Sempoa dan Sakamoto

12 March 2008 at 09:08 | Posted in Uncategorized | 153 Comments

Sebelum masuk SD, Furqon mengikuti les sempoa. Kemudian sempoa dihentikan dan diganti dengan sakamoto. Kedua les ini dipilih karena Furqon memang suka dengan Matematika. Kalau ditanya apa pelajaran yang paling dia sukai, jawabannya pasti matematika (ikut bakat ibunya nih).

Sempoa sendiri dasarnya adalah ketrampilan, jadi jam terbang harus sangat banyak dan model belajarnya adalah drill. PR-nya juga banyak. Inilah yang membuat Furqon bosan (kalau yang ini mirip bapaknya, gampang bosan untuk hal yang rutin :-) Berdasarkan pengamatan ini dan rekomendasi gurunya, Furqon dipindahkan ke les sakamoto.

Kalau dari cerita gurunya, sakamoto ditujukan untuk problem solving, terutama untuk soal cerita. Model soalnya menurut saya mirip tes potensi akademik. Furqon cocok dengan les ini dan yang penting dia suka (calon engineer nih) Lagipula PR-nya bersifat sukarela dan hanya sedikit. Tentu saja Furqon lebih banyak memilih opsi tanpa PR hehe.

Dari yang saya lihat, kelebihan les-les ini terletak pada empat hal: rasio guru-murid (maksimum 1:5),  individual learning (tiap murid bisa memiliki kecepatan berbeda), guru yang berpengalaman dan suasana yang dibuat menyenangkan tapi tetap mendorong kompetisi. Jadi sebenarnya kalau ada sekolah yang mengimplementasikan keempat hal tersebut untuk pelajaran matematika, pasti murid-murid akan suka. Cuma hal ini memang sulit diterapkan di sekolah, bahkan untuk sekolah swasta yang mahal sekalipun.

–update Juni 09 –

Sekarang Furqon ikut Sakamoto dan Sempoa

-update april 10-
Furqon akhirnya berhenti Sempoa, walaupun PR sudah ditiadakan dan mama  plus gurunya  terus mendorong,  konfliknya terlalu besar sehingga saya malah khawatir Furqon jadi benci dengan urusan menghitung.  Saat ini Furqon les Sakamoto, Bhs Inggris dan  mengaji, semuanya dia senangi.   Kami juga sedang menjajagi kursus pembuatan robot di jalan Tubagus Bandung sebagai pengganti Sempoa.  Furqon saat ini sudah mulai senang membuat kreasi legonya sendiri (tadinya hanya mengikuti buku petunjuk), sehingga saya pikir perlu dipupuk terus.  Menurut pendapat saya, salah satu skill terpenting yang harus dimiliki anak di masa depan adalah kreativitas dan problem solving.

-update mei 10 -
Sudah sebulan ini Furqon ikut kursus perakitan robot di Robota Tubagus.  “Les yang paling saya sukai” kata Furqon.  Saat ini dia sudah membuat model mesin mixer sederhana. Kontras dengan les lain (seperti sakamoto dan sempoa) disini semua pengajarnya pria demikian juga dengan  pesertanya (kalaupun ada peserta wanita mungkin cuma 1-2).  Suasananya lebih senyap,  jarang ada yang bicara,  anak-anaknya juga lebih tenang,  tipe anak yang ‘blingsatan’ sepertinya tidak ada disini.  Mungkin memang karena yang ikut les disini memang harus punya karakter tekun dan fokus.

Mixer yang dibuat Furqon di les robota (minggu ke 5):

 

-update Mei 12 –
Furqon sudah lama berhenti Sempoa tapi masih mengikuti les Sakamoto. Hasil  terbesar les ini adalah dia mengatakan “saya suka matematika”    Selain itu, tahun ini  Furqon juara pertama olimpiade matematika tingkat gugus,  10 besar tingkat kota Bandung dan lanjut ikut seleksi di tingkat propinsi, mudah-mudahan berlanjut sampai nasional. Dia menikmati ikut lomba, tapi  terlalu santai dalam persiapan.  Saya dan istri juga tidak berani terlalu menekan, karena khawatir  minatnya  terhadap matematika  malah berbalik  jadi benci.  Minat terhadap matematika jauh lebih  penting daripada lomba.

Tentang les lain: les tambahan Furqon yang  lain adalah Bahasa Inggris, drum dan mengaji, yang semua gurunya datang ke rumah.  Prinsipnya, materi, jadwal dan guru harus bisa disesuaikan agar anak tetap  punya waktu untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Sedangkan untuk les robot sudah berhenti (tempatnya jauh dan kurang pro), diganti dengan membeli set robot Lego Mindstrom. Kalau dari sisi teknis sih saya dan istri tidak masalah mengajari penggunaan Mindstorm ini, tapi Furqonnya sendiri kurang berminat untuk mengeksplorasi lebih lanjut (sindrom diajari ortu sendiri mungkin hehe). Beberapa contoh video rakitannya:   color sorteralpharex dan buaya

–endupdate

153 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. kemaren liat liputan sekilas tentang sakamoto di tipi,
    baru denger, padahal udah dari taon 2001 masuk indonesia ..

  2. iya saya juga baru tahu. Itu juga karena yang mengadakan les sempoa juga mengadakan les sakamoto :-) Yang penting bagi kami sih anaknya suka dan bermanfaat.

  3. Anak sayah blajar ngitung nyang make jari….

    Ngitungnya cepat banget…

    Sayah malah jadi bingung sendiri….

  4. jarimatika ya?

    Prinsipnya pasti sama, harus banyak latihan. Bagus itu kalau sudah menguasai, skill yang banyak berguna.

  5. Apakah ada les sakamoto dekat Dago ?
    Ingin mencobanya untuk anak pertama saya juga doyan matematika dan trouble-shooting.

    Kalau catur, Furqon suka tidak ? Tahu sekolah catur di dekat Dago ?

  6. Wah saya tidak tahu ya, setahu saya pusatnya di BTC. Nanti deh kalau kebetulan saya kesana akan saya tanyakan.

    Mengenai catur, furqon biasa saja. Pernah beberapa kali main, tapi sepertinya bosan. Mungkin karena kalah terus, menggunakan komputer juga kalah terus.

  7. Ini no telp tempat les Sakamoto di bandung : BTC 6126056, setrasari 70712312, batik kumeli 2515152, batununggal 7508251, TKI 70730496, Elang 6040780, cendana 7204388, hyper sq 86060729, singgasana pradana 5436443, cimahi 6646685.
    Pusat sakamoto jabar ada di jl ayani no 773.

    • saya bisa minta info untuk sakamoto yang ada disurabaya ngga karena saya posisi ada di sby

      • Selamat siang,mau nanya klo di Makassar d mn tempat les sakamoto? trimakasih infonya

  8. @Pak Jeff, makasih atas infonya :-)

    Mungkin bisa tambahkan informasi lebih rinci tentang sakamoto? dari sudut pandang pengajar tentunya.

