asuransi dan sisanya kemudian kami lunasi dengan transfer.  Walaupun tidak full, tapi jelas ini sangat membantu.

Saya terkesan dengan prosesnya yang cepat dan tidak berbelit-belit, terutama saat berada di RS.  Semua dapat dilakukan melalui telepon.  Berdasarkan pengalaman ini saya beserta anak sekarang juga  bergabung dengan asuransi kesehatan Bumida,  walaupun saya sendiri sebagai PNS juga memiliki Askes.

Mungkin karena dianggap masuk ke keluarga ITB (saya dan anak dianggap ikut istri), proses pendaftaran asuransi juga tidak sulit.  Saya tinggal  mengirimkan data nama, umur kemudian transfer preminya via bank. Kemudian polis+kartu asuransinya dikirim lewat kantor istri saya.

Jelas kami tidak berharap akan menggunakan fasilitas ini,  tapi persiapan untuk menghadapi musibah tentu harus tetap dilakukan. Mudah-mudahan UPI kedepannya juga menambahkan asuransi model ini sebagai pelengkap Askes.

Mengapa harus ada tambahan selain Askes?  Hmm saya tidak tahu kondisinya sekarang, tapi setahu saya pengurusan Askes masih lebih rumit dibandingkan model asuransi seperti ini.  Cakupan Askes juga lebih banyak di RS negeri yang pelayanannya masih kurang optimal.

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah..ini baru salah satu good news dari pelayanan klaim asuransi yang memuaskan customer.. Semoga saja bisa menjadi contoh baik bagi perusahaan lain yang mengeluarkan produk health insurance..

  2. wah,senangnya allianz dipuji,kalau mau tanya-tanya tentang allianz syariah,pensiun,kuliah,saya mau menjelaskan semuanya.

    • Bukan allianz mas, tapi Bumida. Saya menggunakan Allianz untuk kendaraan tapi menurut saya justru kurang bagus dari sisi bengkel yang ditunjuk.

      • saya mewakili bumida cab. bogor mengucapkan terima kasih atas reviewnya…..

        untuk produk asuransi lain dari bumida bisa menghubungi saya 0817461615

        semoga review ini membuat kinerja kami menjadi lebih baik…

        Eddy W.
        (Staff Teknik / Underwriter)

      • Terima kasih ats kepercayaannya pada Asuransi bangsa kita sendiri BUMIPUTERA.Saya sbgi Marketing yg thn ini sdh bergabung slma 20 thn merasa bangga,perusahaan asuransi tmpt sy bekerja tidak mengecewakan Bpk Yudi dn Kel.smoga Bpk sekeluarga selalu d beri kesehatan dan rejeki yg berlimpah,agar bisa mengambil program2 Asuransi kami yg lainnya.sekiranya Bpk tdk keberatan dpt mengubungi sy utk informasi Produk yg ada d BUMIPUTERA,dgn sgala kerendahan hati sy mewakili Kel bsr AJB BUMIPUTERA 1912 dan BUMIDA skali lg mengucapkan BANYAK TERIMA KASIH[Iriana Lbs Hp.08129195114/08561811266}

  3. Pa Yudi, kalo boleh tau apa ya nama produk asuransinya?
    Tks Pak.

    • asuransi kesehatan saja namanya

  4. @all : nampaknya keberuntungan pak yudi tidak jatuh kepada saya dan keluarga saya..klaim yg kami ajukan dari bulan maret terus dibolak balik,,kurang ini lah itu lah..klo menurut saya mungkin lbh baik dicek dlu semuanya,gk usah nyicil kekurangannya. Cerita nya surat” sudah saya lengkapi, dan sudah bertemu dgn kepala cabangnya, 2minggu dari hari itu saya coba nanya gimana prkembangannya dan jawabannya adalah..”maaf pak ini syarat” nya msh ada yg kurang,,baru ke cek..” , gimana kita gk kaget.intinya kepropesionalan asuransi tersbut diragukan..bahwa mereka bilang asuransinya cairin 50% dimuka sisanya 1 tahun lg..emang ada yah yg kaya gtu?mohon info

    • Kenapa tidak minta tanggungan provider saja? jadi tidak perlu bayar didepan.


Leave a Reply

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 63 other followers