  9. Sakamoto Method sama seperti mengajarkan aljabar memakai sudut pandang anak SD ^_^
    Karena itu maka 70% soal Sakamoto berbentuk soal cerita.
    Les Sakamoto tidak memberikan PR kecuali permintaan orang tua ^_^

  10. @Ibu Shinta, makasih atas infonya.

  11. Anak saya sebelumya les matematika yang berasal dari Jepang juga (K**on) , metoda yg digunakan adalah dengan melatih anak mengerjakan soal yang sama berulang-ulang sampai anak tersebut dapat menyelesaikan dengan cepat karena biasa. Anak saya cepat bosan krn PR yg dibawa ke rumah cukup banyak dan berulang2.

    Akhirnya saya coba pindahkan ke les Sakamoto, metodanya lebih ke problem solving, dengan membuat soal-soal cerita untuk soal paling sederhana sekalipun. Tidak ada soal 1 + 1 = …., Di Sakamoto diganti menjadi ” Beli 1 buku kemudian beli lagi 1 buku, bukunya jadi berapa?”, Sampai saat ini anak saya dengan senang hati melahap soal-soal yang diberikan

    Begitu kira2 pengalaman saya, maaf kl salah…..

  12. Kalau dari hasil googling, sepertinya sakamoto bukan dari jepang sih. Mungkin memang penemunya orang Jepang, tapi kalau dilihat dari kompetisinya, semuanya di ASEAN.

    Tapi tidak apa-apa, yang penting anaknya suka dan melatih dia untuk memecahkan masalah :)

  13. Metode sakamoto pertama kali ditemukan thn 1975 oleh DR. Hideo Sakamoto di Osaka, Jepang. Pada waktu itu, metode ini berkembang pesat di Jepang.
    Baru pada tahun 1994 di Singapura, Metode Sakamoto menjadi waralaba dan masuk Indonesia thn 2001.
    Begitu yang saya tahu… ^_^

  14. @ibu shinta

    Makasih koreksinya :-)

    Referensi saya dari http://www.sakamoto.net yang sepertinya merupakan official web site sakamoto (mohon koreksi ya). Kalau lihat siapa yang membuat site tersebut (di bagian footer), http://www.exxelnet.com/, merupakan perusahaan hosting dan web design di singapura.
    Kemudian jika dilihat daftar kompetisi yang ada di situs tersebut, sepertinya tidak pernah dilakukan di Jepang. Di situs ini juga tidak ada link untuk bahasa jepang.

    Kemudian saya coba googling kaitan antara sakamoto dengan Jepang sepertinya tidak ada, demikian juga dengan Hideo Sakamoto dan Jepang.

    Kesimpulan saya, berdasarkan pencarian di internet (bisa salah ya, kalau infonya memang tidak ada di internet, atau tidak ada yang menggunakan bhs Inggris). Pusat sakamoto ini ada di Singapura dan tidak ada cabangnya di Jepang. Mohon koreksi kalau saya salah atau ada situs yang terlewati.

    Tapi prinsipnya tadi, saya tidak mempermasalahkan nama atau asal, mau “sakamoto” diganti jadi “wibisono” juga tidak apa-apa :). Yang penting metodenya masuk akal dan anak saya suka.

  15. salam kenal mas :) Mm, saya tertarik dg penjelasan ttg Sakamoto, kebetulan saya dpt info dr gurunya anakku soal kursus ini, terkait minat & kelebihan anakku yg gemar sekali matematika. So far dia belajar dr komik Doraemon ttg luas & volume, Pecahan & desimal, dll :) Anyway, thx infonya, sgt membantu…

  16. @ibu diana, salam kenal juga.

    Terimakasih, senang bisa membantu.

    Oh ya jika anak ibu suka komik dan matematika bisa dicoba komik “Asyik Belajar Matematika” buatan Kim Rin.

  17. Pak Yudi, terima kasih banyak atas ceritanya. Jadi banyak dapat info nih…

  18. Makasih bu Siti :-)

  19. Pak Yudi,
    Anak saya kelas 2 SMP, math nya saat ini sangat menurun, saya ingin ikutkan sakamoto, namun kendalanya adalah waktu pak,
    krn ia sampe ke rumah sekitar pukul 17.30 dimana setelah itu ia sudah sangat lelah.. apakah ada kemuingkinan untuk melaksksanakan kursus sakamoto di rumah pak? pada hari sabtu/minggu?

    atau ide lain ?

    salam
    andi

  20. Setahu saya tidak ada kursus sakamoto yang bisa dipanggil ke rumah pak.

    Tapi apakah anak bapak sekolah dari pagi sampai sore? jangan-jangan kemampuan math-nya menurun justru karena keletihan. Nanti ditambah les malah tambah letih. Menurut saya lebih baik anaknya diajak bicara supaya diketahui dulu penyebabnya, jadi penangananya bisa tepat.

  21. Saya sedang membandingkan beberapa jenis kursus matematika antara lain dengan cara perhitungan cepat, akan tetapi saya melihat bahwa metode sakamoto ini berbeda dimana lebih banyak menggunakan soal cerita sehingga lebih dapat melatih daya imaginasi dan problem solving anak. dimana kursus sakamoto yang dekat daerah mampang jaksel.

  22. pak yudi,
    di hyper sq, selain sakamoto ada juga kumon.
    apa kelebihan sakamoto dibanding kumon? kumon kan ada bahasa inggrisnya, kalo sakamoto ada ga?
    terimakasih

    aan

  23. @aan,
    Saya tidak tahu untuk bidang matematikanya, waktu itu sih lihat-lihat untuk bahasa Inggris. Tapi modelnya tidak cocok bagi kami, soalnya menggunakan sistem drill dan banyak PR-nya.

  24. duuh, baru tau nih. berminat juga. biasanya mulai dari umur berapa kalo daerah jakarta pusat atau utara ada gak yaaa???

  25. Sakamoto di jakarta timur ada gak ya?

  26. kalo di daerah makassar sudah ada belum yah tempat les Sakamoto… tolong infonya yah….

    terima kasih.

    • di surabaya apakh ada juga ga sih?

  27. anak saya malah kebalikan dengan anaknya bapak, akan saya TK les di sakamoto, trus pindah ke sempoa, waktu SD.
    Di sempoa emang PR nya banyak (bagi saya), dulunya ini yang bikin anak saya mau keluar, tapi saya tahan, dan saya buat enjoy,kadang hanya ngerjakan PR cuma separo aja.
    Syukur, ternyata hal ini berjalan sebentar saja, karena gurunya juga saya kasih tahu kondisi anak saya ini, jadi ikut menyemangati.
    Saat ini anak saya kelas 2 SD, level 7 di sempoa, ternyata PR yang kelihatannya bayak bagi saya, gak berarti banyak bagi anak saya. saya yang udah 40 th, ternyata kalah menghitung lawan anak SD.
    Kayaknya kursus yang sudah disebut diforum ini sama aja baiknya, tergantung bagaimana kita memfasilitasi dan menyikapinya.
    Kalo saya milih kursus cari yang dekat rumah aja, biar gak repot ngantar, dan tentunya gurunya yang care degan anak-anak. Thxs.

    • Menurut saya sakamoto beda dengan sempoa. Kalau untuk melatih cara berpikir logis, lebih bagus sakamoto.

      Sempoa untuk mendapat keterampilan cepat menghitung. Memang diperlukan, apalagi di SD kelas-kelas awal, memang menghitung ini yang pertama diajarkan. Tetapi untuk kedepan (SMP,SMA) skill pemecahan masalah di Sakamoto menurut saya lebih berguna. Sekarang anak saya sih ikut dua-duanya :)

  28. @try,lia,ama: maaf saya juga tidak tahu. Mohon dicek ke situs sakamoto atau via telpon. Untuk no telp lihat comment dari Pak Jeff: http://yudiwbs.wordpress.com/2008/03/12/sempoa-dan-sakamoto/#comment-295 (walaupun telp bdg, tapi semoga tahu juga tentang cabang sakamoto di tempat lain)

  29. @ Lia : kata teman saya di Jakarta Timur belum ada, yang ada di Kalimalang ( sdh masuk Bekasi ), soalnya dia yg buka kursus tsb.

  30. Wah jadi semagat nih mau masukin anak ke les Sakamoto. Selama ini saya beranggapan, untuk soal2 matematika saya masih bisa handle, karena kebetulan saya suka matematika. Tetapi ternyata ngajar’in anak sendiri itu beda dgn ngajar anak orang lain, karena kalau sama anak sendiri suka tidak sabar. Jadi….ya sudah lebih baik diajarin orang lain kali ya…

  31. Kedua anak saya pernah ikut sempoa di usia 9th dan 7 th. Bagi yang cewek 9 th, sempoa terlalu mudah, jadi dia bosan. Yang cowok 7 th, sempoa menuntut konsentrasi tinggi terus-menerus diawal kursus, jadi dia bete. Akhirnya, les sempoa berhenti.

    Kumon, baru free trial 1 minggu aja udah bikin ribut di rumah, tiap malem ributin mereka untuk buat worksheet.. Ga nyampe daftar..dan memilih belajar sendiri di rumah.

    Memang nilainya pas2an, pas ulangan bisa jawab, pas ada pr bisa ngisi.. :)

    Baru sekerg setelah yang cewek 12 thn masuk smp, dan yang cowok 10 th di kelas 5, mereka tertarik untuk les lagi, dan pilihannya di sakamoto. Karena, teman anak saya yang kursus di sakamoto selama 2th, dari nilai biasa jadi juara umum di sekolah saat lulus SD kemarn.

    They must be teaching something good to the children there..

  32. wah…jadi tertarik nih mau belajar caranya sakamoto juga. Gimana caranya ya??
    Ada pengenalan gratis buat guru ngga ya, terutama yg di wilayah jaksel dan jakpus nih.

  33. Maaf, mau tanya.. Kalau di Denpasar apakah ada les sakamoto? Kalau ada, alamatnya di mana ya? telp??

  34. Wah, kalau yang saya tau nih sempoa dan sakamoto sama bagusnya cuma beda gunanya.

    anak saya dulu cuma les sempoa (SAKAMOTO blm ada) dia les dari kelas 5 sd terus sampai modul grand-nya sempoa (kira2 selesainya di SMP kelas 3) Nah awal awal dia bosen, katanya terlalu mudah, tapi saya consult dengan kakak pembimbingnya. menurut pembimbingnya memang cara belajarnya begitu harus belajar dari yang paling mudah dulu. baru di tingkat yang lebih sulit. Nah menurut beliau pelatihan sempoa bertujuan bukan hanya melatih kecepatan berhitung tetapi juga meningkatkan konsentrasi dan melatih kecepatan berpikir dan melatih pemecahan masalah. mendengar begitu, saya bujuk anak saya untuk tetep les. dan untung kakak pembimbingnya membantu saya memberikan goal kepada anak saya dengan menunjukan buku modul grand kepada anak saya. Anak saya gak pernah dapat pr tuh.. yang ada namanya vitamin jadi ceritanya prnya diberikan kalau si anak yang minta (kata kakaknya seperti ke dokter vitamin diberikan ketika butuh). di modul awal anak saya ogah minta pr jadi gak pernah punya vitamin tapi belakangan dia udah suka (mungkin karena terbiasa ya?) jadi setiap pulang kursus dia minta pr yang banyakan.

    kira2 di smp kelas 1 anak saya udah enjoy tuh belajarnya. meskipun jadwalnya sibuk dia ogah saya stop lesnya. Tapi smp ada perubahan yang sangat signifikan yang saya dan bapaknya lihat, waktu di sd dia ogah kerjain pr sekolah sampe pakai bujukan dan paksaan, nah di SMP dia dengan sukarela kerjain prnya di depan tv lagi ( dia paling hobi nonton kartun) saya heran, saya cek prnya bener semua lagi. di sd dia paling benci matematika nah di smp dia suka banget pelajaran mate. Dan anak saya termasuk kategori “pelajar malas” (sampai bosen setiap terima raport di panggil guru) nah di SMP dia rangking. saya heran terus saya cari tahu, ternyata temen2 anak saya yang masih les sempoa mengalami hal yang sama tapi yang tidak les sempoa tidak, jadi saya tanya ke pembimbingnya katanya memang itu tujuan belajar sempoa. ( Bapaknya gak percaya jadi cek di internet, ternyata menurut website sempoa di canada memang itu hasil dari belajar sempoa).

    Sekarang anak saya sudah di semester 7 universitas negeri (lulus PMDK), IPK nya sekitar 3.7 dan saya lihat kalau dia kerjakan tugas kuliahnya masih pakai bayangan. dan temen2 dia yang les sempoa sekelas dengan dia punya prestasi yang mirip dengan dia (sahabatnya lulus sebagai dokter muda, hasil PMDK juga, tadinya juga siswa payah seperti anak saya).

    melihat pengalaman anak saya, ponakan saya pun saya leskan sempoa dari TK (skrg kls 2), sekarang di tempat lesnya ada sakamoto juga, saya tanya penjelasan produknya menurut gurunya untuk menguatkan logika, analisa dan problem solving. dia udah les 6 bulan (sakamotonya) dan masih rewel kalau mau les sakamoto (sempoa dia enjoy,) tapi saya tetep bujukin karena manfaatnya yang sangat bagus.

    jadi saya rasa kedua les tersebut bagus cuma beda manfaat aja. thanks mas yudi atas kesempatannya sharing ;)

  35. anak saya sdh les aritmatika smpai lulus level 10, krn utk mengasah trs kemempuanx kembali saya ingin ikutkan lg sakamoto , dia sdh 13 kali juara lomba tkt lokal maupun nas ,kaloi Purwokwerto dimana lesx tq

  36. ak,saya mahasiswa erumur 19 tahun, apakh masih bisa untuk mengikuti les sakmoto?

  37. @ Lidia: Kursus matematika metode Sakamoto saat ini baru ada untuk tingkat SD dan bulan Januari 2010 ini baru launching Sakamoto TK. Jadi untuk anda yang mahasiswa kayanya nggak bisa ikut les Sakamoto. Kecuali bila anda ingin menjadi guru Sakamoto, persyaratan minimal D3.

  38. saya ingin tau lebih tentang sakamoto, bagaimana ya…atau ada web yg bs saya kunjungi…thx…tolong balas

  39. @agnes: bisa dibuka http://www.sakamoto.net, tks.

  40. bisa kasih info, sakamoto di palembang dimana???

    • Bu Linda, setahu saya Sakamoto belum buka di Palembang. Di Sumatera yang sudah ada baru di Lampung, Bengkulu, Pekanbaru, Batam dan Sumatera Utara.

  41. Saya tertarik dan ingin membuka kursus matematika Sakamoto, apa saja syarat-syaratnya? Atau di mana saya bisa peroleh info lengkapnya? Terimakasih…

  42. Ibu Yuni, lokasinya dimana?

  43. saya mau tanya, saat ini sakamoto sudah ada tingkat smp/sma blm?

    • Saat ini sakamoto baru ada Sakamoto TK dan Sakamoto SD.

  44. dimana sakamoto di medan, ada berapa cabangnya ?
    terimakasih

    • Ibu Lanny
      Untuk Sakamoto di Medan, ibu bisa hubungi ibu Fransiska Marpaung
      sakamoto.medan@gmail.com
      telp. 061-4566425
      Komp. Multatuli Indah Blok A-24
      Medan-Sumatera Utara

      atau

      ibu bisa lihat profile nya di

      http://sakamotomedan.indonetwork.or.id/profile/sakamoto-medan.htm

      • Salam kenal. anak saya baru TK A. Baru awal sekali mengenal matematika. Saya pikir masih nantilah menjelang masuk SD baru berpikir mengasah matematikanya. tapi ternyata disekolahnya dia sudah dapat metematika (walaupun memang pertambahan pengurangan tidak lebih dari hitungan 10). sekarang saya lagi cari2 metode yang paling pas untuk pembelajaran awal matematika. ada jarimatika, ada sempoa, ada sakamoto. Hmmm yang mana ya yang kira2 cocok dan pas sesuai dengan usianya?

      • Sakamoto setahu saya harus SD pak. Dulu Furqon ikut sempoa umur 5 tahun. Menurut saya sih, di umur-umur segitu, yang penting anak suka dan tidak tertekan. Trial saja satu bulan lalu tanya pendapat anak.

  45. Salam kenal kembali Pak Udi,
    Saya setuju dengan bapak, bapak perlu mencari yang sesuai dengan usia anak bapak.
    Untuk anak usia TK, bapak perlu mencari yang metode penyampaiannya bermain sambil belajar.
    Kalau untuk Sakamoto, bapak bisa mengajak anak bapak trial di centre Sakamoto yang menyelenggarakan Sakamoto TK.
    Program Sakamoto TK memang diselenggarakan khusus untuk anak-anak usia TK, mulai TK Kecil sampai TK Besar.
    Pola pengajaran yang diterapkan di Sakamoto TK berbeda dengan yang Sakamoto SD. Di Sakamoto TK anak-anak diajak bermain sambil belajar.
    Agar bapak bisa mendapatkan informasi dan gambaran yang lebih jelas, bapak bisa mengunjungi centre Sakamoto yang menyelenggarakan Sakamoto TK.
    Demikian info dari saya, pak Udi. Terima kasih atas perhatian bapak.

  46. Pak Yudi,
    Mulai Januari 2010 telah mulai dibuka Sakamoto TK untuk di Jabodetabek. Namun tidak semua centre Sakamoto menyelenggarakan Sakamoto TK.
    Di daerah lain yang akan segera buka Sakamoto TK antara lain: Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Bengkulu. Untuk diluar Jabodetabek diperkirakan Sakamoto TK mulai ada sekitar bulan April ini.
    Demikian, pak, terima kasih.

    • Terimakasih atas koreksinya Pak Johan :)

  47. anak saya baru mau masuk sd,kelihatannya bermasalah di matematika. pernah ikutan jarimatika (waktu umur 3,5th) trus kumon (waktu umur 5,5th)semuanya gak cocok…saya mau coba dg cara metode sakamoto siapa tau si anak suka. rumah saya di klender jakarta timur…dimana tempat kursus sakamoto yg paling dekat dengan rumah saya? thx ya..

    • Ibu Listiani, untuk mendapatkan informasi tempat kursus Sakamoto yang terdekat dengan rumah ibu, ibu bisa menghubungi Kantor Pusat Operasional Sakamoto di 021-5589211.
      Demikian, bu. Terima kasih.

  48. Saya tinggal di daerah Cijantung Jakarta Timur, tolong Infonya Tempat les Sakamoto yang dekat dengan daerah saya.

    Thank’s

    • Ibu Novie, untuk mendapatkan informasi tempat kursus Sakamoto yang terdekat dengan rumah ibu, ibu bisa menghubungi Kantor Pusat Operasional Sakamoto di 021-5589211.
      Demikian, bu. Terima kasih.

  49. minta pendapatnya nich,,anak saya umurnya 5thn masih tk,kl sy liat dia udah suka sm matematika dan sdh bs hitung sndr dgn cr hitung jari biasa tapi satu hal yg sy khawatirkan adalah dia paling tidak suka dengan PR,kalo ada PR dari sklhnya mesti cari mood nya dulu,padahal rencananya sy mau mskin ke kumon,yg stlh sy cr info dikumon itu PR nya bnyk ,bgmn dgn sakamoto,boleh minta penjelasannya dr cr pembelajaran dll…

  50. Ibu Yulia,
    Untuk anak TK, di Sakamoto ada kelas Sakamoto TK. Di kelas Sakamoto TK anak-anak dikenalkan matematika dengan metode bermain sambil belajar. Tujuannya adalah agar anak menyenangi matematika. Sakamoto TK ini untuk anak usia 4-6 tahun (anak masih sekolah di TK).
    Sedangkan untuk anak usia SD, ada kelas Sakamoto SD. Metode belajar di Sakamoto SD adalah pemahaman. Jadi anak-anak dikenalkan dan diajarkan konsep-konsep matematika mulai dari yang mudah sampai yang lebih kompleks dengan memberikan pemahaman yang sistematis.
    Pada prinsipnya belajar di Sakamoto tidak ada PR. Tapi kalau anaknya mau, bisa minta PR.
    Untuk lebih jelasnya ibu bisa menghubungi JMC Sakamoto terdekat dengan lokasi ibu, agar bisa mendapatkan informasi lebih terinci tentang metode sakamoto, jadwal dan sistem belajarnya.
    Terima kasih atas perhatian ibu.

  51. dimana lokasi les sakamoto untuk daerah yogyakarta beserta no tlpnya . anak saya sekarang naik kelas 3 dan sedang les sempoa modul 8 trims.

    • Bu Agnes,
      Untuk lokasi tempat kursus Sakamoto daerah Yogyakarta, ibu bisa menghubungi MJMC Sakamoto Wilayah Yogyakarta, Jl Soropadan 79C Yogyakarta, telepon (0274)566178. Terima kasih.

  52. mau tanya apa sakamoto menggunakan alat hitung spt sempoa dibandung alamatnya dimana? anak saya(kelas 2 sd) lemah dlm pelajaran menghitung..tadinya mau saya lesin sempoa biar dia belajar teliti tapi saya minta saran untuk anak yang lemah mtk bagus mana sempoa atau sakamoto? trus jgn lupa alamat les sempoa yang deket dgn daerah alun2 dimana ama tmpt les sakamoto juga?

    • Bu Claudy,
      Kursus Sakamoto tidak menggunakan alat hitung seperti Sempoa.
      Kursus Sakamoto adalah Kursus Matematika dari Jepang. Metode yang digunakan di Kursus Matematika Sakamoto lebih menekankan pada kemampuan anak untuk memahami soal daripada hanya pada kemampuan menjawab soal. Metoda ini sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan logika, problem solving dan creative thinking yang dimiliki anak.
      Sedangkan Kursus Sempoa memiliki salah satu hasil kemampuan anak dalam menghitung cepat. Jadi hasil yang didapat dari Kursus Sempoa adalah sebagian dari kemampuan matematika dalam hal berhitung/aritmatika.
      Kalau menurut saya, jika kedua kemampuan tersebut digabungkan akan menjadi sinergi yang baik dan saling mendukung.
      Ini no telp tempat kursus Sakamoto di Bandung : BTC 6126056, Setrasari 70712312, Batik Kumeli 2515152, Batununggal 7508251, TKI 70730496, Elang Raya 6040780, Cendana 7204388, Singgasana Pradana 5436443, Bahureksa 4237709, Cimahi 6646685.
      Kalau kursus Sempoa yang saya tahu di BTC 6126056, Setrasari 70712312, Bojong Raya (Holis) 6077435, KPAD Gerlong 2010393.
      Demikian, bu. Semoga bermanfaat.

      • terima kasih banyak ya untuk infonya sangat bermanfaat sekali…. terima kasih banyak sekali lagi..

      • malam pak, minta infonya dunk…les sakamoto wil surabaya….thanks before…

      • Pak Tony, untuk informasi lengkap Sakamoto di Surabaya, Bapak bisa menghubungi:
        Master Japanese Mathmatics Centre Sakamoto Method Wilayang Jawa Timur,
        Jl. Seruni No 32 Surabaya
        Telp 031-5490473
        Demikian, pak. Tks.

  53. sy tinggal di Parung Serab Ciledug, selain Sakamoto di Puri Beta, dimana yg paling dekat dg tpt tgl sy ya ? tks

    • Untuk mendapatkan informasi tempat kursus Sakamoto di Jabodetabek bisa ditanyakan ke MJMC Sakamoto Wilayah Jabodetabek di 021-5589211. Terima kasih.

  54. anak saya sudah 1 tahun ikut les sakamoto…dia sangat enjoy belajar di sakamoto…katanya gurunya baik-baik….ketika saya tanya pelajaran apa yang paling disukai…..matematika….n paling tidak disukai…bahasa indonesia………wah,saya pikir sakamoto ini sangat bagus untuk membuat anak suka matematika dan tidak menganggap matematika sebagai momok menakutkan…

    saya percaya proses jauh lebih penting dari pada hasil….

  55. Bapak/Ibu,

    Membaca sharing statement dari Bapk/Ibu mengenai metoda matematika sakamoto, saya tertarik untuk mengetahuinya lebih dalam (silabus, cara penyampaian dll seperti equal to datasheet, FAQ dll)
    Saya coba masuk ke http://www.sakamoto.net, saya juga tidak mendapatkan informasi tersebut.

    Jika tidak keberatan, mohon bantuannya untuk mensharenya jika ada yang memiliki informasi tersebut.

    Thanks in advance,
    Edo Rodadi

    • @Edo Rodadi: pak, untuk mendapat informasi lengkap tentang Sakamoto, mungkin bapak bisa mengunjungi salah satu JMC Sakamoto yang terdekat dengan tempat tinggal bapak. Bapak di sana bisa mendapatkan gambaran secara umum mengenai sakamoto dan proses belajarnya. demikian, pak, terima kasih.

  56. anak saya berumur 5 tahun,saya ingin anak saya belajar sempoa,kalo boleh tau berpa biaya nya?trus ada ngga waktu belajar nya yang hari sabtu?tq

    • @ nani: bu, ada baiknya ibu mengunjungi TC Sempoa terdekat dengan lokasi tempat tinggal ibu, karena untuk biaya kursusnya bisa berbeda-beda antara tempat kursus yang satu dengan yang lainnya. Begitu juga mengenai jadwal kursusnya. Banyak kursus sempoa yang buka pada hari sabtu, bahkan untuk tempat kursus yang buka di mall, terkadang punya jadwal juga untuk hari minggu. Demikian, bu.. terima kasih.

  57. di daerah kalimalang yang ada untuk anak 4th ada ga

  58. ada cabangnya di pekanbaru??

  59. salam kenal pak Yudi.
    kebetulan di kota saya (Cilegon) belum ada sakamoto, tapi yang ingin saya tanyakan ke pak yudi, bagaimana cara memperkenalkan matematika kepada anak agar dia menyukainya ? sementara ini saya hanya mewajibkan anak saya (kelas 2 SD) untuk belajar setiap hari (terserah pelajaran apapun/semau anak saya, dan berapapun lamanya/ mau 10 menit atau satu jam terserah anak saya). Hasilnya tidak terlalu jelek juga sih (nilai rata-rata 80). Saya sendiri tidak memusingkan berapapun nilai yang diraih anak saya, yang penting anak saya sudah berusaha/belajar. Sebelumnya Terimakasih banyak Pak Yudi

  60. salam kenal pak Yudi
    pertama kali anak saya mao masuk les sakamoto umur 4,8 bulan pernah ditolak karena usia anak masih tk, akhirnya saya masukkan les sempoa alhamdulliah beberapa bulan ada perkembangan kemudian saya coba daftar lagi dan sempat ditolak lagi. saya minta coba untuk tes soal matematika krn saya penasaran dan akhirnya diterima langsung buku 6 untuk sd kelas satu (waktu itu tk b oktober 2009) sekarang anak saya kelas 1 Min 09 sn ternyata les sempoa dan sakamoto memang bisa saling membantu. terima kasih sakamoto akhirnya anak saya bisa les sakamoto walaupun masih tk b dan tidak lupa juga saya menginformasikan keortua murid bahwa anak les itu banyak manfaatnya dan membantu pelajaran disekolah.

  61. Saya ingin bertanya, apa ada kemungkinan Sakamoto akan mengadakan tingkat SMP & SMA?

  62. Salam kenal mas Yudi, mau tanya bgm ya membuka kursus sakamoto..?

    Terimkasih

    • @ Dedih: pak, lokasi bapak dimana?

      • Salam kenal, bgmana kalo mau membuka kursus sakamoto di bontang

      • Bu, untuk lokasi Bontang, ibu bisa hubungi Kantor Pusat Operasional Sakamoto di 021-5589211. Tks.

  63. Salam,

    sungguh menyenangkan anda memiliki putra yang pintar dalam berhitung dan kreativitas. tentunya terus didukung dengan pembelajaran yang menarik anak serta dipupuk dari dini. Namun saya kurang sreg dengan perkataan anda mengenai –>” tipe anak yang ‘blingsatan’ sepertinya tidak ada disini. Mungkin memang karena yang ikut les disini memang harus punya karakter tekun dan fokus.”
    Sepertinya anda terlalu merendahkan anak yang aktif seolah2 anak yang tekun duduk manis adalah anak yang paling pintar.
    Apakah anda tahu bahwa setiap anak memiliki salah satu yang paling menonjol dari 9 macam kecerdasan ?
    Anak yang anda katakan “blingsatan” = berarti dia memiliki kecerdasan kinestetik (malah mungkin kelak suatu saat dia malah akan lebih berhasil dalam hidupnya :))
    Terima kasih.

    • Tidak mungkin merendahkan bu, saya juga waktu kecil termasuk anak tipe ini dan beberapa bekas luka akibat blingsatan di masa kecil masih ada sampai sekarang :) Menurut saya, kita harus tahu karakter anak kita dan menyesuaikan pendidikannya sesuai dengan karakter tersebut.

      • Benar mungkin kata ‘blingsatan’ kurang tepat apalagi di dunia pendidikan anak sebaiknya diganti ‘aktip’ karena konotasi ‘blingsatan’ cenderung negatip apalagi kalau melihat konteks kalimat yang disampaikan padahal tentunya siswa yang ‘aktip’ memiliki ‘energi’ yang lebih daripada anak-anak yang tidak aktip. Kalau saja potensi yang aktip tersebut disalurkan pada hal yang produktip maka akan lebih berarti.

  64. sakamoto bengkulu sangat jelek…. pengajarnya cuma lulusan SMA

    • @ Maysaro firman: bu, kalau yang saya tahu, seleksi untuk menjadi guru Sakamoto itu cukup ketat, demikian juga mengenai batas minimal pendidikan guru Sakamoto. Dan setiap guru Sakamoto yang mengajar di setiap tempat kursus Sakamoto harus memiliki Sertifikat Mengajar yang dikeluarkan oleh Kantor Pusat Operasional Sakamoto dan harus ditempel di tempat kursus masing-masing. Orang yang tidak memiliki Sertifikat Mengajar dilarang mengajar kursus Sakamoto apalagi di tempat kursus Sakamoto. Demikian, bu, terima kasih.

  65. terimah kasih comment saya dibalas, tapi ini benar benar kenyataan. SAKAMOTO CAB BENGKULU PENGAJARNYA MEMANG LULUSAN SMA. PENGAJAR SAKAMOTO BENGKULU ITU NAMANYA MISS PUTRI.dan alamat cab bengkulu di jln. Raya kampung bali bengkulu no telp. 0736 345881 tidak mungkin saya salah. anak saya mantan murid sana. COBA ANDA CEK ADA TIDAK IJIN PENGAJARNYA DIKANTOR PUSAT yang namanya putri. saya tidak mengada ada… anak- anak teman saya begitu tau kalau pengajarnya cuma lulusan sma langsung berhenti… dan banyak lagi yang sudah berhenti karena anak anak nya tidak ada kemajuan.yang saya ta juga sakamoto method begitu bagus, tp untuk bengkulu saya pastikan tidak.

  66. Selamat sore pak, saya mau tanya Alamat Sakamoto daerah Palembang tepatnya dimana pak? saya mau daftarin anak saya di sakamoto palembang bisa tolong dikasi alamatnya atau No telp yang bisa saya hubungi. terimakasih sebelumnya.

  67. Selamat pagi Bu Rianti, kalau utk daerah Palembang blm ada sakamoto, tp kl di Lubuklinggau sudah ada JMC Sakamoto, mungkin Ibu bs lsg menghubunginya di no 0733 324569. Terima kasih atas minat Ibu terhadap Sakamoto.

  68. anak saya Mrt’11 nanti genap 4th(skrg Play group) berniat saya ikutkan les matematik, tp saya bingung antara Sempoa atau Sakamoto atau keduanya sekaligus kah, yg hrs saya ambil? mohon info tempat kursus keduanya yg ada di Surabaya Timur ( jl Kalibutuh).Trm kasih

  69. Maaf, mau tanya bagaimanakah cara untuk membuka kursus sempoa.
    Saat ini saya berdomisili di daerah sekitar ps, Minggu – Jaksel

  70. Saya mau berbagi pengalaman dgn ortu di account ini. Anak saya ada di Kls V & II SD St. Josdph Medan. Anak saya tlh belaar Matematika Sakamoto selama 1 thn lbh, hasilnya sungguh baik. Dua duanya juara I dikelasnya. Pemahaman mrk akan konsep pemecahan soal matematika sngt berkembang bahkan mendukung pemahaman akan mata pelajaran yg lainnya. Mrk tdk perlu kursus mata pelajaran lain dan belajarnya pun tdk terlalu forsir bahkan anak saya laki-2 kls II SD itu saya masukkan latihan di Klub Badminton dgn jadwal 5 x seminggu. Namun perkembangan belajar serta daya serap pelajarannya cukup baik terbuktimereka berprestasi saat kompetisi/lomba matematika di Kodya Medan. Demikian sharing ini saya untuk berbagi pengalaman. tks. wassalam

  71. jadi tertarik ni masukin anak les sakamoto…. d palembang da ada blon ya pak???? thanks

  72. apakah sakamoto ini menggunakan bilangan basis 5 atau bilangan basis 10? sesuai dengan kaidah matematika bilangan basis 10….

    • Setahu saya basis 10, ada apa memangnya dengan basis 5?

  73. maaf mau tanya,apa ada yg tahu alamat les sempoa daerah bekasi timur/daerah bekasi dehh,ada gak yaaa..??
    mohon informasinya segera.thanks.

  74. boleh tau syarat2 franchise kursus sakamoto? sy tinggal di pondok bambu,jak-tim. Apakah sy jg bs belajar menjadi pengajar? trima ksh

  75. Boleh tny ga pa informasi pendaftaran+biyayanya,trs mulai usia brp anak mulai di terima kursus soalnya anak saya baru 4,5.

  76. Salam kenal bapak Yudi, kami senang sekali membaca blog bapak yang artikel ini, kebetulan kami adalah sakamoto cabang kota malang, jika pembaca blog ada yang tertarik dengan sakamoto dan kebetulan juga adalah warga kota malang. Dapat menghubungi kami di website facebook kami
    ingat, matematika itu mudah, pengajaran yang kurang tepatlah yang membuatnya sulit.
    salam matematika!

  77. website facebook sakamoto cabang malang :

    http://www.facebook.com/profile.php?id=100002454372451&sk=wall

  78. asslm pak yudi
    kira2 selain sakamoto ada altrn lain g yg mendekati metode yg sama, soalx dibpp blm ada

  79. Pak,les sakamoto yg terdekat di daerah cimone-tangerang dmana yah…tx for info

  80. YANG MAU SAYA tanyakan, perbedaan antara kumon, sempoa dan sakamoto bgm ya ? anak saya udah 2 tahun masuk kumon sejak playgroup A … kalo saya pindah ke sakamoto atau sempoa apa ga membingungkan si anak ya ?
    mhn masukannya. makasih

    hilda

    • Kalau yang saya lihat, kumon sistemnya drill (materi diulang-ulang), sempoa juga sama. Kalau sakamoto lebih mengadalkan berpikir logis.

  81. asslm pak yud, anak sy dari tk belajar sempoa, waktu itu umurnya 5 th, dlunya pengen sih ke sakamoto tp blm bs baca, skrg dy kls 1 genap 6 th umurnya, saya masih berencana selesai sempoa sampai level intermedit dy masuk sakamoto itu pas dy kls 2 sd, apa strategi saya bener ? tlg masukkanya . trims.

    • Dicoba saja bu, tiap anak berbeda-beda. Kalau saya pribadi, yang penting anak suka dan tidak merasa dipaksa.

  82. saya minat belajar sakamoto, tapi saya sudah lulus sma -____-
    coba tau daridulu yaa

  83. ada buku paduan belajar sakamoto yang dijual umum gak? saya minat mempelajarinya, apa hanya tersedia di tempat kursus sakamoto saja? trims/

  84. Kursus matematika memang banyak. Semuanya punya program yang bagus. Tidak ada yang jelek. Anak saya (skrg 7 thn) sdh belajar matematika K^^on sejak 2,5 thn yang lalu (kursus mat. terdekat saat itu hanya K^^on). Saat ini ia sudah bisa mengerjakan perkalian bersusun ke bawah. Sebagai ortu saya cukup puas. Nilai-nilai di sekolahnya juga bagus. Saya pikir bukan hanya tempat kursusnya yang menentukan prestasi anak, bimbingan dan perhatian orangtua jauh lebih menentukan.

  85. sekedar sharing ja: klo di sempoa kreatif kami berusaha sebisa mungkin tuk menghindari memberikan PR kpd anak. krna PR skolah udah bnyk,jd klo dtmbah dgn PR lg PR lg,kpn waktu buat anak bermain?krna dunia anak2 adalah dunia bermain…biar nanti klo udh dewasa tdk maen2
    demikian

  86. Trims pak yudi,saya juga termasuk ibu yg lg bingung, anak saya umur 6 thn,kelas 1sd, masuk sd umur 5 thn lebih, saya perhatikan dia tdk masalah dgn pr2 dr skolah, lagipula sbenarnya saya juga tdk ingin dia khilangan masa kanak nya…hanya saja, guru gurunya mberi pendapat, kalo anak sy mudah dan cpt blajar…stelah saya baca blog ini, saya jd tertarik memasukkan dia k tempt les, sakamoto atw sempoa ya…?di bali d mana yaa….please info ya. Thanks

  87. saya minta alamat kursus sakamoto di kalimantan barat(pontianak)

    thanks

  88. saya minta alamat kursus sakamoto di kalimantan barat

  89. slm kenal pak yudi,
    kl anak sy 4 thn, blm mau sklah formal, tp kl dmasukkan les sakamoto kira2 gmn? apakah baik? kira2 brp biaya per bln p Yudi? mkasih banyak

    • Maaf lama baru diapprove, soalnya masuk spam.
      Saya tidak tahu model sakamoto untuk anak pra SD, tapi selama anaknya mau apalagi suka saya pikir tidak masalah. Biaya sakamoto anak saya sekarang 325rb/bulan.

      • kalau mau mengajar di tmpt les sakamoto bdg,bs melamar kmn ya?
        trs jm lesny dr jm brp mpe jm brp?
        kalau pgn part time boleh?

        trm ksh..

  90. Assalamialaikum wr.wb
    saya tertarik dengan cerita dari orangtua yang mengikuti kursus tsb klo boleh tahu dijakarta selatan ada tidak ya slya sy bertempat tinggal di daerah kebayoran baru tolong informasikan alamatya

  91. sy tertarik masukin ank sy les sakamoto, tlg info di makassar dimana pak? trims

  92. klu di bandung udh ada sakamoto and sempoa blm ya

    • posting ini kan membahas anak saya yg les di Bandung bu :)

      • Saya tertarik dgn artikel ini, kebetulan ℓäƍi bingung nih anak saya 5 thn tadinya baru daftar les sempoa gara” liat artikel ini jadi berubah pikiran mau ikut sakamoto aja deh. Makasih ya ayah furqon, dan salam sukses buat Lia atas gelar doktornya.Wass

  93. saya mau tanya pa yudi.
    apakah untuk belajar sakamoto, anak harus sudah bisa membaca?
    Saat ini anak saya 5,4 bulan dan tk B. Dia belum bisa membaca.
    Saya sedang ikutkan dia coba gratis di Kumon, karena rencananya mau saya les kan di kumon
    tapi setelah mendengarkan info tentang sakamoto, jd tertarik juga dgn sakamoto.

    • karena sakamoto banyak menggunakan soal cerita, sepertinya memang perlu sudah dapat membaca bu.

  94. Kalau anak SD yang belum ikut sakamoto apakah mungkin bisa ikutan lomba yang diadakan sakamoto?

    • Setahu saya tidak bisa.

  95. Sy tertarik dg sakamoto… dr komen2 d ats. Sprtny sakmt cocok dg sempoa.. bgm dg jarimatika…? d ptk 3 3 ny ada… u skmt bhs inggris sbln 425 . Lmyn mhl.. namun klu hslny baik lyk d prtimbangkan…

  96. skr furqon skolah apa? sempoanya sayang sekali dihentikan, padahal setau saya, sempoa itu bermanfaat luas (tidak sekedar dpt menghitung cepat aja)

    • Ya mungkin bermanfaat, tapi untuk kasus anak saya, sepertinya lebih banyak akan menimbulkan masalah kalau dipaksa. Prioritas utama adalah membuat anak mencintai matematika. Intinya kita sebagai ortu perlu memahami karakter dan kemampuan anak sendiri. Anak perlu ditekan agar kemampuannya keluar, tapi jangan ditekan terlalu kuat juga sampai patah.

  97. apa ada buku tentang metode sakamoto? untuk refrensi skripsi saya? saya sudah usaha cari tapi masih belum dapat, saya harap pak yudi bisa membantu. terima kasih.

    • Setahu saya memang tidak ada buku/paper tentang sakamoto. Menurut saya masuk ke problem based learning (googling saja, banyak kalau tentang PBL ini).

  98. saya mau tanya pak< kalo les sakamoto dan sempoa wilayang pemalang atau pekalongan yg ada di mana yaa?? karena saya sedang mencari untuk anak saya yg berumur & th< dia suka matematika< tapi sering bingung bila menghadapi soal@ cerita., slama ini dia les di kumon pekalongan..<mohon informasinya…

    • Kalau boleh mohon bantuan informasinya tentang cabang les sakamoto untuk wilayah pekalongan, anak saya umur 7 th dan sangat menyukai matematika, tapi dia sering kesulitan bila harus menghadapi soal cerita dan bingung nih soal mesti diapain..,ditambah atau dikurangin.., memang saya perhatikan anak saya ini kurang dalam hal penalaran dan logika, tp kuat dlm hapalan dan cepat memahami(dg dihapal) yg diajarkan. tp akhirnya bila 5 hari saja apa yang prnh dia pelajari tdk diulang mk dia akn lupa, setelah diberi sedikit arahan baru dg lancar dia bisa mengerjakannya kembali..

  99. Pak Yudi, kalo untuk anak dengan tipe belajar kinestetik bagusnya ikut sempoa, sakamoto, kumon atau jarimatika? Terimakasih sebelumnya.

  100. Belajar melatih anak terhadap pemecahan masalah melalui soal cerita itu bagus apapun nama kursusnya begitupun kemampuan hitungan/aritmatika pun bagus semuanya saling melengkapi karena pemahaman terhadap soal cerita tanpa kemampuan aritmatika yang memadai jadi lambat/lelet. Bahkan penguasaan terhadap kemampuan aritmatika bukan saja membantu mempercepat penyelesaian soal cerita di pelajaran sekolah melainkan kemampuan aritmatika sangat diperlukan dalam keseharian maupun pelajaran hitungan lainya, seperti fisika, kimia, dan lain-lain. Pendek kata semua kursus / kemampuan yang bermanfaat bagi anak sangat dianjurkan untuk dikuasai sebagai bekal meniti masa depanya. Tinggal bagaimana skala prioritas dari orangtua agar anaknya mau belajar bukan menuruti kehendak anak semata.

  101. ada yang tau les jarimatika daerah ciledug tangerang??

  102. mau tanya, klo les sakamoto d lippo cikarang ada g ya? makasih.

  103. Mau nanya Mas Rudy… Usaha Mas Rudy ini di waralabakan ga ya??? Mohon Infonya… Thanx…

  104. selamat malam, tolong info sakamoto di denpasar, saya cari di daerah gatsu tengah kok tdk ketemu2 ya.. thank you

  105. halo, saya ingin memasukkan anak saya les di Sakamoto. apakah ada cabangnya di seputar Tebet ya?

  106. selamat siang pak yudi anak saya berumur 6th dan saya bingung mau memasukan anak saya ke jarimatika atau sempoa ya, bisa kasih masukan pak lebih bagus mana antara jarimatika dengan sempoa dan apa keunggulannya diantara jarimatika dan sempoa,terimaksih.

    • menurut saya dicoba dulu saja keduanya (trial). Atau kalau boleh lihat2 dulu proses belajarnya seperti apa. Dugaan saya Jarimatika dan Sempoa mirip.

  107. saya mau tanya sakamoto wilayah pekalongan sudah ada belum yaa?? anak saya berhitungnya sangat cepat tapi apabila mendapat soal cerita dia selalu saja kebingungan nii soal meti diapain.., ditambah kurang kali atau dibagi…dia seperti susaah sekali memahami setiap soal yang dibacanya..oh iya anak saya itu sekarang duduk di kelas dua pak…saya berharap sekali sakamoto dapat hadir di kota saya, pekalongan. saya cari cari informasi tapi yg saya dapatkan justru di kota purwokerto…,bahkan sudah ad lebih dari 1 cabang. tapi mengapa di pekalongan belum ada juga sampai sekarang???

  108. Hai, mohon maaf adakah tempat les Sakamoto di dearah Jakarta Selatan, seperti Mampang, Ps, Minggu, dll. Mohon infonya.

    Terima kasih :))

  109. Ada yang pernah denger IMA ngga ya? International Mental Arithmatic kalo ga salah kepanjangannya…ponakan saya di bandung kelas 5 sd dari kelas 2 ikut IMA udah seperti kalkulator berjalan…tapi di jakarta kok sepertinya tidak populer si IMA ini…adapun tempatnya jauh”….dia basicnya sempoa sih…di Bandung ada di jl. Riau IMA …kalo ada yg udah pernah denger pengen tau juga apa perbedaannya dengan sempoa biasa, thanks ya.

  110. cabang JMC metode sakamoto di medan dan di pematangsiantar ada gak pak?

  111. pak, skripsi saya tentang metode sakamoto. saya masih bingung dengan bentuk soal cerita yang bagaimana yang di ajarkan pada anak SD pada metode ini.
    tolong bantu saya pak. .

  112. sekarang Sakamoto sudah hadir di Palembang
    baru grand launching 30 Agustus kemarin n mulai belajar baru 8 September
    ayo bu ibu yg punya anak tk n sd daftarin anaknya ke sakamoto ;)

    Saya baru lulus training jd guru sakamoto
    sangat menarik n benar2 melatih logika

  113. Saya ingin kuliah perguruan jurusan matematika tp saya ingin kursus matematika dulu tp dimana ya..?

  114. alamat les sakamoto nya dimana?


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 70 other followers

